Refleksi Peran Guru dalam Memperingati Hari Guru Nasional

0
200
Oleh Thomas Edison Kabu – Guru SMA PGRI Mnelalete, Sekretaris FTBM Kab. TTS

Memperingati sekaligus memaknai Hari Guru Nasional dan HUT PGRI, Kamis 25 November 2021, marilah kita merefleksikan kembali peran guru sebagai aktor utama dalam memajukkan dunia pendidikan dan mencerdaskan generasi penerus bangsa Indonesia. Peran guru sangat penting dalam mendidik, membimbing dan mengajari putra-putri bangsa, sebab guru bukan hanya sekedar pekerjaan atau panggilan semata, namun guru adalah pelukis masa depan para peserta didik.

Guru adalah pembelajar sejati dalam ruang edukasi kehidupan yang dapat memberikan manfaat atas apa yang dipelajari untuk pengembangan diri, pembinaan karakter dan peningkatan kemampuan intelektual bagi para peserta didik. Guru tidak hanya menjadi pengajar di sekolah, tapi juga sebagai orang tua, tetapi peran guru adalah sebagai pendidik yang mencontohkan keteladanan.

Berikut beberapa peran guru yang sangat perlu di implementasikan sebagai seorang pembelajar sejati.

Peran Guru sebagai Orang Tua

Menjadi sosok orang tua yang baik sudah menjadi peran guru di sekolah. Menjadi ayah yang tegas mendidik anak-anaknya sekaligus sebagai ibu yang penuh kasih sayang.

Peran Guru sebagai Sahabat

Peran guru sebagai sahabat diperlukan untuk membuat para peserta didik merasa nyaman dalam berinteraksi, bercerita dan berbagi dengan guru. Dengan begitu, peserta didik akan nyaman dalam belajar dan mengemukakan kesulitan-kesulitan yang ia alami selama proses pembelajaran.

Peran Guruuru sebagai Motivator

Dalam menjalankan peran sebagai seorang motivator, diharapkan guru mampu memberikan motivasi kepada para peserta didik agar tetap semangat dalam belajar. Guru dituntut mampu memberikan motivasi dan semangat bagi para peserta didiknya melalui kisah, cerita atau teladan.

Peran Guru sebagai Public Speaker

Peran guru sebagai public speaker mengharuskan guru untuk percaya diri tampil dan berbicara di depan umum. Guru juga harus menguasai teknik seorang public speaker dengan memperhatikan intonasi, sikap, dan pesan saat berbicara.

Peran Guru sebagai Public Relations

Peran guru sebagai public relation, yakni memiliki kemampuan dalam membangun hubungan baik dengan berbagai pihak. Guru juga harus mampu menjembatani komunikasi antar individu. Entah itu dengan orang tua siswa, masyarakat sekitar maupun pihak-pihak yang akan menjalin hubungan kerja sama dengan sekolah.

Peran Guru sebagai Psikolog

Peran guru sebagai psikolog berhubungan erat dengan memahami kondisi kejiwaan para peserta didik. Guru diharapkan mengerti ilmu terkait emosi dan perkembangan peserta didiknya. Seorang guru hendaknya memahami kondisi psikis anak didiknya dan mengerti bagaimana memperlakukan mereka secara tepat.

Ayo, kita sebagai kaum intelektual, motor penggerak dunia pendidikan bangsa Indonesia, kita benar-benar memaknai peran-peran guru dalam mencerdaskan anak-anak bangsa dan mampu mengimplementasikannya melalui aksi nyata.

Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI, 25 November 2021 untuk Bapak dan Ibu guru di seluruh Indonesia. Semoga kita dimampukan dalam menjalankan amanah sebagai seorang guru serta mampu mewujudkan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here