Kemendikbudristek Raih Penghargaan Pada Ajang Top Digital Awards 2021

0
25
Kemendikbudristek meraih penghargaan sebagai Top Digital Implementation Level Stars 5 pada ajang Top Digital Awards 2021 yang diselenggarakan oleh majalah It Works di Hotel Raffles Jakarta, pada Selasa (21/12/2012).

Jakarta, SEKOLAHTIMUR.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meraih penghargaan sebagai Top Digital Implementation Level Stars 5 pada ajang Top Digital Awards 2021 yang diselenggarakan oleh majalah It Works di Hotel Raffles Jakarta, pada Selasa (21/12/2012). Kemendikbudristek dinyatakan memenuhi unsur penilaian dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital sebagai upaya meningkatkan kinerja, daya saing, operasional, dan layanannya, serta memiliki sistem, tata kelola, dan infrastruktur teknologi digital yang baik.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makariem mengatakan penghargaan ini dapat diraih berkat dukungan seluruh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, serta orang tua di seluruh Indonesia yang mendukung program Digitalisasi Sekolah sebagai salah satu program prioritas dari Merdeka Belajar.

“Melalui program Digitalisasi sekolah, Kemendikbudristek mendistribusikan peralatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) ke sekolah-sekolah dan mengembangkan sejumlah platform digital pendidikan. Karena dengan peralatan TIK, siswa dan guru dapat mengakses sumber pembelajaran lebih banyak dan beragam,” terang Menteri Nadiem seusai menerima penghargaan secara daring.

Menteri Nadiem menekankan Kemendikbudristek telah dan akan terus mengembangkan sejumlah platform pendidikan yang akan membantu guru untuk melaksanakan tugas utamanya, yakni mencerdaskan generasi bangsa. “Penghargaan ini menjadi pengingat untuk terus dapat meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan, khususnya di area digitalisasi pendidikan. Untuk itu, Kemendikbudristek akan terus meneruskan program ini hingga tidak ada satupun murid maupun guru yang tertinggal,” ujar Menteri Nadiem.

Hadir secara langsung mewakili Menteri Nadiem, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kemendikbudristek, M. Hasan Chabibie mengatakan Kemendikbudristek menjadikan program Digitalisasi sekolah menjadi salah satu program prioritas dalam Merdeka Belajar. “Dengan pemanfaatan teknologi, Kemendikbudristek dapat mendukung percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan kualitas pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi” ucap M. Hasan sesaat setelah menerima penghargaan secara langsung.

Sementara itu, Ketua dewan juri ajang Top Digital Awards 2021, Kalamullah Ramli mengatakan Kemendikbudristek memiliki solusi teknologi digital unggulan yang dinilai membanggakan dan berhasil menerapkan implementasinya sesuai dengan tema Top Digital Awards 2021, yakni mendukung transformasi bisnis atau layanan di masa pandemi Covid-19.

“Ada hal yang terkait implementasi atau pemanfaatan teknologi digital, juga ada solusi bisnis yang menonjol dan layak untuk dicontoh atau direkomendasikan kepada instansi/ perusahaan lainnya,” ujar Kalamullah Ramli.

Kalamullah Ramli menjelaskan, kategori pemenang Top Digital Implementation dikelompokkan dalam Level Stars atau Level Bintang sesuai sektor usahanya dan klasifikasi lembaganya. Ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan pemenang masuk pada level stars. Pertama, tata kelola teknologi informasi (IT) terkait kebijakan, organisasi, penerapan sistem, dan prosedurnya. “Apakah sudah baik dan telah dijalankan secara konsisten dengan perbaikan yang berkesinambungan,” ucap Kalamullah Ramli.

Kedua, implementasi teknologi digitalnya. “Apakah sudah berhasil dan penggunaannya terpadu di semua divisi atau unit kerja serta berdampak terhadap kinerja, daya saing, dan layanan pelanggan/ masyarakat,” tambahnya.

Ketiga, infrastruktur pendukung teknologi digital. “Apakah sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan saat ini dan dapat dikembangkan terus untuk kebutuhan di masa mendatang atau belum,” ungkap Ramli.

Top Digital Awards 2021 merupakan kegiatan penilaian dan penghargaan IT TELCO Digital terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Top Digital Awards, diberikan kepada instansi pemerintah dan korporasi bisnis yang dinilai telah berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital.

Pada kesempatan yang sama, Ketua penyelenggara sekaligus pemimpin redaksi Majalah It Works (Itworks.id), M. Lutfi Handayani menuturkan jumlah peserta yang mengikuti ajang Top Digital Awards 2021 sebanyak 172 instansi pemerintahan dan korporasi bisnis. ”Jumlah ini berhasil mencatat kenaikan 7,5 persen  dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 160 peserta,” ujar M. Lutfi.

M. Lutfi juga menjelaskan tujuan dari diselenggarakannya Top Digital Awards adalah mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan solusi digital di instansi pemerintahan dan perusahaan-perusahaan di Indonesia serta untuk mendukung peningkatan daya saing perekonomian nasional, menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.

“Juga mendorong adanya inovasi-inovasi berbasis solusi digital, guna meningkatkan kinerja dan layanan kepada konsumen dan masyarakat serta meningkatkan aspek pembelajaran bersama di bidang implementasi dan pemanfaatan teknologi digital bagi instansi pemerintahan dan korporasi bisnis di Indonesia,” tambahnya. (Siaran Pers Kemendikbudristek Nomor: 812/sipres/A6/XII/2021/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here