Hadiri Upacara Bendera di SMAN 1 Sabu Timur, Ini Harapan Korwas Dikmen SMA/SMK Sabu Raijua

0
301
Upacara bendera di SMA Negeri 1 Sabu Timur, pada Senin (7/2/2022).

Sabu Raijua, SEKOLAHTIMUR.COM – Koordinator Pengawas (Korwas) Dikmen SMA/SMK Kabupaten Sabu Raijua, Drs. Maxwel E. Toni Nawa Gah, menghadiri upacara bendera di SMA Negeri 1 Sabu Timur, pada Senin (7/2/2022). Kehadirannya di sekolah dalam upacara bendera setiap hari Senin tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan dan kesepakatan bersama antara Korwas dengan semua kepala SMA dan SMK se-Kabupaten Sabu Raijua beberapa waktu lalu.

Dalam arahannya, Drs. Maxwel E. Toni Nawa Gah menekankan beberapa hal di antaranya mengenai kedisiplinan dalam melaksanakan kegiatan upacara bendera. Upacara bendera, tegasnya, menjadi salah satu kegiatan yang membutuhkan disiplin tinggi. Tidak hanya bagi para petugas upacara, tetapi juga bagi para peserta upacara.

Hal kedua yakni, belajar lebih tertib, mentaati segala peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, lingkungan dan agama. “Kemudian kalian belajar lebih disiplin, salat atau sembahyang pada waktunya, mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Maxwel.

Dirinya juga menekankan agar setiap warga sekolah siap belajar menjadi pemimpin, minimal pemimpin untuk dirinya sendiri untuk menjadi anak yang lebih baik dan siap dipimpin dengan menjaga kekompakan dan kerja sama.

Selain itu, lanjutnya, setiap orang juga perlu siap belajar menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme, menggunakan produk dalam negeri, melestarikan kebudayaan lokal, dan menjaga peninggalan nenek moyang kita.

Profil Pelajar Pancasila

Pada kesempatan tersebut, Maxwel juga menyinggung terkait Profil Pelajar Pancasila. Menurutnya, hal itu merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Upacara bendera di SMA Negeri 1 Sabu Timur, pada Senin (7/2/2022).

Profil Pelajar Pancasila, tandasnya, tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Adapun Profil Pelajar Pancasila yaitu sebagai berikut.

Pertama, Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia. Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pelajar Pancasila memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, Berkebinekaan global. Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lainnya. Perilaku Pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Ketiga, Gotong royong. Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar Pancasila untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

Keempat, Mandiri. Pelajar Indonesia adalah pelajar mandiri, yaitu Pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

Kelima, Bernalar Kritis. Pelajar yang bernalar kritis adalah Pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

Keenam, Kreatif. Pelajar yang kreatif adalah Pelajar Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Pantauan media, upacara bendera di SMA Negeri 1 Sabu Timur, berjalan tertib dan hikmah. Hadir dalam upacara bendera tersebut Kepala SMA Negeri 1 Sabu Timur, Imanuel Mangngi, S.Pd., semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta semua peserta didik SMA Negeri 1 Sabu Timur. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here