Komunitas TISI Bakal Gelar Peringatan Satu Abad Chairil Anwar

0
79
Chairil Anwar. (tirto.id)

Jakarta, SEKOLAHTIMUR.COM – Komunitas Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI) akan menggelar peringatan satu abad alias seratus tahun penyair terkemuka Tanah Air, Chairil Anwar pada 26 Juli 2022 mendatang.

Ketua Umum Komunitas TISI, Octavianus Masheka mengatakan, kegiatan yang berkolaborasi dengan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin ini mengacu pada hari lahirnya Chairil Anwar, yakni 26 Juli 1922.

“Momentum Satu Abad Chairil Anwar ini, tentulah momen yang sangat penting bagi kesusasteraan Indonesia, sekaligus sebagai gerakan literasi bangsa,” imbuhnya, Jumat (11/02/2022).

Disebutkan Octa, untuk acaranya akan dipusatkan di DKI Jakarta. Hal itu dilakukan, mengingat DKI Jakarta merupakan satu dari 49 kota lain di dunia, yang terpilih sebagai City of Literature atau Kota Sastra Dunia, Kota Literasi Dunia.

Untuk rangkaian giatnya, meliputi lomba cipta puisi, lomba baca puisi, lomba musikalisasi puisi, kemah sastra, lomba penulisan esai. Kemudian, pertunjukKan kesenian, pameran surat asli Chairil Anwar kepada HB Jassin, pameran buku sastra, dan pemutaran film.

“Total hadiah yang diperebutkan dalam kompetisi ini sebesar Rp100 juta. Selanjutnya, seratus puisi dan esai terbaik, akan dibukukan,” ungkapnya.

Menyoal hal itu, Kepala Satuan Pelaksana PDS HB Jassin, Eka Nur Etika Putra menuturkan, pihaknya mengapresiasi geran Peringatan Satu Abad Chairil Anwar.

“Chairil Anwar sebagai penyair adalah sosok yang tidak bisa dipisahkan dengan sosok HB Jassin sebagai Paus Sastra Indonesia,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebagai lembaga sastra, PDS HB Jassin dan Deposit Pengembangan Koleksi Layanan dan Pelestarian Perpustakaan DKI Jakarta mendukung acara tersebut.

“Kami meneruskan spirit HB Jassin, yang sepanjang hidupnya senantiasa menjadi inspirator dalam pengembangan kesusasteraan Indonesia,” pungkasnya. (Sumber: penaberita.id/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here