Wapres Ma’ruf Amin: Pentingnya Terobosan untuk Atasi Masalah Air di Asia

0
19
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ikut menghantarkan Wapres pulang bersama rombongan di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Manggarai Barat, SEKOLAHTIMUR.COM – Wakil Presiden RI Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin menegaskan pentingnya berbagai terobosan untuk mengatasi masalah air di kawasan Asia. Hal ini disampaikan Wapres Ma’ruf Amin dalam kegiatan The 2nd Asia International Water Week (AIWW) Tahun 2022 di Labuan Bajo, Manggarai Timur, NTT.

“Saya berharap dari kegiatan Asia International Water Week dapat dihasilkan terobosan untuk mengatasi permasalah air di kawasan kita. Air adalah sumber kehidupan bagi banyak orang. Harus dijaga dan diselesaikan dengan baik untuk kepentingan banyak orang,” ujarnya.

Ia menambahkan, air merupakan isu yang penting yang membutuhkan perhatian bersama seiring menipisnya sumber air karena pertumbuhan populasi dan urbanisasi, permintaan standar hidup yang terus meningkat, persaingan penggunaan air, konversi lahan dan pencemaran lingkungan, termasuk dalam menghadapi tantangan masalah air yang ditimbulkan oleh Pandemi Covid-19. Kompleknya pengelolaan sumber daya air memerlukan berbagai pendekatan dan kebijakan yang melibatkan multisektor, instansi, dan pengambilan keputusan kolektif.

Untuk diketahui, melalui even Asia International Water Week (AIWW) untuk menguatkan kerja sama bidang Sumber Daya Air (SDA), khususnya dalam mendukung program pencegahan stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak balita melalui penyediaan sarana prasarana air bersih dan sanitasi yang baik.

AIWW merupakan forum yang diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali untuk melaporkan progres dan merumuskan implementasi kebijakan dalam mencari solusi atas berbagai masalah keairan di Asia. Juga dapat menjadi forum diskusi bagi pemerintah, komunitas/masyarakat, akademisi, dan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah air di Asia, khususnya Indonesia.

Wapres Ma’ruf Amin kembali bertolak ke Jakarta pada Selasa (15/03/2022) usai membuka acara Asia International Water Week (AIWW) Ke-2 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Senin (14/03/2022) malam kemarin. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ikut menghantarkan kepulangan Wapres bersama rombongan di Bandara Komodo Labuan Bajo. (Sumber berita dan foto: Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here