Korwas Dikmensus TTS Apresiasi Yaspensi Hadir di TTS

0
188
Korwas Dikmensus SMA/SMK/SLB Kabupaten TTS, Yunus Tloim.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Koordinator Pengawas (Korwas) Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikmensus) SMA/SMK/SLB Kabupaten TTS,Yunus Tloim, S.Pd., M.Pd., mengapresiasi kehadiran Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi) di Kabupaten TTS. Menurutnya, berbagai program yang diusung Yaspensi merupakan dukungan bagi peningkatan mutu pendidikan di TTS.

“Hal pertama, saya menyampaikan apresiasi dan hormat saya untuk Yaspensi yang hari ini hadir untuk SMKN Kolbano, mendapat pelayanan yang perdana ini dan kita berharap nanti SMK yang lain juga mengusung kegiatan seperti ini. Sesungguhnya kegiatan literasi ini, adalah kegiatan yang sangat penting dan patut menjadi bagian bagi kita semua terutama bagi guru dan peserta didik,” ungkap Yunus Tloim dalam sambutannya ketika membuka Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru dan Peserta Didik SMK Negeri Kolbano, Senin (4/4/2022).

Ditegaskannya, kegiatan literasi ini tidak semata-mata kemauan dan kehendak dari kepala sekolah, melainkan instruksi dari Kemendikbudristek yang mencanangkan literasi ini untuk dilaksanakan di sekolah-sekolah. Selain itu, literasi merupakan hal yang wajib untuk diberlakukan di sekolah-sekolah dan dengan lembaga mana saja.

“Pada hari ini, bapak/ibu guru dan anak-anak akan dituntun oleh Yaspensi melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS), sesuai dengan MOU dengan sekolah. Itu artinya membuat kita menjadi lebih bagus. Kalau di sekolah lain mereka menjadikannya baik, maka kita di SMKN Kolbano menjadi lebih baik. Oleh karena itu, selama bimbingan 3 hari dan 3 tahun ke depan ini, para guru dan peserta didik harus mengikuti secara baik dan serius sekali,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala SMKN Kolbano, Joni Leo S.Si., menyampaikan terima kasih kepada Korwas Dikmensus dan tim Yaspensi yang telah bekerja sama dengan SMKN Kolbano dalam program literasi selama 3 tahun ke depan. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa para guru dan peserta didik di SMKN Kolbano siap untuk dibimbing dan dibantu dalam belajar, dengan harapan dapat mengangkat mutu pendidikan melalui kegiatan-kegiatan pengembangan karakter dan potensi siswa sesuai minat dan bakat.

“Bagi kami ini tidak mudah, tetapi niat hati kami untuk memulai dan hati kami terbuka untuk dibimbing, dibantu dan ditolong untuk terus belajar. Dan suatu saat, dari Kolbano kami berharap untuk bisa muncul ke permukaan baik itu siswa dan guru, bisa dikenal di dunia pendidikan melalui kegiatan-kegiatan pengembangan karakter dan potensi siswa melalui minat dan bakat,” ujarnya.

Workshop KTI bagi Guru dan Peserta Didik SMKN Kolbano, 4 – 6 April 2022.

Sementara itu Ketua Yaspensi Marianus Seong Ndewi, S.Pd., M.M., mengungkapkan, pihaknya siap mengambil bagian dalam peningkatan mutu pendidikan di NTT khususnya di Kabupaten TTS melalui berbagai program lembaga. Yaspensi, jelasnya, merupakan lembaga yang bergerak khusus di bidang pendidikan di bawah visi “Menjadikan Manusia Indonesia Berkarakter Berbasis Kepustakaan, Seni, Riset, dan Teknologi”.

“Di bawah visi itu, kami mengembangkan beberapa program yakni, program Kepustakaan, seperti pelatihan menulis, penerbitan media dan jurnal, serta program Seni seperti pendampingan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah meliputi drumben, vokal solo dan vokal grup, musikalisasi puisi, serta sendratari. Dua divisi ini ditopang oleh divisi Riset dan Teknologi,” jelasnya. (Yosi Bataona/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here