Harkitnas Bangkitkan Semangat Literasi di Lembata

0
63
Suasana Lomba di Auditorium Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata, Jumat (20/05/2022).

Lembata, SEKOLAHTIMUR.COM – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi momen penting dalam membangkitkan semangat literasi di Kabupaten Lembata. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata dalam kerja sama dengan Media Penerbit Lembata Geradi Tukan, menggelar berbagai jenis perlombaan pada Jumat (20/05/2022) di ruang Audiotorium Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lembata.

Raimundus Beda Asan, Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata dalam sambutannya mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Menurut Raimundus, kegiatan ini merupakan wujud dari Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yaitu kemitraan dan promosi.

“Selain itu kegiatan ini sangat bermanfaat dan bernilai dalam hal literasi yaitu menumbuhkan kemampuan,kecerdasan dan keterampilan anak melalui membaca dan menulis,” ungkapnya.

Sementara itu Geradi Tukan mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembalikan rasa percaya diri anak setelah melewati masa pandemi Covid-19. Selain itu kegiatan ini mengajarkan kepada anak bagaimana bergaul dan akrab dengan buku karena saat ini teknologi, salah satunya HP sangat mempengaruhi perkembangan belajar anak.

“Kegiatan ini membantu anak di setiap segmen mulai dari fondasi paling dasar. Bukan juara yang utama tetapi bersama bangkit dari pandemi dengan mengasah nalar dan keberanian anak sejak dini untuk tetap mencintai buku dan terus membiasakan diri membaca dan menulis,” tandas dosen Universitas Katolik Widya Mandira Kupang ini.

Diikuti lebih dari 50 peserta, kegiatan ini dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama yaitu kecepatan dan keapikan tulis tiru huruf, angka dan kata yang diperuntukkan bagi murid TK/PAUD//RA/SD kelas 1. Kategori kedua adalah membaca naskah IPA di depan umum dan menceritakan isi naskah secara lisan menggunakan kalimat sendiri. (Indah Purnama Dewi/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here