Rayakan Usia Perak, IKA Lembata Gelar Berbagai Kegiatan

0
33
Pose bersama peserta, juri, dan panitia lomba pidato dalam rangka HUT ke-25 IKA Lembata.

Lembata, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-25, Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Lembata menggelar berbagai kegiatan di bawah tema “Membangun Soliditas dalam Semangat Ta’an To’u Gelekat Lewo Gewayan Tanah”. Kegiatan tersebut yakni, Lomba Pidato tingkat SMA/SMK/MA dan tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Lembata, Perayaan Misa Syukur, dan Turnamen Bola Voli Putri IKA Cup.

Pada Sabtu (21/05/2022) bertempat di Audiotorium Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata digelar lomba pidato dengan mengusung dua tema yaitu pidato bahasa Inggris tentang Pariwisata Lembata, dan pidato bahasa Indonesia tentang menghidupkan Literasi di Kabupaten Lembata. Lomba pidato ini diikuti oleh 66 peserta.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Lembata yang diwakili Asisten III, Berchmans Dai Wutun. Dalam sambutannya, Berchmans mengharapkan agar tatanan nilai yang terkandung dalam budaya, relasi sosial dan religi perlu dipegang teguh dalam meredam perilaku yang terkontaminasi yang dapat merusak tatanan hidup masyarakat juga menghambat pembangunan.

“Kita harus menciptakan suasana yang kondusif mulai dari komunitas terkecil yakni keluarga, dan organisasi. Komunitas ini perlu diperdayakan dengan perjuangan dan pengabdian yang murni agar orang bisa merasakan adanya damai, cinta, kesejukan, dan keadilan,” ungkapnya.

Berchmans juga menambahkan bahwa dengan penguasaan literasi yang baik, kita mampu menjadi agen dalam memberikan informasi dan promosi pariwisata melalui berbagai media.

Sementara itu Ketua IKA Lembata, Donatus Beda Mangu dalam sambutannya mengatakan bahwa IKA Lembata merupakan organisasi sosial kemasyarakatan dan secara nyata dalam perjalanan hidup telah membuktikan karyanya baik di tanah Lembata maupun di tanah Adonara bersama dengan suku-suku yang lain.

Donatus menjelaskan bahwa kegiatan perlombaan ini sejalan dengan program pemerintah yaitu memajukan program literasi sebagai Kabupaten Literasi dan sekaligus mempromosikan destinasi wisata. Ia berharap agar melalui kegiatan ini peserta bisa mengepresikan diri sesuai potensi, bakat, minat dan kreatifitas yang dimiliki.

Ketua Panitia Kegiatan, Longginus Laga Bean memberikan apresiasi kepada sekolah, orang tua, juga guru pendamping yang ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung jalannya kegiatan.

Penyerahan hadiah kepada para juara lomba pidato.

Berdasarkan hasil dewan juri, Juara Pidato Bahasa Indonesia tingkat SMP/MTs diraih oleh Yohanes R. S. Soge (I), Hildegardis K. Dangku (II), dan Blasius W. Tukan (III). Juara Pidato Bahasa Inggris tingkat SMP/MTs diraih oleh Kevin B. Ujan (I), Michael Dasilva (II), dan Damian Peuobug (III).

Sementara itu Juara Pidato Bahasa Inggris tingkat SMA/SMK/MA diraih oleh Dian Eka Pratiwi Usman (I), Masha Diva (II), dan Diza Gizila (III). Juara Pidato Bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK/MA diraih oleh Martha K. Ina Baran (I), Aisali Riskiah Hanudin (II), dan Maria Artika Tuto (III).

Para pemenang mendapatkan apresiasi dari panitia berupa sertifikat, uang pembinaan, dan trofi. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari IKA Lembata dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata dengan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yakni, Kemitraan dan Promosi, juga Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Lembata.

Kegiatan ini dihadiri pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata, kepala sekolah tingkat SMP dan SMA bersama guru pendamping, dewan juri profesional, penasihat dan pengurus IKA, awak media, dan panitia penyelenggara. (Indah Purnama Dewi/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here