SDS Angkasa Kupang Luncurkan Program Ekstrakurikuler

0
96
Peluncuran program ekstrakurikuler tahun ajaran 2022/2023 SD Swasta Angkasa El Tari Kupang, Jumat (22/7/2022).

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – SD Swasta Angkasa El Tari Kupang meluncurkan  program ekstrakurikuler tahun ajaran 2022/2023 pada Jumat (22/7/2022) di halaman sekolah setempat. Kegiatan yang mengusung tema “Generasi Cerdas, Kreatif dan Inovatif” tersebut menampilkan ragam kreasi peserta didik dan guru seperti tarian, drumben, pencak silat, dan pramuka.

Ketua Bidang Usaha Yayasan Ardhya Garini (Yasari) yang menanungi SD Swasta Angkasa El Tari Kupang, Windy Nugroho, mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan pada saat yang tepat dan sesuai dengan visi-misi yayasan serta kurikulum merdeka belajar. Oleh karena itu, Yayasan sangat mendukung dan memberi perhatian penuh demi kemajuan sekolah tersebut.

“Ini merupakan salah satu visi-misi sekolah Yasari yakni menciptakan sekolah yang unggul dan berkarakter. Nah, di sini juga dengan 10 program sekolah angkasa seperti angkasa cinta dirgantara, angkasa juara dan angkasa berbudaya. Maka dengan adanya launching ekskul ini benar-benar pas untuk mewujudkan program angkasa itu. Apalagi sekarang itu penerapan kurikulum merdeka. Anak-anak itu harus merdeka dalam eksistensi kreativitasnya. Apa pun yang mereka kuasai, cintai dan minati harus bisa disalurkan di sekolah angkasa ini,” ungkapnya.

“Jadi memang di sini tempat anak-anak bisa menggali dan mengekspresikan karyanya. Di sini dukungan Yasari, anaknya sendiri, guru-gurunya, karyawan dan semuannya, kita kasih support, motivasi dan tidak hanya dari dukungan saja melainkan juga dari fasilitas-fasilitasnya dan perhatian penuh sampai sekolah ini bisa maju ke depannya. Ya, komitmen Yasari tidak pernah luntur,” tambahnya.

Sementara itu Kepala SD Swasta Angkasa El Tari Kupang, Halijah Wajanaga, S.Pd., menekankan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler di samping pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan ekstrakurikuler, tandasnya, memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh guna pengembangan potensi diri peserta didik.

“Tujuan kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang penting di samping aktivitas akademik. Pasalnya kegiatan ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi anak dan menjadikan aktif, mengajarkan kerja sama tim, menyalurkan energi, cerdas, kreatif-inovatif serta sportifitas,” tuturnya.

Halijah mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat berdampak bagi perkembangan sekolah dan memiliki daya saing tinggi, sehingga membentuk pribadi peserta didik yang disiplin, berkarakter dan berkualitas.

“Harapan kami, sekolah ini mampu melahirkan putra-putri yang berdaya saing tinggi dan mampu menjadi sekolah unggulan di Kota Kupang. Menjadi generasi-generasi yang memiliki kualitas dan bakat yang dapat dikembangkan menjadi prestasi serta kemajuan sekolah. Tidak hanya itu, tetapi juga mengajarkan kepada mereka karakter dan melatih kedisiplinan sehingga mereka tumbuh menjadi anak-anak yang berkualitas,” tandasnya.

Ia menambahkan bahwa pada prinsipnya semua kegiatan ekstrakulikuler memiliki tujuan yang sama namun dengan cara yang berbeda. Karena itu sekolah memberi perhatian khusus bagi pendamping kegiatan tersebut yang dipilih berdasarkan kompetensi yang telah mumpuni.

“Untuk semua kegiatan ektra memiliki tujuan yang sama, namun di dalamnya memiliki karakteristik yang berbeda. Maka semua ekstrakurikuler dilatih oleh pelatih yang sudah bisa diuji kemampuannya, sehingga semua kegiatan ini mendapat perhatian khusus yang mampu mengembangkan bakat-bakat mereka,” terangnya.

Pantauan media ini, peluncuran progam ekstrakurikuler tersebut dihadiri oleh Badan Pengurus Yasari dan Kwartil Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Kupang. Hadir pula Badan Pengurus Komite dan sejumlah orang tua/wali. (Yosi Bataona/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here