HUT ke-64 SMPN 1 Soe, Ini Pesan Bupati TTS

0
254
Bupati TTS Egusem Pieter Tahun saat menghadiri syukuran HUT ke-64 SMPN 1 Soe, Kamis (25/8/2022).

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) Egusem Pieter Tahun, S.T., M.M., turut menghadiri acara syukuran bersama hari ulang tahun (HUT) ke-64 SMP Negeri 1 Soe pada Kamis (25/8/2022) di sekolah setempat.

Dalam sambutannya Bupati Tahun menyampaikan bahwa SMP Negeri 1 Soe telah mencetak banyak alumni yang sudah sukses dan telah berkontribusi membangun daerah khususnya Kabupaten TTS.

“SMP Negeri 1 Soe ini dulu angkatan kami pada tahun 1975 itu namanya SMP Negeri Soe, dengan adanya dibuka lagi SMP Negeri baru, sekolah ini berubah nomenklatur menjadi SMP Negeri 1 Soe. Sekolah ini merupakan sekolah tua yang telah mencetak banyak alumni dan kini semuanya sudah menjadi pejabat dan telah berkontribusi untuk membangun daerah ini,” ungkap Bupati Epy Tahun.

Dihadapan ribuan peserta didik, para guru dan tamu undangan lainnya Bupati Epy menegaskan bahwa untuk meraih sesuatu yang baik hanya bisa dimulai dengan disiplin. Ia mengimbau kepada semua warga sekolah yang ada untuk tetap disiplin dalam segala hal.

“Kita patut bersyukur karena di hari ini SMP Negeri 1 Soe telah memasuki usia yang ke-64, tentunya melalui perjalanan yang panjang. Karena itu selaku alumni dari sekolah ini saya meminta kepada warga sekolah untuk tetap mempertahankan hal kedisiplinan karena segala sesuatu hanya bisa berhasil jika ada kedisiplinan dalam diri setiap orang. Dan di sekolah inilah saya dibentuk untuk disiplin dan akhirnya bisa menjadi bupati, itu semuanya hanya berawal dalam hal kedisiplinan. Karena itu saya berharap agar mengutamakan kedisiplinan dalam segala hal,” ujarnya.

Pose bersama Kepala SMPN 1 Soe dan para guru

Selain hal disiplin Bupati Epy juga meminta kepada pihak sekolah untuk terus membuka sayap dalam membangun kerja sama yang baik dengan semua pihak dan berbagai mitra yang ada.

“Selain terkait dengan hal kedisiplinan saya juga mengimbau kepada semua warga sekolah untuk membangun kerja sama yang baik dengan semua pihak, karena sebuah organisasi hanya bisa berjalan dengan baik jika mampu berkolaborasi dengan semua pihak, baik itu pihak sekolah dengan masyarakat dalam hal ini orang tua/wali peserta didik, dan pihak sekolah dengan berbagai mitra lainnya,” tandasnya.

Di akhir sambutannya Bupati Epy Tahun juga mengimbau kepada semua alumni SMP Negeri 1 Soe untuk saling bahu membahu dalam pembangunan di sekolah tersebut.

“Sebagai alumni saya juga mengimbau kepada semua alumni yang telah tamat dari sekolah ini untuk mendorong pembangunan di sekolah ini agar sekolah ini terus eksis dan menjadi berkat banyak orang,” pungkasnya.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Soe, Omarmi I. Liu, S.Pd., M.Si., kepada media ini menyampaikan bahwa dalam rangka memeriahkan HUT ke-64 pihak sekolah telah mengadakan berbagai perlombaan dan pentas seni.

“Dalam rangka memeriahkan HUT ke-64 ini kami mendahului dengan berbagai kegiatan perlombaan yang telah dilakukan sebelumnya yaitu lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, lomba tarian daerah, vokal grup, solo, modern dance, dan berbagai kegiatan seni lainnya. Selain itu dari sekolah ini juga kami mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia tingkat Kabupaten TTS,” ungkap Omarmi Liu.

Omarmi menyampaikan bahwa selain dalam rangka HUT sekolah, tujuan dari diadakan berbagai perlombaan itu guna meningkatkan kreativitas para peserta didik yang ada.

“Tujuan dari diadakannya berbagai kegiatan perlombaan ini untuk meningkatkan kompetensi dan juga kreativitas para peserta didik yang ada, karena selama dua tahun kita diperhadapkan dengan  Covid -19 maka banyak kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan. Karena itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar para peserta didik yang ada lebih meningkatkan lagi setiap kompetensi yang dimiliki,” ujarnya.

Omarmi juga menyampaikan terima kasih kepada para alumni dari SMP Negeri 1 Soe yang turut hadir dalam kegiatan ulang tahun sekolah serta memberikan dukungan penuh bagi pengembangan sekolah ke depan.

“Sebagai kepala sekolah saya menyampaikan terima kasih kepada para alumni yang telah hadir dan juga memberikan dukungan kepada kami guna pembangunan sekolah ini. Hal yang menjadi pergumulan kami selama ini yaitu terkait dengan drumben, tetapi puji Tuhan di momen ulang tahun yang ke-64 ini kami mendapat dukungan dari para alumni yang mana akan membantu kami dengan uang sebesar Rp 50.000.000 guna pengadaan drumben. Karena itu saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati TTS yang juga merupakan alumni dari sekolah ini yang hadir dalam syukuran bersama ini dan para alumni lain yang telah berpartisipasi dalam mendukung kami di sini,” jelasnya.

Tarian Profil Pelajar Pancasila oleh peserta didik SMPN 1 Soe

Terkait data sekolah, Omarmi menyampaikan bahwa saat ini jumlah keseluruhan peserta didik di SMP Negeri 1 Soe sebanyak 1.002 orang dengan jumlah tenaga pendidik sebanyak 74 orang.

“Untuk jumlah keseluruhan peserta didik di SMP Negeri 1 Soe ini sebanyak 1.002 orang dengan guru sebanyak 74 orang. Dengan jumlah peserta didik yang cukup banyak karena itu salah satu pergumulan atau pekerjaan rumah bagi kami yaitu terkait dengan ruang aula dan juga pembangunan WC, saya berharap agar ke depan semua ini bisa terpenuhi,” harapnya.

Pantauan media, ucapan syukur bersama HUT ke-64 SMPN 1 Soe tersebut dipimpin oleh Pdt. Dominggus Dodego, S.Pd.K. Hadir para alumni yang turut memberikan dukungan berupa uang tunai untuk pengembangan di SMP Negeri 1 Soe.

Alumni tahun 2005 membantu uang sebanyak Rp 5.200.000 dan alumni tahun 1986 membantu uang sebesar Rp 6.000.000 yang diserahkan secara langsung. Sementara Bupati TTS yang juga merupakan alumni dan beberapa alumni lainnya baru akan menyerahkan uang sebesar Rp 50. 000.000 saat Upacara HUT Kota Soe pada tanggal 1 September 2022. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here