Prodi Matematika Undana Gelar “Tracer Study” bagi Alumni di TTS

0
260
Pose bersama para dosen dan alumni Prodi Pendidikan Matematika Undana Kupang di aula SMA Efata Soe.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana (Udana) Kupang menggelar “Tracer Study” bagi sejumlah alumninya di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) pada Sabtu (12/11/2022) di aula SMA Efata Soe. Dalam kegiatan tersebut diberikan sosialisasi terkait Visi, Misi, dan Roadmap Prodi Pendidikan Matematika Undana kepada alumni yang ada.

Sekretaris Alumni Program Studi Pendidikan Matematika Undana, Aleksander Madu, kepada media ini menyampaikan bahwa “Tracer Study” atau penjajakan tersebut bertujuan untuk memantau dan membangun koordinasi agar alumni mampu memberikan pelayanan yang baik di tengah masyarakat.

“Kegiatan Tracer Study atau penjajakan kepada alumni ini untuk membangun koordinasi dan juga memberikan motivasi alumni yang ada sehingga mereka mampu memberikan kesejukan kepada semua lapisan masyarakat di mana mereka berada. Selain itu juga kami meminta agar alumni juga harus berkontribusi dalam pembangunan, khususnya pembangunan di dunia pendidikan,” ungkapnya.

“Kami juga ingin tahu bagaimana kinerja alumni kami, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang diharapkan atau tidak sehingga hal ini menjadi perhatian kami di kampus dan terlebih kepada prodi kami,” jelasnya.

Aleksander Madu

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam pertemuan tersebut juga disosialisasikan Visi, Misi, dan Roadmap Prodi Pendidikan Matematika.

“Pada kegiatan ini juga kami menyampaikan terkait dengan Visi dan Misi program studi, yang mana ke depan harus berdampak bagi masyarakat melalui pelayanan di dunia pendidikan. Karena itu penelusuran terhadap alumni ini juga akan menjadi evaluasi bagi kami, agar dalam proses pembelajaran di kampus. Kami akan terus berupaya untuk mendidik para calon guru dengan baik, selain memiliki ilmu yang memadai juga harus dibarengi dengan karakter yang baik, serta memiliki komunikasi sosial yang baik di tengah masyarakat,” jelasnya.

Khusus di Kabupaten TTS, jelas Alex, banyak kekayaan budaya yang perlu diangkat melalui dunia pendidikan, karena selama ini hanya melalui bahasa tutur atau lisan. Hal ini, tegasnya, menjadi perhatian karena itu pihaknya telah berkolaborasi dengan alumni yang ada agar ke depan melakukan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran berbasis budaya. Program Studi Pendidikan Matematika siap mendukung setiap kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kompetensi para guru.

“Saya berharap alumni yang telah menjalani profesinya sebagai guru terus memberikan pelayanan yang baik. Jangan menuntut yang lebih terkait dengan upah tetapi harus menjiwai profesinya untuk melayani para generasi penerus dengan hati,” tandasnya.

Rovis Selan

Koordinator Alumni Prodi Matematika Kabupaten TTS, Rovis Selan, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada almamaternya Universitas Nusa Cendana Kupang yang melalui Program Studi Pendidikan Matematika telah melakukan penelusuran kepada alumni yang ada di Kabupaten TTS. Rovis menyebut kegiatan tersebut merupakan suatu kebanggan tersendiri karena kampus kembali melakukan penjajakan kepada alumni.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami alumni, karena untuk di Kabupaten TTS ini baru pertama kali. Sebagai alumni saya merasa bangga, karena melalui kegiatan ini kami alumni dari setiap angkatan bisa saling mengenal, dan ini juga menjadi motivasi terbesar bagi kami alumni untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama kepada para peserta didik,” ujarnya.

“Sebagai alumni pada tahun 2003 silam, saya juga berharap dengan adanya kegiatan penelusuran kepada kami alumni ini, ke depan diharapkan ada pelatihan-pelatihan yang bisa meng-upgrade kemampuan kami, agar menjawab Visi dan Misi dari Program Studi Pendidikan Matematika yang ada,” pungkas Kepala SMA Efata Soe. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here