Lebih dari 2.800 Peserta Hadiri Sosialisasi Program IISMA 2023

0
36

Jakarta, SEKOLAHTIMUR.COM — Sebanyak 2.832 peserta mengikuti acara sosialisasi program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) yang diselenggarakan secara daring untuk wilayah LLDIKTI wilayah I, III, IV, dan XIII, Jumat (27/01/2023). Acara ini bertujuan untuk memberikan pengenalan lebih jauh tentang pengenalan dan teknis pendaftaran program IISMA yang rencananya akan dibuka pada tanggal 8 Februari 2023.

“Peserta program IISMA tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk mencicipi perkuliahan selama satu semester di kampus terbaik dunia, tetapi juga mempelajari kultur di negara tujuan. Saya berharap adik-adik dapat menjalankan proses seleksi dengan baik dan terpilih menjadi penerima program IISMA,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristet, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kiki Yuliati dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi mengungkapkan bahwa kualitas perguruan tinggi luar negeri yang bekerja sama dengan IISMA meningkat secara cukup signifikan, ditambah dengan bergabungnya perguruan tinggi top dari Amerika Serikat, Prancis, Jepang, dan negara-negara lainnya.

“Dengan bergabungnya institusi-institusi top dunia, kami percaya bahwa adik-adik mahasiswa yang terpilih akan mendapat pengalaman berharga yang tak terlupakan, dan jejaring internasional yang luas,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Andi Rahadiyan Wijaya, selaku Senior Manager Operasional dan Pengelolaan Program IISMA. Sedangkan pada jalur vokasi, agenda sosialisasi dipimpin oleh Hilda Cahyani, selaku Senior Manager Pengembangan Program dan Kemitraan IISMA.

Paparan komprehensif perihal program IISMA, alur pendaftaran, ketentuan umum dan persyaratan, hak dan kewajiban yang akan diperoleh serta harus dipenuhi oleh para awardee, dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui oleh pihak universitas maupun mahasiswa yang diberikan oleh kedua pemateri tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran bagi calon pendaftar untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum pendaftaran program dibuka.

Ketua Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, Gugup Kismono mengungkapkan bahwa program IISMA terbuka untuk semua kalangan yang memenuhi persyaratan-persyaratan program IISMA. Secara khusus, ia mendorong penerima bantuan biaya pendidikan pemerintah, termasuk peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan Bidikmisi untuk bergabung dalam program ini.

Kegiatan sosialisasi ditutup secara langsung oleh Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya. Ia berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, distribusi pendaftar dan penerima program IISMA dapat lebih merata, terutama di provinsi-provinsi dengan jumlah pendaftar yang belum maksimal di edisi sebelumnya. (kemdikbud.go.id/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini