Tumbuhkan Minat Baca Anak, SDI Rokat Bangun Pondok Baca

0
91
Pondok Baca Widang Siar di SDI Rokat Parang, Desa Golo Ndele, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur.

Manggarai Timur, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka menumbuhkan minat baca peserta didik, Sekolah Dasar Inpres (SDI) Rokat Parang membangun Pondok Baca yang diberi nama Widang Siar. Pondok Baca ini juga dimaksudkan sebagai sebagai tempat pengembangan kreasi anak, dan terletak di samping kanan gerbang masuk SDI Rokat Parang, Desa Golo Ndele, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur.

Kepada media ini, Kepala SDI Rokat Parang, Efrinus Natarut, S.Pd., SD., mengungkapkan bahwa Pondok Baca Widang Siar dibangun sebagai implementasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang termuat dalam Permendikbud Nomor 23Tahun 2025. Selain itu juga dalam upaya mendukung gerakan literasi di Manggarai Timur.

“Saya bersyukur baru dipercayakan menjadi kepala sekolah, terhitung tiga minggu, saya bisa bekerja sama dengan guru dan komite untuk membuat Pondok Baca ini. Kami menyadari betapa sedikitnya minat baca anak-anak di sekolah kami dan kemampuan baca-tulis dan numerasi di sekolah yang rendah, maka sekolah berinisiatif untuk membuat tempat khusus, tempat bagi siswa-siswi untuk meningkatkan minat membaca,” ungkap Efrinus Natarut kepada media ini, Selasa (28/02/2023).

Lebih lanjut, Efrinus Natarut menuturkan bahwa proses membangun Pondok Baca Widang Siar melalui kesepakatan bersama dewan guru, komite sekolah dan siswa-siswi. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan lokal.

 “Pondok Baca ini dibuat berdasarkan rapat dewan guru bersama inti komite tanggal 23 Februari 2023. Hasil rapat  guru bersama pengurus inti komite dan siswa-siswi membuat Pondok Baca di lingkungan sekolah. Semua bahan murni menggunakan bahan lokal yang ada di sekitar sekolah. Bahan-bahan disiapkan oleh guru bersama siswa-siswi seperti bambu, alang-alang, rotan dan dikerjakan selama dua hari pada Jumat, 24 Februari hingga Sabtu, 25 Februari 2023,” jelasnya.

Ia berharap, kehadiran Pondok Baca Widang Siar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa-siswi untuk meningkatkan minat baca, semangat dalam berliterasi demi menggapai kesuksesan di masa depan. Sementara itu kepada guru-guru dan orang tua, dirinya berharap ada kerja sama demi menjaga Pondok Baca tersebut.

“Saya berharap dengan adanya Pondok Baca ini, siswa-siswi dapat memanfaatkan pondok ini dengan baik untuk meningkatkan literasi dan kepada guru-guru, orang tua dan masyarakat untuk menjaga keberlanjutan Pondok Baca Widang Siar ini,” ujarnya.

“Mudah-mudahan ada hati baik dari pemerhati pendidikan agar memberikan sumbangan baik buku, laptop maupun komputer, sehingga Pondok Baca ini tidak hanya tempat untuk baca namun dapat dijadikan tempat bagi anak melatih keterampilan menggunakan TIK dan pengembangan kreasi lainnya,” tutupnya. (Ino Sengkang/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini