Julie Laiskodat Ajak Siswa SMAN 1 Kupang Gemar Makan Ikan

0
85
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat dalam kunjungannya ke SMA Negeri 1 Kupang, Jumat (24/03/2023).

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam kunjungannya ke SMA Negeri 1 Kupang, Jumat (24/03/2023), Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat mengajak seluruh warga sekolah khususnya siswa untuk gemar makan ikan. Menurutnya, dengan mengkonsumsi ikan dan olahannya, generasi milenial tidak hanya memiliki tubuh yang sehat dan kuat, melainkan juga dapat meningkatkan kualitas kerja otaknya.

“Saya memilih sekolah ini untuk gemar makan ikan, karena di SMAN 6 Kupang dari minggu lalu saya sudah launching sarapan bersama, tentang kelor dan sorgum. Jadi, kami baru kasih sekitar seminggu, tadi kami dibantu oleh Dinas Kesehatan yang membawa timnya untuk memeriksa HB-nya remaja puteri. Dan luar biasa, baru seminggu saja mereka kaget bahwa HB-nya mereka semua sudah di atas 12,” ungkap Julie Laiskodat.

“Di sini saya lagi uji coba ikan. Pasti saya akan uji sebelum dan sesudahnya. Sampai bulan Mei ini kami uji 2 sekolah ini, tapi kemarin saya sudah rapat dengan 10 sekolah yang lain. Jadi rencannya di bulan Juli itu mulai serentak untuk kegiatan pagi,” tambahnya.

Julie Laiskodat mengungkapkan, untuk menyiapkan generasi yang punya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas harus didukung oleh makanan-makanan yang sehat dan berprotein tinggi seperti kelor dan ikan.

“Menurut data, SDM di NTT selalu berada di urutan bawah. Karena kita ada stunting dan gizi buruk. Stunting sangat mempengaruhi kecerdasan otak. Tapi NTT punya obatnya yaitu Marungga (kelor). Satu mangkuk Marungga ini punya gizi setara dengan 17 mangkuk susu pabrikan,” ujarnya.

“Tidak cukup hanya kelor saja, harus ada ikan juga. Karena ikan punya vitamin yang sangat luar biasa. Orang Jepang itu pintar dan menghasilkan banyak inovasi karena makan ikan. Jadi, makan kelor supaya tubuh itu tinggi-besar, tulang juga bisa tumbuh baik dan juga ikan supaya daya tampung otak dan serapannya banyak sehingga bisa lebih cerdas,” jelas Ketua Dekranasda NTT sekaligus anggota DPR RI Komisi IV tersebut.

Sementara itu dalam sambutannya, Penjabat Walikota Kupang, George M. Hadjoh, S.H., menyampaikan limpah terima kasih kepada seluruh warga SMAN 1 Kupang yang telah mempelopori gemar makan ikan dan juga selalu menjaga kebersihan.

“Terima kasih karena SMAN 1 telah menjadi pelopor untuk gerakan makan ikan. Untuk NTT sekolah ini menjadi pelopor lokomotif penggerak utama. Karena orang-orang yang makan ikan itu adalah orang-orang cerdas,” ungkapnya.

“Kita mempunyai kekayaan laut yang luar biasa. Kita punya luas laut 200.000 Km2. Panjang pantai 5.700 Km yang menjadi terpanjang dan terindah di Indonesia. Selain itu, saya juga berterima kasih karena sekolah ini telah turut bersama-sama dengan Pemkot untuk peduli dan menjaga kebersihan kota ini,” tandas George Hadjoh.

Pantauan media ini, turut hadir Plt. Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi NTT, Stefania Tunga Boro, S.Pi. M.M., yang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK NTT untuk melaksanakan gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di sekolah setempat. Kunjungan tersebut juga diwarnai dengan dialog tanya jawab antara ketua PKK dengan para siswa mengenai cita-cita mereka. Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan sarapan bersama hasil olahan dari ikan. (Yosi Bataona/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini