Meriahkan Hardiknas 2023, MKKS SMK TTS Gelar Berbagai Lomba

0
280
Pose bersama Korwas SMK Kab. TTS, Ketua MKKS SMK, panitia, para kepala sekolah, tokoh agama, pemerintah setempat, dan pihak keamanan, usai acara pembukaan.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar berbagai perlombaan bagi para peserta didik. Kegiaan tersebut berlangsung pada Selasa – Kamis, 9 – 11 Mei 2023, di SMK Negeri Polen, Desa Puna, Kecamatan Polen, Kabupaten TTS.

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan, Koordinator Pengawas (Korwas) SMK se-Kabupaten TTS, Jeremias Pelle, menyebut Gebyar SMK merupakan ajang prestasi tertinggi unjuk menunjukkan kompetensi dari para peserta didik SMK.

“Saya berikan apresiasi kepada MKKS SMK Kabupaten TTS yang mana dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 ini menggelar berbagai perlombaan bagi peserta didik. Gebyar ini merupakan ajang prestasi tertinggi bagi para peserta dalam menunjukkan kemampuan berdasarkan kompetensi masing-masing,” ungkapnya.

“Kita akan menyaksikan betapa hebohnya anak-anak kita menunjukkan kemampuan mereka selama belajar dalam semangat memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 ini di bawah tema utamanya adalah Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar dengan konteks profil pelajar pancasila,” lanjutnya.

Untuk setiap mata lomba, kata Jeremian Pelle, yang dilombakan adalah etika profesional kompetensi yang kreatif dan kompetitif.  Pasalnya, penampilan para peserta didik menunjukkan kehebatan gurunya dalam memoles mereka selama ini.

Ia juga menyampaikan bahwa yang paling inti untuk ajang ini adalah kemampuan menunjukkan kreativitas dan inovasi dari setiap peserta didik, dan juga sebagai ajang untuk mempererat persaudaraan dalam membangun kolaborasi.

Suasana kegiatan

“Dari ajang ini juga sebagai momen untuk para tenaga pendidik merefleksi diri karena penampilan peserta didik yang diutus ke sini adalah yang terbaik. Karena itu harus menjunjung tinggi sportifitas dalam setiap mata lomba yang diadakan, karena gebyar ini juga merupakan wadah untuk menjembatani proses perubahan di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Selanjutnya kepada para juri, dirinya berpesan agar dalam penilaian nantinya memberikan catatan-catatan kepada setiap sekolah. Dengan demikian peserta dan pendamping terus berbenah demi peningkatan kreativitasnya di sekolah masing-masing.

Menggali Potensi Peserta Didik

Ketua MKKS SMK Kabupaten TTS, Drs. Bernadus Na’atonis, M.Pd., kepada media ini menyampaikan bahwa Gebyar SMK se-Kabupaten TTS dalam rangka Hardiknas tahun 2023 bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan serta menggali potensi dalam hal ini bakat dan minat dari setiap peserta didik yang ada.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan wadah untuk mempromosikan produk hasil karya dari setiap sekolah.

“Sesungguhnya banyak potensi yang dimiliki oleh peserta didik dari berbagai SMK di TTS, karena itu dengan wadah ini para peserta didik bisa mempromosikan hasil karya dari berbagai kompetensi keahlian yang ada di sekolah masing-masing kepada masyarakat,” ujar Bernadus yang juga menjabat sebagai Kepala SMK Kristen Soe.

——

Kepala SMK Negeri Polen, Jusniati V. Tasoin, S.Pd., menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengurus MKKS SMK Kabupaten TTS yang menunjuk sekolahnya sebagai tuan rumah kegiatan Gebyar SMK se-kabupaten TTS tahun 2023.

“Selaku kepala sekolah dan juga tuan rumah pelaksanaan Gebyar SMK se-Kabupaten TTS pada tahun 2023 ini, kami turut bangga dan juga merasa senang karena dengan momen ini kami dikunjungi oleh berbagai SMK lain yang tersebar di wilayah Kabupaten TTS. Momen ini juga sebagai motivasi bagi kami tuan rumah untuk lebih berbenah lagi ke depan,” ungkapnya.

“Dengan momen Gebyar SMK se-kabupaten TTS ini juga kami saling berbagi dan belajar dari sekolah lain dan menerima setiap masukan dari teman-teman kepala sekolah agar ada hal-hal yang masih kurang menjadi perhatian bagi kami agar berkembang lebih baik lagi,” lanjutnya.

Jusniati juga menyampaikan terima kasih kepada para guru, peserta didik, para orang tua/wali, dan para relawan serta semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada SMK Negeri Polen dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Selaku kepala sekolah, saya juga menyampaikan terima kasih kepada para guru, peserta didik, dan orang tua/wali di SMK Negeri Polen, serta pemerintah desa, pemerintah kecamatan, Polsek Polen, panitia, dan berbagai pihak yang telah memberi dukungan terkait kegiatan ini,” ujarnya.

Pose bersama Korwas SMK Kab. TTS, Ketua MKKS SMK Kab. TTS, dan dewan juri

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan, Nifron Fallo, S.Kom., dalam laporan kepanitiaan yang dibacakan oleh Kepala SMK Negeri 1 Soe, Eduardus Alle, menyampaikan bahwa Gebyar SMK merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh MKKS SMK se-kabupaten Timor Tengah Selatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hardiknas.

Adapun tujuan dari Gebyar SMK se-kabupaten TTS yakni: 1) Mempromosikan potensi yang ada di SMK kepada masyarakat sebagai pendidikan formal yang sekaligus memberikan pelayanan jasa dan produk lokal; 2) menjaring dunia usaha dan industri untuk dapat berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di SMK; 3) meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta didik di bidang masing-masing; dan 4) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkompetisi di bidang masing-masing.

Terdapat lima mata lomba yang dilombakan yaitu Lomba Debat Bahasa Indonesia, Lomba Debat Bahasa Inggris, Cipta dan Baca Puisi, Vokal Solo Putra dan Vokal Solo Putri, serta Tarian Kreasi. Sebanyak 25 SMK dari 35 SMK di Kabupaten TTS terlibat dalam berbagai mata lomba tersebut. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini