Pidato Pembangunan Gubernur NTT: NTT Luar Biasa Kaya, Akses Pendidikan Meningkat

0
81
Pidato Pembangunan Gubernur NTT dalam rangka peringatan HUT ke-78 RI tingkat Provinsi NTT pada Rabu (16/08/2023) di Aula El Tari Kantor Gubernur NTT.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR. COM – “Narasi di awal kepemimpinan kami, NTT adalah provinsi yang luar biasa kaya. NTT bangkit dimulai dengan merevolusi cara pandang yang memerdekakan kita dari stigma keterbelakangan yang menjajah dan melemahkan”.

Demikian disampaikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dalam Pidato Pembangunan Gubernur NTT dalam rangka peringatan HUT ke-78 RI tingkat Provinsi NTT pada Rabu (16/08/2023) di Aula El Tari Kantor Gubernur NTT.

Dalam pidato tersebut, Gubernur VBL juga membeberkan capaian pembangunan di bidang pendidikan yang mengalami perubahan signifikan.

Selama masa kepemimpinannya, jelas VBL, terjadi peningkatan dalam akses pendidikan terutama dalam pembangun gedung sekolah di tingkat SMA, SMK dan SLB.

“Dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan menengah dan pendidikan luar biasa. Pemerintah Provinsi NTT sejak 2009 sampai dengan Juli 2023 telah menerbitkan ijin operasional pendidian sekolah baru untuk tingkat SMA sebanyak 75 sekolah, SMK 58 sekolah dan SLB 17 sekolah,” ungkapnya.

Gubernur Viktor menambahkan, perbaikan terhadap akses pendidikan ternyata memberi dampak pada meningkatnya Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) untuk tingkat SMA, SMK dan MA.

“Perbaikan akses Pendidikan telah meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) penduduk usia 16-18 atau setara tingkat SMA/SMK/MA,” ujarnya. 

“Pada tahun 2019, APK  NTT sebesar 93,08 persen dan  meningkat menjadi 102,53 persen tahun 2023. Demikian pula, APM naik dari  58,89 persen di tahun 2018 menjadi 70,26 persen yang melampaui rata-rata APM nasional 68,87 persen,”  terangnya.

Pose bersama.

Pantauan media ini, hadir dalam kesempatan tersebut yakni, Wakil Gubernur NTT, Pimpinan dan Anggota DPRD NTT, Sekda NTT, Forkopimda NTT, Staf Ahli dan Staf Khusus Gubernur NTT, para Asisten Sekda NTT, tokoh agama, para pimpinan Instansi vertikal, para pimpinan daerah lingkup NTT, pimpinan perbankan, lembaga jasa keuangan BUMN dan BUMD, mahasiswa, siswa-siswi SMA/SMK se-Kota Kupang berserta para guru, dan masyarakat yang mengikuti melalui virtual.

Melalui tema yang diusung Pemerintah Provinsi NTT tahun 2023 “Generasi Muda NTT Bangkit Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”, terdapat beberapa hal yang juga disampaikan VBL mengenai capaian pembangunan di NTT antara lain meliputi; bidang kesehatan, olahraga, kesehatan, pariwisata, pertanian, peternakan, kelautan dan perikanan, infrastruktur, investasi, perdagangan, industri, dan energi, koperasi, ketenagakerjaan, pemberdayaan masyarakat desa serta kawasan perbatasan, dan reformasi birokrasi. (Yosi Bataona/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here