Pastor Kepala Paroki Waiwadan Lantik Pengurus KBG dan Resmikan KBG Baru di Stasi Hurung

0
34
Pelantikan Pengurus KBG (Keluarga Basis Gerejani) dan Peresmian KBG St. Yoseph Pekerja di Stasi Hurung, Flores Timur.

Flores Timur, SEKOLAHTIMUR.COM – Rabu (08/11/2023), Pastor Kepala Paroki Sta. Maria Goretti Waiwadan RD. Amatus Kariaman Witak melantik Pengurus KBG (Keluarga Basis Gerejani) dan meresmikan satu KBG baru yang diberi nama KBG St. Yoseph Pekerja di Stasi Hurung. KBG yang baru ini akan dipimpin oleh Ibu Theresia Sau.

Acara ini diawali dengan perayaan Ekaristi. Dalam kotbahnya, RD. Amatus Kariaman Witak menekankan pentingnya rasa tanggung jawab atas tugas dan kepercayaan yang diberikan kepada para pengurus baru sekaligus membangun semangat kebersamaan dan kerja bersama para pengurus dalam membangun spirit kehidupan iman di  masing-masing KBG.

Suasana perayaan Ekaristi.

RD. Amatus juga mengharapkan semangat pengorbanan dari para pengurus untuk menata dan mengembangkan kehidupan iman dan kehidupan menggereja umat di masing-masing KBG.

“Para pengurus KBG yang sudah dilantik adalah perpanjangan tangan Paroki dan Stasi. Oleh karena itu saya mengharapkan embanilah tugas dan kepercayaan yang diberikan ini sebaik-baiknya. Tugas ini pun tidak mudah, butuh pengorbanan dari para pengurus. Jika ada kesulitan, silakan berkomunikasi dengan kami Tim Pastoral Paroki maupun Dewan Stasi. Marilah kita bersama-sama bekerja sama menata kehidupan iman umat dan menggereja di masing-masing KBG,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Stasi Hurung, Krensesius Lamawato mengatakan, acara pelantikan pengurus dengan perayaan Ekaristi bersama yang dilakukan di KBG ini merupakan sebuah model pendekatan pastoral yang lebih mengumat. Selain itu dengan pelantikan secara resmi ini, para pengurus memiliki kepercayaan diri dan beban moral untuk bisa bertanggung jawab akan tugas dan jabatan yang telah diberikan.

Suasana perayaan Ekaristi.

Terkait pemekaran KBG baru, menurutnya, hal itu bertujuan untuk peremajaan KBG sekaligus membangun kemandirian KBG agar lebih mudah menata kehidupan iman dan menggereja umat secara lebih baik.

“Saya senang dengan gaya pendekatan pastoral tim Pastor Paroki dibawah pimpinan Romo Ama. Dengan melaksanakan perayaan Ekaristi di KBG akan semakin mendekatkan tim pastor dan umat. Ini model pendekatan pastoral yang sangat mengumat. Kedekatan ini khususnya melalui perayaan ekaristi di KBG ini akan membuat umat terlebih para pengurus yang dilantik memiliki kepercayaan diri untuk mengemban amanat yang telah diberikan kepada mereka,” ungkapnya.

“Sejalan dengan ini maka saya pikir dengan pemekaran KBG ini juga selain untuk peremajaan KBG tetapi juga akan memudahkan para pengurus untuk menata dan mengolah kemandirian KBG, kehidupan iman dan menggereja umat secara lebih baik,” pungkasnya.

Perayaan Ekaristi Pelantikan Pengurus KBG dan Peresmian KBG St. Yosef Pekerja berjalan khidmat diiringi koor OMK (Orang Muda Katokik) Stasi Hurung dan dihadiri seluruh umat KBG St. Yosef Pekerja serta utusan-utusan umat dari masing-masing KBG. Setelah perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan rekreasi bersama. (EL/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini