Usai Jalani PKL, 2 Peserta Didik SMKN Kolbano Direkrut Hotel Aston dan Hotel Charvita

0
542
Pose bersama pihak SMKN Kolbano dan pihak hotel Aston Kupang.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Usai menjalani masa Praktik Kerja Lapangan (PKL) di hotel Aston dan hotel Charvita Kupang, dua peserta didik dari SMK Negeri Kolbano, Kabupaten TTS direkrut oleh dua hotel tersebut karena dinilai berkinerja baik. Kedua peserta didik tersebut yakni Arikusman Tlonaen dan Dafrita Aoetpah.

Kepala SMK Negeri Kolbano, Joni Leo, S.Pd., didampingi Ketua Kompetensi Keahlian Perhotelan SMK Negeri Kolbano, Melki Y. N. Selan, S.Tr. Par., pada Senin, (6/11/2023), melakukan audiensi dengan kedua pimpinan hotel tersebut sekaligus menyerahkan surat rekomendasi dari pihak sekolah.

Kepada media ini, Joni Leo menyampaikan terima kasih kepada manajamen hotel Aston dan hotel Charvita yang telah memberi ruang kepada para peserta didiknya untuk melakukan PKL dan telah direkrut oleh dua industri perhotelan tersebut.

Pertemuan di hotel Aston Kupang.

“Selaku kepala sekolah, saya menyampaikan terima kasih kepada manajemen hotel Aston dan hotel Charvita yang mana telah membangun kerja sama dengan kami pihak SMK Negeri Kolbano dan telah memberi ruang kepada para peserta didik untuk melakukan PKL. Namun dalam perjalanan selama praktik ada dua peserta didik kompetensi keahlian perhotelan yang dinilai berkinerja baik dan direkrut, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami pihak sekolah,” ungkapnya.

“Kedua peserta didik ini statusnya masih pelajar, karena itu kami dari pihak sekolah memberikan rekomendasi kepada mereka, karena sesungguhnya para peserta didik yang direkrut ini juga merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami pihak sekolah,” lanjutnya.

Terkait proses KBM di kelas untuk kedua peserta didik tersebut, Joni menjelaskan bahwa keduanya mengikuti KBM secara daring karena para guru telah menyiapkan modul bagi mereka.

“Terkait dengan proses pembelajaran mereka, pihak sekolah melalui para guru telah menyiapkan modul bagi mereka karena itu mereka akan mengikuti pembelajaran secara daring,” ujarnya.

HRD Hotel Aston Kupang, Inggrid Bulan, kepada media ini menyampaikan, anak-anak yang melakukan training atau praktik kerja lapangan (PKL) di hotel Aston tentunya ada penilaian khusus terhadap mereka.

“Selama anak-anak melakukan praktik atau training di sini selalu dinilai attitude-nya, terus kinerjanya, karena itu jika ada yang memenuhi syarat maka kami pihak hotel melakukan komunikasi dengan sekolah dan juga yang bersangkutan, sehingga hari ini ada seorang peserta didik dari SMK Negeri Kolbano yang kami rekrut ini tentunya juga telah membangun kerja sama dengan pihak sekolah. Terkait dengan perekrutan ini kami lebih mengutamakan anak-anak yang melakukan praktik di sini,” ungkapnya.

Inggrid juga menyampaikan terima kasih kepada pihak SMK Negeri Kolbano yang telah memberikan dukungan kepada para peserta didik yang telah memenuhi syarat.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang mana hari ini kepala sekolahnya langsung ke sini dan menyerahkan surat rekomendasi dari sekolah terkait dengan peserta didiknya yang direkrut di sini,” ujarnya.

Pose bersama pemilik hotel Charvita Kupang.

Sementara itu, Todd Anwar Malessy, Pemilik Hotel Charvita Kupang, kepada media ini menyampaikan, sebelumnya banyak peserta didik SMK yang melakukan PKL di hotelnya, namun dari sekian peserta didik yang melakukan praktik kerja lapangan tak semuanya direkrut.

“Kami dari manajemen hotel telah membangun kerja sama dengan berbagai SMK terkhususnya kompetensi keahlian perhotelan, dan setiap tahun anak-anak selalu melakukan praktik di sini, dalam melakukan praktik kami selalu memberikan materi juga terkait manajemen perhotelan. Selain itu juga kami melakukan penilaian kepada setiap anak-anak yang melakukan praktik di sini. dari semua anak-anak yang melakukan praktik tentunya banyak namun untuk direkrut tidak semuanya,” ungkapnya.

Charly, sapaan akrab Todd Anwar Malessy juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang memberikan dukungan kepada peserta didiknya dan selaku membangun komunikasi dengan dunia industri demi terserap output yang ada.

“Kami dari manajemen hotel juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang selalu memberikan support kepada anak-anak. Kami juga berharap kerja sama yang telah dibangun ini terus berlanjut kedepan agar anak-anak yang berkinerja baik bisa terserap juga di dunia kerja,” tandasnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini