Prodi Matematika STKIP Soe Gelar CTM Jenjang SD

0
417
Peserta Lomba CTM STKIP Soe

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap mata pelajaran Matematika, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika STKIP Soe menggelar Lomba Cerdas Tepat Matematika (CTM) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Soe dan sekitarnya, pada Jumat (12/11/2021) di Aula STKIP Soe, Kelurahan Karang Sirih, Kecamatan Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Kegiatan bertema “Integrasi Matematika Membentuk Generasi Penerus yang Cerdas dan Kompetitif” tersebut melibatkan 17 peserta dari tiga sekolah yakni, SD GMIT Soe I, SD Katolik Yaswari Soe V, dan SD Inpres Oebesa.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Soe, Urni Babys, M.Pd., kepada wartawan SEKOLAHTIMUR.COM menyampaikan, CTM ini merupakan kegiatan rutin tahunan mahasiswa Program Studi Matematika. Tujuan dari kegiatan CTM ini, lanjutnya, untuk menyukseskan kegiatan HMPS Matematika, juga untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik terhadap mata pelajaran Matematika.

“Kegiatan CTM ini merupakan kegiatan tahunan bagi Program Studi Pendidikan Matematika yang sebenarnya sudah berjalan pada tahun lalu tetapi karena pandemi Covid-19 maka CTM tahun kelima ini baru bisa dilaksanakan, dan pada tahun keenam ini peserta didik yang dilibatkan itu di jenjang SD, karena beberapa tahun sebelumnya telah melibatkan peserta didik jenjang SMP,” ungkap Urni Babys.

Ia juga menjelaskan bahwa CTM tahun ini digelar secara semi olimpiade dimana para peserta yang mengikuti CTM tersebut dapat menyelesaikan soal-soal yang diberikan melalui Android. Selanjutnya melihat rendahnya partisipasi sekolah dalam kegiatan ini, Urni berharap ke depan lebih banyak sekolah yang terlibat.

“Sesuai undangan itu kepada 60 SD se-Kota Soe dan sekitarnya namun yang ikut berpatisipasi hanya 3 sekolah, karena itu saya berharap agar ke depannya lebih banyak sekolah bisa terlibat dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Ia juga menekankan bahwa kegiatan yang digelar bukan bertujuan untuk mencari sekolah mana yang baik atau tidak namun merupakan ajang untuk memperkenalkan Matematika agar peserta didik lebih mencintai pelajaran Matematika. Menurutnya, banyak orang mengatakan bahwa pelajaran Matematika itu sulit namun sesungguhnya pelajaran Matematika itu tidak sulit, bahkan menyenangkan.

“Selain itu juga kita memperkenalkan dunia kampus kepada para peserta didik atau adik-adik yang masih SD agar mereka juga tahu terkait apa saja yang dipelajari di kampus. Semoga kegiatan yang digelar dapat memberikan motivasi kepada mereka agar lebih giat lagi belajar Matematika,” tambahnya.

Selaku Ketua Program Studi Matematika, dirinya juga meminta kepada para mahasiswa yang ada untuk terus meningkatkan kualitas diri dan tetap memiliki semangat dalam mengajarkan Matematika serta memastikan bahwa Matematika itu mudah dan menyenangkan dengan berbagai metode yang didapatkan di bangku kuliah. Ia pun berharap agar para mahasiswa menjadi berkat dan panutan bagi adik-adik di lingkungan sekitar khususnya di lingkungan sekolah.

Yoselfina A. Mnir, salah satu guru pendamping dari SD Inpres Oebesa, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada STKIP Soe melalui HMPS Matematika yang telah mengadakan kegiatan CTM tersebut. Menurutnya kegiatan yang digelar sangat bermanfaat terutama bagi peserta didik yang terlibat di dalamnya.

“Selaku guru pendamping kami merasa senang karena kegiatan yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa ini sangat bermanfaat bagi kami. Dengan adanya kegiatan seperti ini anak-anak bisa ikut berkompetisi. Bagi kami juara atau tidak itu bukan ukuran tetapi intinya bahwa kita memberikan ruangan kepada peserta didik untuk berkompetisi. Selain itu juga menjadi bahan evaluasi bagi kami guru untuk terus mempersiapkan para peserta didik dengan baik,” ungkap Yoselfina. Dalam ajang lomba tersebut, Fara Maria Alunpah, dari SD GMIT Soe 1, meraih Juara I dengan skor 48.00. Juara II diraih oleh Gressy Helmina Lobsau, dari SD GMIT Soe 1, (skor 40.75), dan Juara III diraih oleh Asti Indriani Banoet, dari SD Katolik Yaswary Soe V (skor 38.00). Sementara itu Juara IV diraih oleh Irenne Aprilia Mardhani Tamonob, dari SD GMIT Soe 1, (skor 36.75). Para juara mendapatkan piala tetap, sertifikat, dan uang pembinaan dari panitia. (Lenzho Asbanu/ rf-red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here