Pengurus HISKI Eka Kapakat Resmi Dilantik

0
143
Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, M.Hum., menyampaikan arahannya dalam Pelantikan Pengurus HISKI Eka Kapakat, Selasa (18/01/2022).

Sampit, SEKOLAHTIMUR.COM – Pengurus Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Eka Kapakat Komisariat Balai Bahasa Kalimantan Tengah Periode 2021 – 2025 resmi dilantik. Pelantikan dilaksanakan di Hotel Aquarius Boutique, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Selasa (18/01/2022) pagi secara luring dan daring.

Pelantikan didahului dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum HISKI Nomor 87/IA.SK/HISKI/X/2021 oleh Pengurus HISKI Pusat, Dr. Muslimin, M.Pd., diikuti dengan pengucapan Tribakti HISKI oleh Pengurus HISKI Eka Kapakat, dipimpin Ketua I HISKI Pusat, Dr. Muhd. Harun yang hadir secara daring.

Mereka yang dilantik adalah Glory Kriswantara, S.Pd., M.Pd., sebagai Ketua, Nikkon Bhastari, M.Pd., sebagai Wakil Ketua I, Sari Marantika, S.Pd., sebagai Wakil Ketua II, Jaya Kusuma, S.Pd., sebagai Sekretaris I, Elisa Marlin sebagai Sekretaris II, Adisty Frisca Tarisca, S.Pd., sebagai Bendahara I, dan Pega Pratama, S.T., sebagai Bendahara II.

Selain itu dilantik juga Cohyo Muthi, S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Organisasi, Trisnawati, S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Kajian dan Pengembagan, Mahiang, S.Pd., sebagai Koordinator Bidang Kerja Sama, dan Muston Sitohang, M.Pd., sebagai Koordinator Bidang Publikasi dan Penerbitan. Masing-masing koordinator bidang dilantik bersama para anggota bidang. Secara keseluruhan Pengurus HISKI Eka Kapakat berjumlah 25 orang.

Dalam arahannya, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, M.Hum., mengungkapkan, Balai Bahasa Kalimantan Tengah merupakan Unit Pelaksana Tenis (UPT) di bawah Badan Bahasa Kemendikbudristek yang ikut bertanggung jawab dalam mendukung pengembangan pendidikan termasuk pengembangan profesi guru.

“Guru memerlukan ruang untuk berkarya dan berinovasi. Oleh karena itu Balai Bahasa Kalimantan Tengah dalam kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan LPMP Kalimantan Tengah, sejak Desember 2021 telah membangun komunikasi untuk membentuk satu asosiasi yakni HISKI Eka Kapakat,” ungkap Valentina.

Selain itu, lanjutnya, sesuai aturan yang ada, guru juga memerlukan angka kredit dalam pengusulan kenaikan pangkat, berupa karya ilmiah maupun karya inovatif. Atas dasar ini, jelas Valentina, agenda Pelantikan Pengurus HISKI Eka Kapakat, dipadukan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Tulis Populer yang melibatkan para pengurus, juga para guru se-Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pelantikan Pengurus HISKI Eka Kapakat

Sementara itu mewakili pengurus yang dilantik, Ketua HISKI Eka Kapakat, Glory Kriswantara, S.Pd., M.Pd., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terbentuknya HISKI Eka Kapakat. Menurutnya, organisasi ini lahir dari kerinduan para guru akan hadirnya satu wadah yang bisa menjadi tempat diskusi dan pembelajaran bersama terutama untuk mengembangkan sastra dan melahirkan karya-karya bermutu.

Ia pun mengharapkan dukungan dan kerja sama pengurus yang dilantik dalam mengemban anamah selama beberapa tahun ke depan. Dukungan yang sama diharapkan dari Balai Bahasa Kalimantan Tengah dan semua pihak terkait.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Kepala LPMP Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Bupati Kotawaringin Timur, Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Ketua Umum HISKI Pusat, Pengurus HISKI Pusat, Pengurus HISKI Eka Kapakat, dan perwakilan guru se-Kotawaringin Timur.

Usai Pelantikan Pengurus HISKI Eka Kapalat, kegiatan dilanjtukan dengan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Tulis Populer bagi guru se- Kotawaringin Timur. Bimbingan teknis ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kotawarigin Timur, H. Halikinnor, S.H., M.M., dan diagendakan akan berlangsung hingga Kamis (20/02/2022).

Pada kesempatan yang sama diluncurkan tiga produk HISKI Eka Kapakat yakni, Laman HISKI Eka Kapakat BBPKT, Jurnal Tampung Karohei, dan Majalah Talatap. Tiga produk ini merupakan wadah publikasi bagi para guru se-Kalimantan Tengah. (Robertus Fahik/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here