Vinsensius Milo: Guru Harus Jadi Pemenang

0
203
Kepala Dinas PK Kabupaten Ngada, Drs. Vinsensius Milo, M.M., ketika menghadiri Workshop Penguatan Kompetensi Pembelajaran, Senin – Selasa, 21 – 22 Februari 2022 di SDK Masu, Desa Seso, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, NTT.

Ngada, SEKOLAHTIMUR.COM – Seorang guru jangan menjadi pecundang melainkan harus menjadi pemenang. Salah satu langkah nyata dalam upaya menjadi pemenang yakni terus meningkatkan profesionalisme dan kompetensinya dari waktu ke waktu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngada, Drs. Vinsensius Milo, M.M., ketika menghadiri Workshop Penguatan Kompetensi Pembelajaran bagi para guru dan kepala sekolah yang tergabung dalam Gugus 1, Senin – Selasa, 21 – 22 Februari 2022 di SDK Masu, Desa Seso, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, NTT.

“Kalau jadi guru jangan jadi pecundang tetapi harus jadi pemenang, dan jangan pernah menyerah. Saya mengapresiasi semua jajaran pendidikan secara khusus para kepala sekolah dan guru yang begitu antusias juga inisiatif dan berkolaborasi melalui wadah gugus di setiap wilayah se-Kabupaten Ngada, secara khusus pada kegiatan hari ini untuk meningkatkan potensi guru. Kami dari lembaga pemerintah dalam hal ini dinas terkait mendukung penuh,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan terkait peningkatan kompetensi guru sangat penting bagi proses pembelajaran berkelanjutan terutama di tengah situasi pandemi yang tidak menentu ini. Pada sisi yang lain, dirinya juga mendorong pihak sekolah untuk dapat membangun kerja sama dengan berbagai lembaga termasuk media massa.

“Saya berharap agar ada kontrak kerja sama antara guru dan media, juga saling mengisi satu sama yang lain, dan paling penting untuk profesionalisme guru dan siswa yakni dalam hal menulis. Kita harus mulai dan mencobanya, dan kalau sudah satu tulisan, pasti mau lebih banyak tulisan lagi. Saya sangat mendukung dan di manapun kegiatan yang menyangkut dengan kompetensi guru dan siswa, kami siap hadir,” jelasnya.

Para guru dan kepala sekolah peserta workshop.

Kepala SDK Masu, Kasimirus Adi Bai, S.Pd., menyampaikan terima kasih kepada panitia dan peserta yang telah mempercayakan sekolahnya sebagai tuan rumah kegiatan ini. Menurutnya, momentum ini sangat penting sebab sekolah yang dipimpinnya saat ini membutuhkan perhatian dari berbagai pihak khususnya pemerintah.

“Saya sangat senang karena menurut saya ini bukan kebetulan tetapi ini adalah rencana Tuhan. Karena pada hari ini juga hadir sosok yang menurut saya akan membawa perubahan fisik lembaga tua ini yaitu kepala dinas yang sudah menyanggupi untuk memperjuangkan dan menjadikan program P1 dalam hal gedung sekolah yang hampir roboh ini,” tuturnya.

Pantauan media, kegiatan tersebut berjalan lancar. Lebih dari 50 peserta mengambil bagian secara aktif. Tampil sebagai narasumber yakni, Korwas pada Dinas PK Kab. Ngada, Sabinus Acong, S.Pd., dan Korwil Soa, Lorensius Ware, S.Pd. (Novensius Filemon/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here