Songsong Hardiknas, MKKS SMA Ngada Gelar Berbagai Lomba  

0
144
Koordinator Pengawas SMA Kabupaten Ngada, Drs. Matias Sudin.

Bajawa, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka menyongsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Ngada menggelar berbagai lomba. Kegiatan tersebut berlangsung Selasa – Kamis, 5 – 7 April 2022.

Sebanyak 18 SMA baik negeri maupun swasta mengambil bagian dalam enam jenis mata lomba yang digelar di empat lokasi berbeda. Enam mata lomba tersebut yakni,  (1) Paduan Suara, Cipta dan Baca Puisi yang digelar di SMAN 1 Bajawa; (2) Solo Vokal Putra dan Putri di SMAK Regina Pacis Bajawa; (3) Debat Bahasa Inggris di SMAN 2 Bajawa; dan (4) Debat Bahasa Indonesia dan Karya Tulis Ilmiah di SMAN 1 Golewa.

Dalam arahannya ketika membuka kegiatan secara resmi, Koordinator Pengawas SMA Kabupaten Ngada, Drs. Matias Sudin, mengapresiasi wadah MKKS SMA Kabupaten Ngada yang telah menggelar berbagai lomba dalam ranga menyongsong Hardiknas tahun ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini akan menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki peserta didik.

“Dengan adanya kegiatan ini kita menumbuhkan dan mengembangkan potensi dan kemampuan anak. Anak perlu diberi ruang dan kita terus mendodong melalui kegiatan-kegiatan seperti ini. Dan perlu kita tumbuhkan rasa percaya diri pada anak, juga lebih sportif dalam ajang perlombaan ini,” ungkapnya dalam acara pembukaan yang digelar secara virtual di SMAN 1 Bajawa, Selasa (5/4/2022).

Ditegaskannya, dalam kegiatan seperti ini bukan sekadar juara yang diperebutkan. Lebih dari itu, terdapat nilai sportifitas dan berbagai nilai lainnya yang dapat menjadi bekal masa depan anak.

“Bukan sekadar kejuaraan yang diperebutkan tetapi ada nilai lebih, yaitu mempersiapkan anak di masa depan yang siap. Andaikan juara satu bisa lebih dari satu orang berarti penilaian saya, semua anak kita memperoleh juara satu semua. Oleh karena itu dari juri harus lebih pada nilai sportivitas yang perlu kita dedikasikan pada anak siswa-siswi sebagai generasi emas dan siap bersaing,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan, Hendrianto Emanuel Ndiwa, S.T., menjelaskan bahwa di bawah te,a “Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar”, kegiatan ini digelar dengan tujuan tujuan membangun dan menumbuhkan antusiasme dan motivasi bagi peserta didik yang berprestasi dalam bidang debat, cipta, baca dan seni.

Hendrianto Emanuel Ndiwa, S.T.

“Juga mendorong serta memperluas wawasan dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang secara efektif dan efesien baik dalam berbahasa Indonesia maupun dalam berbahasa Inggris serta melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan responsif terhadap perkembangan baik regional maupun internasional dan lebih matang dalam menapaki generasi emas yang gemilang. Juga memperkuat serta menumbuhkan karakter peserta didik yang sportif, berani, konsisten, serta bertanggung jawab dalam mengemban tugas,” jelas Emanuael yang adalah Kepala SMAK Regina Pacis Bajawa.

Adapun Dewan Juri perlombaan ini yakni, Dr. Nicolaus Noywuli, S.Pt., M.Si., Kristoforus Loko, S.Fil., dan Emanuel Djomba, S.Fil., untuk mata lomba Debat Bahasa Indonesia, Edelbertus Witu, S.S., M.Ed., Moses Jala, S.S., M.Ed., Alfonsius Kolo, S.Pd., dan Maria D. M. Maghi, S.Pd., M.A., untuk mata lomba Debat Bahasa Inggris.

Dewan Juri Solo Vokal Putra dan Putri yakni, Yuvensius Uwa, Oswald Piga, dan Samuel Keo. Dewan Juri Cipta dan Baca Puisi yakni, Drs. Sola Dominikus, Ludgardis Sebo, S.Pd., M.Pd., dan Maria Anjelin Idju Lalu. Dewan Juri Karya Tulis Ilmiah yakni, RD. Dr. Rofinus Neto Wuli, S.Fil., M.Si., Maria Yuliana Kua, S.Pd. M.Pd., dan Yohanes  Don Bosco Ponong, S.Pd. Sementara itu Pater Jhon Ghono, SVD., Agustinus Dhae, dan Yasinta Suwo didaulat sebagai Dewan Juri Paduan Suara. (Novensius Filemon/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here