Unipa Maumere Gelar Promosi Kampus di Flotim dan Lembata

0
161
Promosi Kampus Unipa Maumere di SMAN 1 Nubatukan, Sabtu (9/4/2022).

Lembata, SEKOLAHTIMUR.COM Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere menggelar kegiatan promosi kampus di wilayah Kabupaten Flores Timur dan Lembata. Kegiatan tersebut menyasar para peserta didik di tingkat akhir pada jenjang pendidikan menengah atas.

Hal itu disampaikan oleh Dosen Program Studi (Prodi) PGSD Unipa Maumere, Lukas Bera, S.Pd., M.M., kepada media ini saat berkunjung ke SMAN 1 Nubatukan, Sabtu (9/4/2022). Menurutnya, tersebut dilakukan langsung oleh para dosen guna memperkenalkan Unipa Maumere kepada para peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Upaya baik yang dilakukan adalah para dosen Unipa Maumere turun langsung ke berbagai Sekolah Menegah Atas (SMA) untuk mempromosikan Kampus Unipa sambil mengharapkan adanya ketertarikan peserta didik di Lembata untuk dapat mendaftarkan diri dan melanjutkan Pendidikan Tinggi (PT) di Unipa Maumere,” ujar Lukas.

Lebih lanjut, Kaprodi Pendidikan Fisika Unipa Maumere, Agustina Elisabeth, M.Pd., mengatakan bahwa dalam proses promosi tersebut, para dosen terbagi ke dalam beberapa kelompok untuk memperkenalkan 8 Fakultas dan 18 Prodi yang terdapat di Unipa Maumere.

“Para dosen juga menginformasikan masa pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 yang sudah buka pada Bulan Maret 2022 dan akan berlanjut sesuai terjadwal pada kalender kampus Unipa Maumere,” ujar Agustina.

Sementara itu Klaudia E. N. Bambut, M.Pd., dosen Pendidikan Kimia Unipa Maumere, mengungkapkan bahwa kegiatan promosi kampus tersebut mendapat respon positif dari pihak sekolah.

“Pihak sekolah memberikan kesempatan kepada tim untuk melakukan sosialisasi kepada peserta didik kelas XII serta menempelkan brosur Unipa Maumere pada papan pengumuman sekolah,” jelasnya.

Sasaran kegiatan promosi kampus tersebut, lanjutnya, menyebar di beberapa sekolah di Kabupaten Flores Timur dan Lembata, yakni SMAK Frateran Podor Larantuka, SMA PGRI Larantuka, SMK Suradewa Larantuka, SMK Teluk Hading Leworahang, SMKN 1 Watowiti Larantuka, SMAN 1 Titehena Lewolaga, SMKN 1 Witihama, SMKN 1 Ileboleng, dan SMA Muhammadiyah Waiwerang.

Promosi kampus juga dilakukan di SMK Suryamandala Waiwerang, SMAK Suryamandala Waiwerang, MAS Key Witihama, SMAN 1 Adonara Barat, SMAN 1 Nubatukan, SMAN 2 Nubatukan, SMAS PGRI Swasthika Lewoleba, SMAK ST. Mikhael Solor Barat, serta SMAN 1 Solor Barat.

Selayang Pandang Unipa Maumere

Pada kesempatan tersebut, Klaudia menjelaskan selayang pandang Unipa Maumere. Diuraikannya, nama “Nusa Nipa” adalah nama asli dari pulau Flores yang artinya “Pulau Ular”. Secara operasional, Universitas Nusa Nipa berjalan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69/D/O/2005 tanggal 26 Mei 2005 dengan 6 Fakultas dan memiliki 13 program studi yaitu Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (S-1 Keperawatan dan d-3 Keperawatan), Fakultas Teknik(Teknik Informatika, Teknik Sipil, dan Teknik Arsitektur), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan(Teknologi Perikanan), Fakultas Pertanian (Agribisnis dan Agroteknologi), Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (Psikologi dan Ilmu Komunikasi), Fakultas Ekonomi (Akuntansi dan Manajemen), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Biologi, FKIP Kimia, FKIP Fisika, FKIP Bahasa Inggris, dan PGSD).

Tim dosen Unipa Maumere: Lukas Bera (tengah), Agustina Elizabeth (kanan), dan Klaudia Bambut (kiri).

Moto Universitas Nusa Nipa adalah Berwawasan Universal dan Berkiprah Nasional dengan semboyan Non Scholae Sed Vitae Discimus yang artinya: “Kita belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup”. Moto tersebut bermakna bahwa Universitas Nusa Nipa membentuk pendidikan untuk kepentingan universal artinya dapat memenuhi kebutuhan regional dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan nasional.

Artinya Universitas Nusa Nipa berupaya melaksanakan pendidikan dalam rangka mencerdaskan dan mendidik mahasiswa agar terampil sehingga mampu berkarya untuk keadaan sekarang dan keadaan masa depan serta sekaligus dapat merupakan penghubung antara dunia ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan kebutuhan nyata masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional bahkan bukan hanya untuk kepentingan sekolah tetapi belajar untuk hidup.

“Ciri khas sistem pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan Universitas Nusa Nipa bertitik berat pada tujuan pendidikan nasional, yakni meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan, dan cinta tanah, air agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atau pembangunan bangsa,” pungkasnya. (Rofinus Roning/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here