Kadis PK TTS Pantau US di SDI Tubuhu’e

0
285
Kadis PK TTS pose bersama kepala sekolah dan para guru SDI Tubuhu'e.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis PK) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Dominggus Banunaek, S.E., M.Si., memantau pelaksanaan Ujian Sekolah (US) yang diikuti peserta didik kelas VI di SDI Tubuhu’e, Desa Tubuhu’e, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten TTS, Selasa (10/5/2022).

Kepada media ini, Dominggus Banunaek menyampaikan bahwa pada tahun pelajaran 2021/2022 Ujian Sekolah (US) dilaksanakan secara serentak Senin – Kamis, 9 – 12 Mei 2022. Khusus untuk di Kabupaten TTS jumlah Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta yang menyelenggarakan ujian sebanyak 540 satuan pendidikan.

“Untuk tahun pelajaran 2021/2022 ini seluruh SD yang ada di TTS itu sebanyak 540 sekolah baik itu sekolah negeri maupun swasta. Semuanya menyelenggarakan hal yang sama yaitu ujian sekolah. Dalam pelaksanaan ujian sekolah ini kami dari pihak dinas juga tidak melepas sekolahan untuk melakukan ujian sendiri tetapi semua ini melalui sebuah koordinasi yang bisa dipantau dan dikontrol baik dalam persiapan soal-soal terutama persiapan terhadap para peserta didik,” ungkap Dominggus.

Kadis PK TTS memantau secara langsung pelaksanaan US di SDI Tubuhu’e.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua SD yang melaksanakan Ujian Sekolah (US). Dalam pantauannya, ujian pada semua sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Selaku Kadis PK saya menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah dan juga para guru yang ada di satuan pendidikan dasar karena semuanya telah menyelenggarakan ujian sekolah (US) ini dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut Dominggus mengakui, kualitas peserta didik pada dua tahun belakangan ini berbeda dari sebelumnya diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Proses pembelajaran, jelasnya, tidak berjalan secara normal sehingga kita mengalami kemunduran dalam proses pelaksanaan KBM di sekolah.

“Dengan kemunduran proses pembelajaran yang ada ini maka diharapkan agar semua kepala sekolah dan juga para guru yang ada harus terus berupaya untuk meningkatkan mutu peserta didik melalui program kejar mutu yang telah dicetuskan oleh Kemendikbudristek. Para guru tidak boleh lengah dengan situasi dan kondisi yang ada tetapi harus memiliki keinginan yang dalam melayani para peserta didik,” pungkasnya.

Erna Nubatonis, S.Pd.

Sementara Kepala SDI Tubuhu’e, Erna Nubatonis, S.Pd., kepada media ini menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian sekolah (US) pada tahun pelajaran 2021/2022 ini diikuti oleh 31 peserta didik yang dibagi dalam dua ruang kelas. Pelaksanaan ujian sekolah yang dijadwalkan akan berlangsung selama lima hari yakni Senin – Jumat, 9 – 13 Mei 2022.

“Selaku kepala sekolah saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS yang hari ini mengunjungi dan melakukan pemantauan kepada kami di SDI Tubuhue ini. Sementara untuk peserta didik yang mengikuti ujian tahun ini ada 31 orang yang terbagi dalam 2 ruang ujian,” jelasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini, jumlah keseluruhan peserta didik di SDI Tubuhu’e sebanyak 135 orang. Sementara tenaga pendidik sebanyak 8 orang dengan rincian 4 orang berstatus guru PNS sementara 4 orang lainnya merupakan guru honorer. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here