Puluhan SMA/SMK se-Kota Kupang Ikuti Pensi Hardiknas

0
80
Penampilan dari salah satu sekolah dalam Pentas Seni di Taman Budaya Gerson Poyk, Rabu (11/05/2022)

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR. COM – Lebih dari 30 SMA dan SMK se-Kota Kupang ikut ambil bagian dalam Pentas Seni (Pensi) dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022. Pentas Seni bertema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar” tersebut digelar pada Rabu (11/05/2022) di Taman Budaya Gerson Poyk Kupang.

Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Hendrina S. Laiskodat, SP., M.Si., mengungkapkan bahwa pentas seni merupakan wadah bagi para siswa dan guru untuk mengekspresikan bakat serta talentanya. Ia melanjutkan, orang dapat hidup dengan talentanya dalam bidang kesenian.

“Kalau kita belajar tentang kecerdasan, dulu semasa saya sekolah orang yang pintar Matematika, Bahasa Inggris itu selalu dipuji. Tapi di hari ini kecerdasan seni budaya juga punya tempat di sini. Jadi jangan kwatir anak-anak yang punya bakat seni, karena ada orang yang hidup dari seni,” ujar Hendrina.

Selanjutnya ia mengharapkan agar generasi muda memiliki kepercayaan diri yang besar untuk menunjukan kemampuan mereka dan punya jiwa sportif dalam berkompetisi yang mampu bersaing secara sehat.

“Dalam momen-momen seperti ini, anak-anak harus dibiasakan. Mulai sejak dini, anak-anak harus punya jiwa percaya diri, harus sportif dan  punya jiwa kompetisi yang sehat yang dapat dicapai dengan belajar yang giat. Dan itulah makna diadakannya pentas seni hari ini,” pungkasnya.

Sementara itu dalam laporan kepanitiaan, Kabid Dikmen Dinas PK NTT, Ayub Sanam, S.Pd., menyampaikan bahwa seni adalah bagian penting dalam pendidikan. Lanjutnya, melalui seni siswa dapat mengenal beragam kebudayaan dan adat istiadat.

“Seni adalah salah satu kreativitas yang patut kita kembangkan di dunia pendidikan. Oleh karena itu Dinas PK bersama dengan MKKS SMA dan SMK se-Kota Kupang merasa perlu untuk melakukan kegiatan pentas seni bagi para siswa, guru dan pegawai agar kita mencintai budaya kita,” tandas Ayub Sanam.

Ayub Sanam menambahkan, kegiatan pentas seni dapat membentuk karakter siswa yang berakar pada nilai-nilai tradisi yang berbudaya, memupuk kreativitas yang kompetitif, memperkenalkan potensi serta keterampilan dan menjadi hiburan bagi warga sekolah sekaligus masyarakat Kota Kupang.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun karakter bangsa, khususnya membangun karakter generasi muda NTT. Dengan pendalaman jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada kebudayaan. Lalu, memberi kesempatan kepada para siswa untuk selalu meningkatkan kreativitas sekaligus mengembangkan sikap kompetitif, mengembangkan bakat dan minat dalam bidang seni sekaligus sebagai sarana promosi potensi dari peserta didik, membangun hubungan antara guru dan peserta didik melalui karya-karya seni dan sebagai sarana hiburan bagi guru, siswa dan masyarakat kota kupang,” urainya. (Yosi Bataona/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here