Asah Potensi Peserta Didik, SMPN 1 Amanatun Selatan Gelar Berbagai Lomba

0
363
Asah Potensi Peserta Didik, SMPN 1 Amanatun Selatan Gelar Berbagai Lomba.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Untuk mengasah potensi yang dimiliki setiap para peserta didik, SMP Negeri 1 Amanatun Selatan yang berlokasi di Desa Oinlasi, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten TTS menggelar berbagai lomba pada Senin – Jumat, 6 – 10 Juni 2022.

Kepala SMP Negeri 1 Amanatun Selatan, Martince N. R. Ottu, S.Pd., yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/6/2022) kepada media ini menyampaikan bahwa guna meningkatkan bakat dan minat para peserta didik, pihak sekolah wajib mengadakan berbagai ekstrakurikuler untuk menggali setiap potensi yang dimiliki.

“Dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik sesuai bakat dan minat masing-masing, kami dari pihak sekolah mengadakan berbagai mata lomba yang dilombakan kepada peserta didik. Setiap mata lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Jenis lomba yang diadakan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah ini, karena untuk menggali setiap potensi yang ada dalam diri peserta didik wajib hukumnya sekolah mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler,” ungkapnya.

Martince Ottu.

Ia menguraikan, berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dilombakan di antaranya, Lomba 4 Pilar Kebangsaan, Futsal, Voli, Karate, Lomba Estafet Tepung Terigu, Lomba Gigit Sendok, Lomba Giring Bola Plastik, Tarik Tambang, dan Tenis Meja. Setiap mata lomba yang digelar diikuti oleh semua peserta didik termasuk para guru dan pegawai yang ada.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler yang selama ini sudah jalan dan juga dilombakan maka selaku kepala sekolah berharap setiap kegiatan yang ada membawa dampak yang positif bagi peserta didik dan juga para tenaga didik yang ada,” tandasnya.

Ketua Komite SMP Negeri 1 Amanatun Selatan, Chornelis Kase, kepada media ini menyampaikan bahwa pihak komite dan juga orang tua/wali peserta didik merasa sangat senang dengan kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Selain proses KBM di kelas, ada banyak kegiatan ekstrakurikuler yang ada sehingga dapat mengasah keterampilan anak-anak kami.

“Jujur kami sangat senang karena anak-anak kami bukan saja fokus kepada pengetahuan semata  tetapi keterampilan peserta didik juga dikembangkan. Karena itu kami selaku komite dan juga orang tua menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yaitu kepala sekolah dan semua guru yang ada,” tuturnya.

Chornelis juga memberikan apresiasi kepada kepala sekolah karena menurutnya sejak kepemimpinan Martince Ottu, banyak terobosan yang dibuat baik di lingkungan sekolah maupun terhadap para peserta didik yang ada.

Chornelis Kase.

“Kepemimpinan kepala sekolah yang sekarang ini sangat baik dan kreatif. Sarena itu selaku ketua komite saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan siap untuk memberikan dukungan terkait hal-hal baru yang akan dibuat demi peningkatan kompetensi para peserta didik baik kegiatan intrakurikuler maupun berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Karena yang kami lihat kepemimpinan kepala sekolah ini dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala sekolah ini bukan mengandalkan otak tetapi benar-benar memimpin dengan hati,” urainya.

Chornelis juga berharap kegiatan ekskul semacam ini selain di sekolah, bisa diikutsertakan atau dibuatkan kegiatan perlombaan di tingkat kecamatan sehingga kemampuan peserta didik yang ada harus terus diasah dan mereka siap untuk tampil kapan dan di mana saja. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here