SMAN 1 Mollo Selatan Gelar Pensi & Canangkan Pasar Wirausaha Sekolah

0
379
Pose bersama Pengawas Binaan, Kepala Sekolah dan para Guru SMAN 1 Mollo Selatan.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Untuk meningkatkan bakat dan minat peserta didik sesuai kompetensi yang dimiliki, SMA Negeri 1 Mollo Selatan menggelar Pentas Seni (Pensi) dan Pencanangan Pasar Wirausaha Sekolah. Kegiatan ini digelar pada Sabtu (25/6/2022) di sekolah setempat yang berlokasi di Jalan Jurusan Kapan, Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten TTS.

Pengawas Binaan SMA Negeri 1 Mollo Selatan, Jeremias Pelle, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan semua tenaga pendidik yang ada karena mampu untuk mengubah wajah SMA Negeri 1 Mollo Selatan dengan berbagai terobosan yang ada.

“Kegiatan yang digelar ini sangat luar biasa. Ini merupakan ajang kreatif, inspiratif, kolaboratif serta berpikir kritis untuk membuat anak-anak lebih kreatif dalam belajar sehingga mampu mendorong para peserta didik di bidang akademik maupun keterampilan,” ungkapnya.

Ia menilai bahwa Pasar Wirausaha SMA Negeri 1 Mollo Selatan yang dibuka telah memberikan contoh yang baik karena mendukung para peserta didik untuk berwirausaha. Pasalnya sekarang, jelas Jeremias, bukan hanya  SMK yang memiliki program kewirausahaan tetapi juga SMA.

“Karena itu diharapkan agar Pasar Wirausaha Sekolah yang ada ini mampu memberi motivasi kepada semua peserta didik dan juga masyarakat sekitar,” tuturnya.

Pentas Seni SMAN 1 Mollo Selatan.

Dirinya juga mengapresiasi SMA Negeri 1 Mollo Selatan karena setiap lahan sekolah yang ada dimanfaatkan untuk ditanami sayuran dan tanaman lainnya. Ia juga berharap agar Pasar Wirausaha Sekolah yang telah dicanangkan itu tetap berlanjut ke depan sehingga kreativitas peserta didik yang ada dapat dikembangkan agar menjadi bekal bagi mereka suatu kelak.

Camat Mollo Selatan, Jan P. Mella, S.Tp. , M.Si., dalam sambutannya juga memberikan apresiasi kepada kepala SMA Negeri 1 Mollo Selatan dan para guru yang ada. Menurutnya kegiatan yang digelar tersebut memberi dampak positif bagi warga sekolah itu sendiri dan juga warga masyarakat di sekitarnya.

“Kegiatan yang digelar oleh SMA Negeri 1 Mollo Selatan ini sangat luar biasa dan sangat memberi perhatian bagi masyarakat terkhususnya di Kecamatan Mollo Selatan ini. Karena itu kami dari Pemerintah Kabupaten TTS khususnya Pemerintah Kecamatan Mollo Selatan sangat mendukung setiap gebrakan dari SMA Negeri 1 Mollo Selatan ini, apalagi saya sendiri merupakan alumni dan angkatan pertama di SMA Negeri 1 Mollo Selatan ini,” tandasnya.

Pasar Wirausaha SMAN 1 Mollo Selatan.

Kepala SMA N 1 Mollo Selatan, Nigers Ferdinand Nau, S.Pd., M.Sc., kepada awak media menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar merupakan sebuah program yang dilaksanakan untuk mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi NTT yakni vokasi sekolah.

“Kaitan dengan itu maka kami pihak SMA Negeri 1 Mollo Selatan terus berupaya untuk mengembangkan wirausaha sekolah dengan menggali potensi, bakat dan minat dari semua peserta didik yang ada sehingga salah satu hal yang perlu diadakan yaitu Pasar Wirausaha Sekolah yang mana melalui wadah ini para peserta didik mempromosikan dan menjual hasil produk peserta didik. Oleh karena itu yang sudah dilakukan di SMA negeri 1 Mollo Selatan ini adalah memanfaatkan setiap sudut atau halaman sekolah yang ditanami berbagai sayuran dan hasilnya pun juga telah dinikmati oleh semua peserta didik dan para wali kelas dan para guru  yang ada. Selain sayuran juga ada pemeliharaan ikan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, program tanam sayuran ini juga membantu para peserta didik terkait dengan biaya sekolah. Banyak peserta didik yang membiayai sekolah dengan hasil penjualan dari tanam sayur.

Nigers Ferdinand Nau.

Sementara itu terkait dengan kegiatan Pentas Seni, dirinya menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan perdana di sekolah. Pasalnya sejak berdiri, SMA Negeri 1 Mollo Selatan belum pernah mengadakan Pentas Seni.

“Ini ruang besar yang diberikan kepada peserta didik untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki khususnya di bidang seni. Karena itu kegiatan seni ini juga akan diadakan setiap akhir semester. Karena itu kami selaku Kepala sekolah dan guru memberikan apresiasi kepada semua peserta didik yang ada karena semua kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here