SMAS Sta. Familia Sikumana Gelar MPLS

0
95
Kepala SMAS Sta. Familia, Sr. Maria Angela Rosa, PRR., pose bersama peserta MPLS.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR. COM – SMA Swasta Sta. Familia Sikumana Kupang menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi 20 peserta didik baru tahun ajaran 2022/2023. MPLS bertema “Menggali Kebaikan, Potensi Diri, dan Membentuk Pribadi yang Cerdas” tersebut berlangsung pada Senin – Rabu, 18 – 20 Juli 2022 di sekolah setempat.

Kepala SMAS Sta. Familia, Sr. Maria Angela Rosa, PRR., menuturkan, kegiatan MPLS tersebut menjadi langkah awal bagi sekolah untuk mengenal potensi diri dari peserta didik yang baru dan keinginan orang tua mereka dengan pendekatan baru melalui wawancara yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Kami meyakini bahwa anak-anak ini memiliki kemampuan dan potensi di dalam diri masing-masing, dan kesempatan ini kita memfasilitasi mereka untuk menggali dan memberi peluang untuk mengembangkan potensi diri demi kemajuan serta cita-cita mereka sendiri,” ungkap Sr. Angela ketika ditemui media ini, Selasa (19/07/2022) di sekolah setempat.

“Jadi MPLS ini satu langkah awal untuk menggali dan menampung, melalui wawancara dan kegiatan-kegiatan sederhana yang kami buat, dan melalui wawancara kami juga bisa mengenal arah minatnya dan harapan orangtua bagi cita-cita mereka, sehingga kami tidak melakukannya seperti tes di tahun kemarin melainkan langsung mengenal mereka melalui wawancara tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sr. Angela mengungkapkan, keterlibatan dan kerja sama yang baik antara semua satuan pendidikan, secara khusus keikutsertaan OSIS dalam menyusun kegiatan-kegiatan sebagai upaya membina keakraban adalah tujuan dari dari kegiatan MPLS tersebut.

“Panitianya itu terdiri dari kepala sekolah, para guru dan pegawai serta pengurus OSIS. Kemudian rancangan kegiatan yang merupakan hasil rapat bersama dan kerjasama yang baik itu yang kami jalankan dalam kegiatan MPLS ini. Saya melihat bahwa pengurus OSIS sangat terlibat aktif dan kegiatan-kegiatan yang mereka rancang mampu membawahi adik-adik dengan baik. Dengan itu maka, tujuan dari kegiatan ini untuk membina keakraban, visi-misi dan pengenalan dapat berlangsung sesuai harapan kami bersama,” terangnya.

Sr. Angela menambahkan, meski sekolah tersebut masih baru dan dalam proses pembenahan, tetapi ada hal yang menjadi ciri khas yakni, doa bersama setiap pagi sebelum melakukan proses belajar mengajar. Itulah yang menjadi keunggulan serta ketertarikan banyak orang tua untuk menyekolahkan anaknya.

“Ini kesan dari beberapa orang tua, komite dan beberapa undangan yakni korwas, pengawas, Depak dan Komisi III Ibu Lili saat ulang tahun sekolah yakni, sekolah ini adalah sekolah Katolik dan kedisiplinan untuk melakukan doa pagi serta membacakan firman yang menjadi kekuatan dan pijakan hidup untuk melakukan segala aktivitas termasuk proses pembelajaran. Ini kebiasaan yang baik dan harus tetap dipertahankan, karena kami orang tua selalu mengajarkan anak kami untuk berdoa pagi setiap hari dan suster lakukan ini di sekolah,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, SMAS Sta. Familia memiliki target capaian pada semester ini yang terangkum dalam pengembangan literasi, pembinaan pembelajaran sesuai kompetensi masing-masing guru, dan meningkatkan keterampilan peserta didik melalui karya-karya yang kreatif serta inovatif. (Yosi Bataona/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here