Tingkatkan Kompetensi Guru, SMPN 1 Soe Gelar MGMP

0
172
Pembukaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMPN 1 Soe, Kamis (21/7/2022).

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Guna meningkatkan kompetensi guru dalam memasuki tahun pelajaran baru 2022/2023, SMP Negeri 1 Soe menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada Kamis – Jumat, 21 – 22 Juli 2022 di sekolah setempat. MGMP ini mencakup Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Penyusunan Perangkat Ajar, dan Asesmen Berbasis IT.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Dominggus J. O. Banunaek, S.E., M.Si., dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada pihak SMP Negeri 1 Soe  yang menggelar kegiatan MGMP tersebut. Ia pun berharap agar para guru dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik.

“Selaku kepala dinas saya memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan juga semua guru yang ada karena cepat merespon setiap perkembangan yang ada terutama dalam kurikulum merdeka ini. Kegiatan MGMP ini yang bisa memfasilitasi para guru dalam implementasi kurikulum merdeka ini, karena itu saya mengimbau kepada semua guru yang ada agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” ungkap Dominggus yang saat itu didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP/MTs Dinas PK Kabupaten TTS, David Mbolik.

Kadis PK Kab. TTS, Dominggus Banunaek ketika menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Soe, Omarmi I. Liu, S.Pd., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan MGMP tersebut digelar dalam rangka mempersiapkan para guru dalam penerapan implementasi kurikulum merdeka dimana SMPN 1 Soe memilih mandiri belajar dalam implementasi kurikulum merdeka.

“Untuk penerapan implementasi kurikulum merdeka ini kami di SMP Negeri 1 Soe memilih mandiri belajar, karena itu kegiatan ini juga untuk pembekalan bagi semua tenaga pendidik yang ada,” tuturnya.

Terkait akun belajar.id, Omarmi Liu menuturkan bahwa semua tenaga pendidik yang ada di SMP Negeri 1 Soe sudah menggunakannya karena itu sangat memudahkan para guru dalam proses pembelajaran.

“Untuk semua guru yang berjumlah 61 orang di SMP Negeri 1 Soe ini sudah aktifkan Akun belajar.id, dari 61 guru itu hanya tersisa dua orang saja sementara 59 guru yang ada menggunakan dan bahkan sudah masuk dalam platform merdeka mengajar (PMM). Karena itu dengan adanya kegiatan ini bisa saling sharing dengan para narasumber yang ada terkait dengan implementasi kurikulum merdeka ini,” jelasnya.

Dirinya berharap penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tersebut dapat berjalan dengan baik sehingga ke depan bisa melangkah lebih jauh lagi.

Kepala SMPN 1 Soe dan Ketua Panitia MGMP.

“Pada tahun ini kami memilih mandiri belajar,  karena itu selaku kepala sekolah saya berharap agar penerapan implementasi kurikulum merdeka dengan mandiri belajar ini dapat berjalan dengan baik sehingga ke depan bisa melangkah lebih jauh lagi. Saya juga optimis bahwa untuk SDM para guru di sekolah ini tidak diragukan, tetapi dengan adanya kegiatan ini minimal ada sharing agar semua bisa maju bersama,” tandasnya.

Ketua Panitia MGMP SMPN 1 Soe, Yane Sae, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan MGMP yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh 61 guru. Sementara hadir sebagai narasumber yakni, Pengawas Binaan SMP Negeri 1 Soe, Drs. Yoram Nakamnanu, M.M., dan Koordinator Pengawas (Korwas) Dinas PK Kabupaten TTS, Yunus Misa, S.Pd. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here