SMPK Frater Maumere Gelar Apel Pembukaan Tahun Ajaran 2022/2023

0
106

Sikka, SEKOLAHTIMUR.COM – SMP Katolik Frater Maumere menggelar apel pembukaan tahun ajaran 2022/2023 pada Kamis (21/72022) pagi di sekolah setempat.  Apel tersebut dihadiri oleh kepala sekolah, para wakasek, guru, pegawai, karyawan, peserta didik, dan utusan orang tua/wali.

Dalama sambutannya, Kepala SMP Katolik Frater Maumere, Frater M. Sebastianus, BHK, S.Ag, M.M., menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung bagi perserta didik baru. Ia pun berharap agar peserta didik baru segera beradaptasi dengan suasana baru di sekolah dan mampu belajar dengan baik.

“Manfaatkan berbagai fasilitas dan sumber belajar yang telah tersedia di sekolah ini, untuk perkembangan dan kemajuan pendidikan Anda. Sekolah juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, pengembangan diri, dan pembinaan prestasi akademik dan nonakademik, yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang anda miliki serta untuk menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan dan kecakapan hidup lainnya,” ungkapnya.

Karena itu, lanjutnya, keaktifan, kedisiplinan dan ketekunan dalam mengikuti berbagai  kegiatan sekolah tersebut merupakan hal yang wajib dilaksanakan. Selain itu ketertiban dan kepatuhan dalam mentaati peraturan dan tata tertib sekolah merupakan kewajiban yang harus dipatuhi karena akan sangat membantu dalam seluruh proses pendidikan.

“Jika Anda melaksanakan dengan penuh kesadaran dan bertanggung jawab maka Anda akan mengalami bahwa peraturan dan tata tertib sekolah itu telah menuntunku, membimbingku, mengarahkanku untuk menjadi yang terbaik bagi hidupku, bagi tugas belajarku, dan bagi masa depanku,” tandasnya.

Sementara itu bagi peserta didik kelas VIII dan IX, Frater Sebastianus meminta agar menjadi panutan bagi adik-adik anda kelas VII. Hal itu dapat ditunjukkan dalam segala hal mencakup kedisiplinan, ketertiban, kerapian, kebersihan, keaktifan, kepedulian dan juga berbelarasa sesuai dengan moto sekolah.

Untuk bapak/ibu guru dan pegawai. Inilah anak-anak kita, peserta didik yang baru. Mereka datang dengan membawa pelbagai perbedaan, namun mereka dipersatukan dalam harapan, impian dan cita-cita. Mereka ingin menatap harapan itu dari tempat ini, Mereka ingin memulai dan mewujudkan impian itu dari taman pendidikan ini. Mereka ingin meraih cita-cita itu mulai dari tempat ini. Dari tempat ini mereka akan menjemput masa depan yang gemilang,” lanjut Frater Sebastianus.

“Karena itu layanilah mereka dengan sepenuh hati, penuh ketulusan, keikhlasan, pengabdian dan tanggungjawab. Dedikasikan diri dan ilmu untuk kepentingan generasi muda ini.  Bimbinglah, arahkan dan antarkan mereka kepada  tujuan hidup mereka masing-masing, seturut amanat dan harapan yang mulia Mgr. Andreas Ignatius Schaepman, pendiri kongregasi FBHK, pemilik lembaga pendidikan ini,” tandasnya.

Bonus Atlet Berprestasi

Sebelum apel bendera ditutup, Kepala SMP Katolik Frater Maumere, Frater M. Sebastianus, BHK, S.Ag, M.M., menyerahkan bonus kepada beberapa atlet berprestasi. Bonus tersebut berupa berupa uang pembinaan kepada 3 atlet karate Sotokai peraih medali emas, dan 4 orang peraih medali emas, perak dan perunggu lomba renang tingkat provinsi yang digelar di Lantamal Kupang beberapa waktu lalu.

Salah satu orangtua/wali yang hadir pada kesempatan tersebut, Ibu Ari Sute, mengungkapkan kebanggaannya sebagai alumni SMPK Frater Maumere. Pelatih bela diri Sotokai dan ASN pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sika ini pun memberikan motivasi bagi peserta didik agar mencapai prestasi khususnya menjadi atlet dalam bidang apa saja.

“Menjadi atlet di bidang apa saja harus disiplin, loyal, dan ulet, maka kamu akan menjadi orang berprestasi yang hebat. Saya menjadi sorang pegawai negeri karena karate ini. Ikutilah dengan baik jika kalian mengikuti sebuah kelompok latihan. Tahun ini saya sendiri menjadi pelatih Sotokai untuk ranting SMPK Frater,” tuturnya. (Adrianus Bareng, S.Pd./rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here