Rayakan HUT RI & HUT Sekolah, SMPN 2 Soe Gelar Pensi

0
319
Pose bersama Kepala SMPN 2 Soe dan para guru.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia dan HUT ke-43 SMP Negeri 2 Soe, pihak sekolah menggelar Pentas Seni (Pensi) pada Jumat (19/8/2022) di pelataran sekolah setempat. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Dominggus J. O. Banunaek, S.E., M.Si., yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP/MTs, Drs. David Mbolik.

Dalam sambutannya, David Mbolik memberikan apresiasi kepada Kepala SMP Negeri 2 Soe dan para guru yang telah berinisiatif menggelar kegiatan pentas seni tersebut. Ia menilai, kegiatan tersebut bernilai positif.

“Kegiatan pentas seni yang diselenggarakan oleh SMP Negeri 2 Soe ini merupakan hal yang sangat positif. Karena itu kami dari pihak dinas memberikan apresiasi karena dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan bakat dan minat para peserta didik, juga upaya dalam pembentukan karakter para peserta didik. Selain itu juga dapat mempertahankan kembali nilai-nilai budaya yang terpelihara selama ini,” ungkapnya.

David juga mengimbau kepada semua sekolah untuk melakukan kegiatan yang sama. Menurutnya, kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler khususnya di bidang seni sangat bermanfaat.

“Kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan terus memberikan dukungan kepada semua sekolah untuk menggelar kegiatan ekstrakurikuler, karena kegiatan ekstrakurikuler ini untuk pengembangan bakat dan minat peserta didik, dan hari ini SMP Negeri 2 Soe sudah mulai dengan  menggelar pentas seni. Ini merupakan hal yang sangat positif yang perlu dikembangkan,” tandasnya.

Kepala SMP Negeri 2 Soe, Edison M. S. Boimau, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka HUT RI dan HUT sekolah, pihaknya menggelar kegiatan pentas seni dengan tujuan untuk meningkatkan bakat dan minat peserta didik.

“Kegiatan pentas seni ini kami laksanakan dalam rangka membangkitkan dan mendukung kreativitas dan jiwa seni para peserta didik di SMP Negeri 2 Soe. Pengembangan seni juga melatih para peserta didik untuk memiliki karakter yang baik guna mewujudkan dan mencerminkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila,” ujarnya.

Edison M. S. Boimau, S.Pd.

Edi Boimau juga menyampaikan bahwa kegiatan pentas seni merupakan kegiatan perdana yang digelar oleh SMP Negeri 2 Soe, yang juga merupakan wujud nyata dari kerja sama antara pihak sekolah dengan Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi).

Ia juga menyampaikan terima kasih kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi), para guru, orang tua/wali, dan semua stakeholder yang telah memberikan dukungan bagi pihak sekolah dalam terselenggaranya kegiatan tersebut.

Ke depan, dirinya meminta dukungan semua pihak termasuk dalam kegiatan ekstrakuriuler sekolah. Khusus kepada orang tua/wali ia meminta agar memberikan ruang kepada anak-anak untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Ketua Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi), Marianus Seong Ndewi, S.Pd., M.M., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah membangun kerja sama dengan Yaspensi. Ia menyampaikan terima kasih kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS yang telah memberikan ruang kepada Yaspensi untuk membangun kerja sama dengan sekolah-sekolah dalam upaya pembentukan karakter peserta didik melalui pengembangan bakat dan minat.

“Mewakili semua tim yang ada di Yaspensi, kami menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, pihak SMP Negeri 2 Soe, dan sekolah lain yang telah membangun kerja sama dengan kami guna meningkatkan bakat dan minat peserta didik melalui seni,” ungkapnya.

Rian juga menyampaikan bahwa di Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (YaspensiI) ada tiga divisi utama yaitu divisi Kepustakaan, divisi Seni, dan divisi Riset dan Teknologi.

“Kami di Yaspensi ada tiga divisi yaitu divisi Kepustakaan yang fokusnya pada pendampingan dan pengembangan bakat dan minat melalui literasi baca tulis, pendampingan penulisan karya ilmiah. Sementara di divisi Seni fokus pada pembentukan karakter para peserta didik dan juga  pengembangan bakat dan minat melalui Seni. Selain itu juga ada divisi Riset dan Teknologi,” jelasnya.

Ketua panitia kegiatan, Mad Arifuddin, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan pentas seni yang digelar oleh pihak sekolah itu dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan juga HUT ke -43 SMP Negeri 2 Soe.

“Kegiatan pentas seni yang kami gelar ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia dan juga Hari Ulang Tahun ke-43 SMP Negeri 2 Soe. Kegiatan ini juga merupakan hasil kerja sama antara kami SMP negeri 2 Soe dengan Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi) yang semenjak bulan Februari lalu mendampingi anak-anak kami dalam pengembangan bakat dan minat melalui seni,” ujarnya.

Pantauan media ini dalam kegiatan tersebut ditampilkan Sendratari berudul “Merdeka Belajar”. Selain itu juga ada penampilan tari tradisional, vokal grup, solo, pembacaan puisi, dan kegiatan seni lainnya. Rangkaian kegiatan pentas seni tersebut diawali dengan ibadah syukur bersama. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here