Bentuk Karakter Anak melalui Pramuka, Kwarran Kecamatan Kolbano Gelar Perjusami

0
156
Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu (Perjusami) pada Jumat – Minggu, 7 – 9 Oktober 2022 di SD Negeri Toifau, Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Guna  membentuk karakter, jiwa kepemimpinan dan kedisiplinan serta meningkatkan rasa kecintaan para peserta didik tentang pentingnya pendidikan melalui gerakan Pramuka, Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu (Perjusami). Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat – Minggu, 7 – 9 Oktober 2022 di SD Negeri Toifau, Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS.

Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Kolbano, Samuel Doris Benu, menyampaikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sangat penting untuk ada dan dilakukan karena banyak manfaat yang diperoleh yakni, membentuk karakter para peserta didik untuk memiliki jiwa kepemimpinan, disiplin, dan memupuk rasa gorong royong serta hal positif lainnya.

Samuel Doris Benu

“Kegiatan Perjusami yang digelar ini sangat baik karena dapat meningkatkan pemahaman peserta didik untuk memiliki rasa tanggung jawab terkait dengan pendidikan dan juga masa depan mereka. Di sini juga melibatkan para orang tua dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran para orang tua terkait pentingnya pendidikan untuk menyekolahkan anak-anak karena pendidikan merupakan jembatan untuk melakukan segala sesuatu dengan penuh tanggung jawab,” ungkapnya.

Kepala UPTD SD Negeri Toifau, Yefri Maksen Banamtuan, menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah berinisiatif untuk menggelar kegiatan Perjusami di sekolahnya. Menurutnya kegiatan tersebut sangat positif karena dapat membentuk karakter para peserta didik, juga menyadarkan para orang tua tentang pentingnya pendidikan.

Yefri Maksen Banamtuan

“Selaku tuan rumah, saya menyampaikan terima kasih kepada panitia yang memilih lokasi SD Negeri Toifau untuk kegiatan Perjusami ini. Dengan kegiatan ini saya berharap agar para orang tua juga memberikan dukungan kepada anak-anak untuk terlibat dalam segala kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah salah satunya yaitu Pramuka karena bisa membentuk karakter anak-anak untuk memiliki tanggung jawab. Saya juga berharap kegiatan ini dapat memotivasi para orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi nanti,” jelasnya.

Sementara itu Majelis Pembimbing Gugus, Charles R. S. Nabunome, S.Pd., menyampaikan bahwa upaya membentuk karakter para peserta didik agar kreatif dan inovatif harus dibarengi dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya yaitu Pramuka. Gerakan Pramuka, tandasnya, bisa membentuk karakter para peserta didik untuk berani, memiliki jiwa kepemimpinan, dan memiliki rasa tanggung jawab.

“Kegiatan pembelajaran formal di ruang kelas harus juga didukung dengan ekstrakurikuler agar mendorong para peserta untuk berkreasi dalam meningkatkan bakat dan minat yang dimiliki, selain itu juga untuk membentuk para peserta didik untuk memiliki karakter yang baik,” ujarnya.

Charles menambahkan, kegiatan Perjusami yang digelar tersebut melibatkan 150 anggota pramuka yang bergabung yaitu Gudep 157, 158 Pantai Selatan yang pesertanya berasal dari 3 sekolah yaitu SMTK Manekat Sei, SMP Negeri Sei dan SD Negeri Toifau.

“Kegiatan Perjusami ini diikuti oleh 150 orang yaitu dari Gudep 157, 158 Pantai Selatan. Kegiatan ini juga melibatkan 3 sekolah yaitu SMTK Manekat Sei, SMP Negeri Sei, dan SD Negeri Toifau. Dengan adanya kegiatan ini saya berharap dapat meningkatkan semangat para peserta didik untuk lebih giat dalam belajar untuk mempersiapkan diri mereka dalam meraih cita-cita yang diharapkan ke depan,” pungkas Charles yang juga Kepala SMTK Manekat Sei. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here