Kunker ke Sumba Barat, Gubernur NTT Dorong Pemberdayaan Masyarakat Desa

0
76
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam Rapat Kerja Bersama Para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumba Barat pada Senin (10/10/2022).

Sumba Barat, SEKOLAHTIMUR.COM – Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat terus mendorong pemberdayaan masyarakat desa dengan program pengembangan sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan, pariwisata serta sektor lainnya untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah. Dirinya meminta setiap Bupati, Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa serta anggota masyarakat untuk proaktif dalam pengembangan program tersebut.

“Untuk peningkatan ekonomi masyarakat itu kita harus tahu dan pastikan potensi atau local resources based di desa. Sehingga nantinya dengan intervensi anggaran dan program dari Pemerintah maka tahapan eksekusinya tepat sasaran dengan baik untuk pengembangan potensi tersebut misalnya dari pertanian, peternakan, pariwisata, perikanan, ataupun UMKM dan industri,” demikian disampaikan Gubernur Viktor Laiskodat saat memberikan arahan dalam Rapat Kerja Bersama Para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumba Barat pada Senin (10/10/2022).

“Setiap kepala desa juga harus mengetahui data kemiskinannya dengan baik. Sehingga kita juga berdayakan dana desa itu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat miskin. Kita berdayakan masyarakat miskin ataupun juga kelompok pengangguran yang masih dalam usia produktif untuk ambil bagian dalam pengembangan program yang kita kerjakan bersama. Jadi masyarakat mulai belajar mandiri dan tidak lagi bersandar pada BLT,” ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk pengembangam sektor pertanian dapat dilakukan melalui pengembangan program tanam jagung panen sapi (TJPS). “Masyarakat kita ajak dengan baik untuk ikut berpartisipasi bekerja dalam Program TJPS Pola Kemitraan. Kemudian lahan disiapkan dengan benar dan dibantu dengan pembiayaan pinjaman KUR dari Bank NTT, dan juga bibit dan pupuk dari Pemerintah sehingga bisa dikerjakan,” ujar Gubernur Viktor.

“Saya minta agar dijaga dengan baik sehingga bisa panen dengan hasil maksimal. Untuk hasil panen ini juga kita langsung libatkan offtaker (perusahaan) sehingga langsung dibeli. Jadi pola program ini sudah teroganisir dengan baik asalkan kita mau bekerja. TJPS ini sudah terbukti banyak membantu masyarakat petani jagung karena sumber pendapatannya cukup besar bagi para petani,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur VBL juga meminta Pemerintah Kabupaten Sumba Barat mulai dari Bupati hingga Kepala Desa agar mulai serius terus mengembangkan Program TJPS ini. “Lahan kita siapkan dengan benar dan saya mau agar bisa tanam hingga ribuan hektar. Kita lihat di Sumba Barat Daya itu sangat luar biasa dengan luas lahan TJPS msncapai 36.000 Ha. Itulah yang kita maksudkan pengembangan program harus dengan kinerja maksimal dan ada hasil yang hebat,” kata Gubernur Viktor.

Selain sektor pertanian untuk TJPS, Gubernur meminta Kepala Desa untuk juga mengelola anggaran dana desa untuk komoditi lainnya. “Kita juga dapat kembangkan komoditi yang lain seperti bawang dan hortikultura lainnya. Ini dilakukan sehingga kita bisa saling suplai antar daerah terkait kebutuhan komoditi-komoditi tersebut sehingga kita mampu mengendalikan inflasi kita dengan baik,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Kita juga dorong semua sektor dan potensi yang ada. Kalau ada potensi untuk peternakan maka harus disiapkan dengan benar dan desain dengan baik sehingga ada hasil untuk masyarakat. Kita ini punya banyak kekayaan namun harus dikerjakan. Juga untuk perikanan, pariwisata dan UMKM”.

“Kalau masyarakat kita bisa mandiri dengan program pengembangan potensi semua sektor di daerah maka ini akan berdampak positif bagi ekonomi masyarakat dan juga tentunya angka kemiskinan dapat kita turunkan secara signifikan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur VBL mengharapkan agar tetap kerja kolaboratif dan tidak kaku hanya pada tupoksi masing-masing sehingga dapat bersinergi dengan benar. Hal ini mengingat pentingnya peran unsur Pemerintah saling bahu-membahu dalam memajukan pembangunan daerah. (Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here