SMPN 1 Amanatun Selatan Rayakan HUT ke-40

0
211
Pose Bersama Pengawas Binaan SMPN 1 Amanatun Selatan, Sekcam Amanatun Selatan, Kades Oinlasi, kepala sekolah dan para mantan kepala SMP Negeri 1 Amanatun Selatan serta para guru.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – SMP Negeri 1 Amanatun Selatan yang berlokasi di Desa Oinlasi, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang didirikan pada tanggal 9 Oktober 1982 silam, kini memasuki usianya yang ke-40. Dalam memeriahkan HUT tersebut pihak sekolah menggelar berbagai perlombaan antarkelas.

Perlombaan tersebut meliputi lomba fashion show, menghias kelas, dan lomba baca puisi menggunakan tiga bahasa yaitu, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Dawan (Uab Meto). Selain itu juga pihak sekolah menggelar syukuran bersama yang berlangsung di sekolah setempat pada Kamis (13/10/2022).

Debora Daniel, selaku Pengawas Pembina SMP Negeri 1 Amanatun Selatan yang hadir dalam syukuran bersama itu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa SMP Negeri 1 Amanatun Selatan yang memasuki usia ke-40 merupakan bukti cinta dan dedikasi dari semua masyarakat kepada lembaga ini sehingga sekolah ini tetap eksis dan mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Pemotongan kue ulang tahun oleh kepala sekolah (tengah) didampingi dua mantan kepala sekolah yang hadir

“Hari ini SMP Negeri 1 Amanatun Selatan yang sudah 40 tahun berdiri tentu melewati berbagai tantangan karena memasuki usia ke-40 ini bukan waktu yang singkat. Karena itu tentunya banyak output yang telah dicetak melalui sekolah ini, buktinya kepala sekolah yang sementara menjabat ini juga merupakan alumni. Ini suatu kebanggaan luar biasa bagi kita semua, ini juga menandakan bahwa sekolah ini telah mencetak banyak orang hebat,” ungkapnya.

Menurut Debora, SMP Negeri 1 Amanatun Selatan selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Untuk itu dirinya meminta kepada semua masyarakat yang ada di Kecamatan Amanatun Selatan untuk terus mendukung eksistensi sekolah ini ke depan.

“Saya berharap kita semua tetap konsisten dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengabdikan diri kita sebaik-baiknya terhadap dunia pendidikan khususnya di SMP Negeri 1 Amanatun Selatan ini, karena sekolah ini mengalami perubahan dari tahun ke tahun walaupun masih banyak hal yang masih kurang,” harapnya.

Suasana saat syukuran bersama

Debora juga meminta kepada pihak sekolah untuk terus mempertahankan kerja sama yang telah dibangun dengan baik selama ini.

“Pada momentum hari ulang tahun yang ke-40 ini kita harus memaknai dan jadikan sebagai evaluasi dan refleksi untuk pembenahan yang lebih baik ke depan, kerja sama yang sudah dibangun secara baik ini perlu dipertahankan agar sekolah ini terus memberikan pelayanan yang baik kepada semua generasi penerus bangsa yang telah dititipkan di sini. Mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS saya menyampaikan selamat ulang tahun SMP Negeri 1 Amanatun Selatan yang ke-40, tetap jaya ke depan,” pungkasnya.

Sekretaris Camat Amanatun Selatan, Yusuf Mone, S.H., dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk menemui ulang tahun yang ke-40 ini tentu melewati berbagai tantangan namun semua itu karena pertolongan Tuhan maka sekolah ini masih tetap eksis hingga saat ini.

“Kemajuan suatu lembaga itu tergantung kepada pimpinannya. Sampai hari ini sudah berusia 40 tahun tentu melewati berbagai rintangan, tetapi semua itu karena pertolongan Tuhan. Kita juga menyampaikan terima kasih kepada para pemimpin terdahulu yang telah menuntun sekolah ini hingga hari ini masih tetap eksis, kita juga wajib untuk mendukung pemimpin sekarang yang melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di sekolah ini,” ungkapnya.

Menurutnya, tanpa pendidikan kita pasti tersesat, karena hanya melalui pendidikan maka mindset kita berubah dan mampu mengubah apapun hanya bisa melalui pendidikan.

“Pendidikan ini ibaratnya seperti terang, tanpa pendidikan kita semua pasti tersesat, tetapi hanya melalui pendidikan mindset kita akan berubah, dan hari ini saya menjabat sebagai Sekretaris Camat, ini juga saya sadari betul bahwa semuanya ini hanya melalui pendidikan,” jelasnya.

Yusuf Mone juga meminta agar dalam pelayanan pendidikan di SMP Negeri 1 Amanatun Selatan tetap menjunjung tinggi kerja sama, karena kerja sama dengan semua pihak selama ini sudah berjalan dengan baik karena itu perlu untuk dipertahankan.

“Sebuah lembaga hanya bisa berjalan dengan baik jika ada kerja sama dari semua guru yang ada. Saya melihat bahwa kerja sama yang dibangun selama ini sudah sangat baik karena itu perlu dipertahankan,” tandasnya.

Suasana acara HUT ke-40 SMPN 1 Amanatun Selatan

Ketua Komite SMP negeri 1 Amanatun Selatan, Cornelis Kase, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa selama menyongsong HUT ke-40 SMP Negeri 1 Amanatun Selatan digelar berbagai  perlombaan. Ia menilai, khusus lomba membaca puisi dalam tiga bahasa, itu sangat positif.

“Selaku ketua komite di sekolah ini saya bangga karena sekolah ini terus mengalami peningkatan. Saya melihat dalam kegiatan perlombaan khususnya lomba baca puisi bahasa Dawan (Uab Meto) ini hal yang sangat positif, karena Uab Meto ini merupakan identitas kita orang Timor. Karena itu Uab Meto ini perlu untuk dilestarikan, karena saya melihat dengan adanya perkembangan saat ini jika anak-anak tidak dibiasakan menggunakan Uab Meto maka suatu saat anak-anak kita akan mengalami kesulitan dan bahkan banyak anak Timor yang sulit berbicara bahasa Dawan. Karena itu selaku ketua komite saya sangat mendukung agar Uab Meto juga perlu diajarkan dan dibiasakan kepada anak-anak kita sekarang,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa sekalipun SMP Negeri 1 Amanatun Selatan sudah berusia 40 tahun tetapi masih banyak kekurangan terkait dengan ruang belajar.

“Hari ini sekolah ini sudah berusia 40 tahun tetapi masih mengalami kendala terkait dengan ruang belajar. Karena itu selaku ketua komite saya berharap agar ke depan ada perhatian khusus dari pemerintah untuk sekolah ini, karena animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak di sini terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga masih terkendala dengan ruang belajar yang masih terbatas,” jelasnya.

Bangga dan Bersyukur

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Amanatun Selatan, Martince N. R. Ottu, S.Pd., dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga serta syukurnya karena sekolah yang dipimpinnya itu telah memasuki usia yang ke-40.

“Sebagai kepala sekolah ke-6 di sekolah ini saya merasa bangga dan sangat bersyukur karena hari ini SMP Negeri 1 Amanatun Selatan telah memasuki usianya yang ke-40. Semua ini karena kemurahan Tuhan dan juga hasil kerja keras dari bapak/ibu guru pendahulu yang telah ada di sekolah ini sebelumnya. Saya juga merupakan alumni dari sekolah ini karena itu saya sangat bersyukur karena dengan berjalannya waktu saya dipercayakan untuk memimpin sekolah ini, ini merupakan suatu kebanggan saya kepada para guru yang telah membimbing saya pada waktu itu di sekolah ini,” ungkapnya.

“Mewakili keluarga besar SMP Negeri 1 Amanatun Selatan, kami menyampaikan ungkapan terima kasih kami untuk pendiri sekolah ini yaitu Bapak Ar Nenobais, dan juga terima kasih juga kami kepada para mantan kepala sekolah yang telah meletakkan fondasi yang kuat bagi kami penerus, sehingga sekolah ini masih tetap eksis hingga hari ini,” lanjutnya.

Penampilan peserta lomba fashion show

Martince Ottu juga menyampaikan bahwa di hari ulang tahun ke-40, SMP Negeri 1 Amanatun Selatan telah memperoleh kado yang sangat luar biasa yanki penambahan guru P3K sebanyak 14 orang.

“Kado yang kami dapat di HUT ke-40 ini yakni mendapatkan penambahan guru P3K sebanyak 14 orang. Sebelumnya kami guru di sini berjumlah 30 orang, namun tepatnya pada tanggal 10 Oktober 2022 ada 14 orang guru yang lolos dalam seleksi P3K ditempatkan di sini, ini merupakan kado terbesar bagi kami di sekolah ini. Karena itu saya selaku kepala sekolah menyampaikan selamat datang untuk para guru yang telah bergabung di sini,” ujarnya.

“Dengan penambahan 14 orang guru ini merupakan sebuah anugerah dari Tuhan yang mana telah mengutus 14 orang guru ke sini. Dengan penambahan 14 guru ini maka jumlah keseluruhan guru yang ada sudah 41 orang, karena itu saya optimis perkembangan sekolah ini ke depan akan semakin baik, namun yang saya harapkan dari semua guru, orang tua, pemerintah, dan semua stakeholder yang ada untuk menata sekolah ini lebih baik lagi,” tandasnya.

Pantauan media ini ucapan syukur bersama HUT ke-40 SMPN 1 Amanatun Selatan dipimpin oleh Vikaris Gereja Syalom Oinlasi Barat, Victoria Rosita Laubase, S.Th. Turut hadir Sekcam Amanatun Selatan, Kepala Desa Oinlasi, Kapolsek Amanatun Selatan, para mantan kepala sekolah, serta tamu undangan lainnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here