Tingkatkan Kompetensi Guru, SMPN 1 Mollo Utara Gelar MGMP

0
145
Suasana kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di SMP Negeri 1 Mollo Utara, Kab. TTS, Prov. NTT.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Guna meningkatkan kompetensi guru dalam memasuki semester genap tahun pelajaran 2022/2023, SMP Negeri 1 Mollo Utara menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada Senin – Rabu, 9 – 11 Januari 2023 di sekolah setempat, diikuti oleh semua tenaga pendidik berjumlah 28 orang. MGMP yang digelar tersebut mencakup kelengkapan administrasi para guru terkait Penyusunan Perangkat Ajar, Pembuatan Animasi Pembelajaran, dan LKPD.

Drs. Yoram Nakamnanu, M.M., selaku Pengawas Pembina yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada pihak SMP Negeri 1 Mollo Utara yang menggelar kegiatan MGMP tersebut. Ia pun berharap agar para guru dapat mempersiapkan semua administrasi pembelajaran dengan baik sehingga dalam proses pembelajaran di kelas dapat berlangsung dengan efektif.

“Selaku Pengawas Pembina, saya memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan juga semua guru yang ada karena cepat merespons setiap persoalan yang ditemukan di sekolah ini melalui supervisi akademik. Kegiatan MGMP ini yang bisa memfasilitasi para guru dalam mempersiapkan diri melalui perangkat pembelajaran dan juga hal lain yang mampu meningkatkan kompetensi guru itu sendiri, karena itu saya mengimbau kepada semua guru yang ada agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” ungkap Yoram Nakamnanu.

Drs. Yoram Nakamnanu, M.M.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Mollo Utara, Tau Nepa A. Silla, S.Pd., M.Pd., kepada media ini menyampaikan bahwa MGMP yang digelar pihaknya tersebut bertujuan untuk melengkapi perangkat pembelajaran bagi para guru yang belum lengkap, pembuatan animasi pembelajaran, dan juga LKPD.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk melengkapi perangkat pembelajaran masing-masing guru yang belum lengkap,  yang mana waktu itu disusun pada awal tahun pembelajaran. Karena itu memasuki semester genap pada tahun baru ini maka guru harus melengkapi segala administrasinya sehingga dalam memulai proses pembelajaran di awal semester genap ini para guru tidak lagi disibukkan dengan menyusun perangkat pembelajaran tetapi para guru langsung menerapkan proses pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah disiapkan,” jelasnya.

Tau Nepa Silla juga menjelaskan bahwa terlaksananya kegiatan MGMP tersebut merupakan respons dari hasil supervisi akademik yang dilakukan sebelumnya, yang mana ada beberapa perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses pembelajaran di awal semester genap pada tahun pelajaran 2022/2023.

Tau Nepa A. Silla, S.Pd., M.Pd.

“Sesuai dengan hasil supervisi akademik pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023, ada dokumen yang sudah lengkap namun masih ada yang belum karena itu sebelum memulai dengan proses pembelajaran di semester genap tahun pelajaran ini maka sebelum memulai dokumen yang berhubungan dengan bahan ajar semuanya harus rampung terlebih dahulu,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan MGMP yang digelar, para tenaga pendidik yang ada mampu mempersiapkan semua perangkat pembelajaran yang belum lengkap, sehingga dalam pelaksanaan KBM di kelas para guru tidak disibukkan lagi dalam menyusun perangkat pembelajaran.

“Selaku kepala sekolah saya berharap dengan kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini para guru dapat melengkapi dokumen atau bahan ajar, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Dalam penilaian yang dilakukan nantinya dapat dianalisis sehingga peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran bisa dilakukan remedial  sedangkan yang sudah mencapai target diberikan pengayaan untuk bisa menambah khazanah ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki,” ujarnya.

“Sementara bagi guru yang perangkat pembelajaran sudah rampung dilanjutkan dengan penyusunan bahan tayang seperti powerpoint, animasi pembelajaran, dan juga LKPD, sehingga dalam proses pembelajaran di kelas dapat memanfaatkan media pembelajaran yang telah disediakan oleh sekolah,” lanjutnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here