Kunjungi SMAN 1 Lewa, Ini Pesan Gubernur NTT

0
808
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat mengunjugi SMAN 1 Lewa, Sumba Timur pada Kamis (09/03/2023).

Sumba Timur, SEKOLAHTIMUR.COM – Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mengunjugi SMA Negeri 1 Lewa pada Kamis (09/03/2023). Kunjungan ini merupakan rangkaian agenda Gubernur Viktor dalam kunjungan kerjanya di daratan Sumba termasuk Kabupaten Sumba Timur.

Sebelumnya Gubernur Viktor meninjau secara langsung ruang pelayanan Puskesmas Lewa yaitu UGD, ruang observasi, kamar petugas, ruang observasi, ruang bersalin, ruang sterilisasi, ruang nifas, gudang, ruang vaksin, poli umum, poli gizi, poli gigi, KIA/KB, ruang anak, ruang akses, ruang wanita, ruang pria, dan gudang obat.

Dalam sambutannya di SMAN 1 Lewa, Gubernur VBL menyampaikan bahwa pembinaan karakter dan mental diperlukan untuk meningkatkan mutu siswa.

“Pendidikan bertujuan untuk membangun karakter, bukan hanya berfokus pada peningkatan kecerdasan tetapi juga daya tahan (adversity quotient) dan ketangguhan (resiliance). Tantangan saat ini adalah pembenahan karakter siswa, karena itu kita siapkan mutu siswa dan peningkatan kompetensi guru di samping pengembangan bakat atau talenta siswa,” tandasnya.

Pada kunjungan ini, juga dilakukan penyerahan bantuan Hibah sistem SPAM dana pinjaman PT. SKI sebesar Rp 8.227.862.000 dan bantuan pendidikan DAK dan DAU sepesifik grant tahun 2023 sebesar Rp 12.359.222.000 yang diterima oleh Sekda Kabupaten Sumba Timur.

Pameran Karya Inovasi SMA/SMK se-Kab. Sumba Timur

Gubernur Viktor juga meninjau Pameran Karya Inovasi SMA/SMK se-Kabupaten Sumba Timur dan juga meninjau kebun sekolah SMA Negeri 1 Lewa yang telah dikembangkan dengan penanaman 400 pohon kelor, 80 pohon advokat, 3 pohon durian, 48 pohon pisang, dan 12 pohon Nangka.

“Saya mengharapkan agar segala jenis produk UMKM yang dikerjakan di sekolah in harus terus dikembangkan agar siswa bisa melanjutkan menjadi pengusaha dari UMKM yang ada. Sehingga mereka ada kemandirian. Kerja sama juga dengan Bank NTT untuk mambantu pengembangan market placenya,” kata Gubernur Viktor.

Gubernur VBL dan rombongan kemudian mengadakan kunjungan singkat ke Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kristen Sumba (STT GKS) didampingi Pdt. Arniwaty Angga Mesa, M.Th. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau asrama/rusunawa untuk mahasiswa putri. (Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini