HUT Kearsipan dan Perpusnas RI, Ini Penegasan Sekda NTT

0
117
Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Kosmas D. Lana, SH., M.Si.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT, Kosmas D. Lana, SH., M.Si., menghadiri acara HUT ke-52 Kearsipan Nasional dan HUT ke-43 Perpustakaan Nasional RI, yang digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT pada Jumat (26/05/2023) di gedung Perpustakaan Daerah NTT.

Dalam sambutannya, Kosmas Lana menyampaikan, pengarsipan dan pendokumentasian merupakan hal yang fundamental dalam kelancaran fungsi dari sebuah organisasi atau lembaga.

“Hal yang mendasar dari kegiatan hari ini yaitu mengenai Hari Kearsipan. Arsip adalah salah satu unsur dari administrasi. Selain pengarsipan, dokumentasi merupakan bagian yang esensial dari pelaksanaan administrasi,” ungkapnya.

“Di dalam sebuah organisasi atau lembaga, arsip dan dokumentasi adalah sesuatu yang wajib dimiliki serta dikerjakan. Saya harap semua ASN dan pegawai tahu bahwa hal ini merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi dan wajib untuk dijalankan,” lanjutnya.

Peluncuran buku “Inspirasi di Balik Berita”.

Kosmas Lana mengungkapkan, jika terdapat pengarsipan dalam pelaksanaan administrasi yang baik, maka akan terwujudnya suatu birokrasi yang maju, memori kolektif bangsa dan peradaban yang unggul.

“Tentunya dalam kerja-kerja administrasi kita sebagai ASN, kita bersentuhan langsung dengan tujuan gerakan kearsipan tersebut. Berkaitan dengan birokrasi maju, tentunya kita paham dengan sistem informasi kearsipan yang dinamis-terintegrasi sebagai langkah untuk mencapai birokrasi yang maju itu,” ujarnya.

“Berkaitan dengan memori kolektif bangsa dan peradaban yang unggul, selalu berhubungan langsung dengan manusia. Manusialah yang menciptakan memori sebuah bangsa dan membangun sebuah peradaban yang unggul. Oleh karena itu, hemat saya kita sebagai ASN, jika dalam kerja-kerja birokrasi, baik itu dalam pengarsipan atau pendokumentasian, maka pelaksanaan tugas administrasi birokrasi dapat mencapai sebuah peradaban yang unggul di kemudian hari,” tandasnya.

—-

Lebih lanjut, ia juga menuturkan, pentingnya sebuah karya yang ditulis, lalu kemudian disimpan di perpustakaan akan memberikan kontribusi bagi pembangunan suatu wilayah pada masa yang akan datang.

“Saya ingat, dulu saya pernah menulis sebuah buku dan sekarang masih tersimpan dengan baik di perpustakaan ini. Buku itu adalah hasil dari pengalaman saya dalam menjalankan tugas-tugas saya,” ungkapnya.

“Dari pengalaman ini, saya mau mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas dan kerja-kerja kita sebagai ASN yang kemudian kita tulis menjadi sebuah buku dan disimpan dalam perpustakaan, akan memberikan sebuah edukasi bagi generasi yang akan datang dan juga dapat membangkitkan kembali memori kita tentang pengalaman yang sudah lewat agar dapat mengambil solusi yang cerdas dan tepat,” jelasnya.

Hadir dalam perayaan tersebut Wakil Ketua DPRD NTT Chris Mboeik, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Provinsi NTT, kepala sekolah, guru, dan peserta didik dari sejumlah sekolah. Hadir pula insan pers dan tamu undangan lainnya.

Selain ramah tamah, perayaan HUT ke-52 Kearsipan Nasional dan HUT ke-43 Perpustakaan Nasional RI tersbut juga diisi dengan peluncuran buku “Inspirasi di Balik Berita” karya wartawan Victory News Kekson Salukh. Selain itu juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba untuk sejumlah kateori lomba yang digelar panitia beberapa waktu lalu. (Yosi Bataona/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini