Implementasikan GLS dan PPK, SMKN Op Gandeng YASPENSI

0
139
Kepala SMKN Op, Yoksan J. E. Naat, S.Pd., saat membuka kegiatan.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Penguatan Penddikan Karakter (PPK), SMK Negeri Op yang berlokasi di Desa Op, Kecamatan Nunkolo, Kabupaten TTS membangun kerja sama dengan Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (YASPENSI) dalam menggelar Workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Jurnalistik bagi guru dan peserta didik. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa – Rabu, 30 – 31 Mei 2023.

“Kami para guru di SMK Negeri Op telah berinisiatif mengadakan kegiatan workshop terkait dengan penulisan karya ilmiah dan jurnalistik bagi guru dan peserta didik ini untuk meningkatkan literasi para peserta didik dan juga bagi kami para guru, karena di sekolah kami berdasarkan hasil rapor mutu, nilai literasi kami masih rendah,” ungkap Kepala SMKN Op, Yoksan J. E. Naat, S.Pd., dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Kendala lain yang dihadapi pihak sekolah, lanjut Yoksan yakni terkait dengan tidak adanya jaringan telepon dan jaringan internet di wilayah setempat.

“Selain keterbatasan kami terkait dengan literasi, juga salah satu kendala kami yaitu jaringan telepon maupun jaringan internet. Di lokasi kami di Desa Op ini jangankan jaringan internet, jaringan telepon saja sama sekali tidak ada. Karena itu kami berharap dan sangat merindukan uluran tangan pemerintah terkait kendala ini sehingga segala informasi yang berhubungan dengan media elektronik kami juga bisa akses,” ujar Yoksan.

Suasana kegiatan.

Ia juga berharap dengan adanya kerja sama yang telah dibangun dengan Divisi Kepustakaan YASPENSI mampu membawa perubahan bagi tenaga pendidik dan juga peserta didik di sekolahnya.

“Selaku kepala sekolah saya berharap kerja sama yang telah dibangun dengan pihak YASPENSI ini mampu meningkatkan kompetensi literasi peserta didik dan juga kami sebagai para tenaga pendidik. Jujur bahwa kehadiran teman-teman narasumber dari YASPENSI ini sangat membantu kami di sini, banyak hal baru yang kami peroleh karena itu kerja sama yang telah dibangun ini akan terus berlanjut,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panita Kegiatan, Juliati Nuryati Isu, S.Pd., kepada media ini menyampaikan bahwa kegiatan tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan serta menggali setiap potensi yang dimiliki oleh para tenaga pendidik dan juga peserta didik.

Pose bersama usai kegiatan.

“Kegiatan workshop terkait penulisan karya ilmiah dan jurnalistik yang digelar ini dengan tujuan untuk menggali potensi yang dimiliki oleh para peserta didik dan juga kami sebagai tenaga pendidik terkait dengan literasi. Karena itu selaku ketua panitia saya menyampaikan terima kasih kepada pihak YASPENSI yang telah hadir dan berbagi dengan kami di sini,” ujarnya.

Juliati menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut melibatkan 60 peserta didik dan semua tenaga pendidik yang ada di SMK Negeri Op.

“Kegiatan workshop ini berlangsung selama dua hari yang dimulai pada hari Selasa – Rabu, 30 – 31 Mei 2023, yang mana dalam kegiatan ini kami libatkan para peserta kelas X dan XI sebanyak 60 orang. Sementara untuk tenaga pendidik yang berjumlah 22  orang, tidak semuanya terlibat karena ada beberapa teman guru yang sakit,” jelasnya.

Dirinya pun berharap dengan adanya kegiatan ini para guru dan juga peserta didik mampu mengembangkan setiap potensi yang ada melalui karyanya masing-masing.

“Kehadiran teman-teman atau para narasumber dari YASPENSI ini kami sangat terbantu dengan berbagai materi yang disampaikan. Kehadiran para narasumber dari YASPENSI juga sangat memotivasi kami baik sebagai tenaga pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan setiap potensi yang kami miliki,” pungkasnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini