Peringati Harlah Pancasila, Tiga Gudep Pramuka di TTS Gelar “Outbound”

0
108
Kegiatan "outbound" di Taman Wisata Bu'at dalam rangka Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, tiga gugus depan (Gudep) Pramuka di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar outbound di Taman Wisata Bu’at. Tiga Gudep tersebut yaitu Gudep SMP Kristen 1 Mollo Selatan, Gudep SMA Kristen Kesetnana, dan Gudep SMP Negeri 3 Soe. Kegiatan tersebut diawali dengan upacara bendera bersama.

Mabigus SMP Kristen 1 Mollo Selatan, Lidia Mila, Kepada media ini menyampaikan bahwa kegiatan outbound yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk membina mental para anggota Pramuka dan juga menumbuhkembangkan keakraban sesama anggota Pramuka dari berbagai gudep.

“Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada tahun 2023 ini, kami dari tiga gudep pramuka turut memeriahkannya dengan mengadakan kegiatan outbound. Kegiatan outbound ini bertujuan untuk melatih mental para anggota pramuka. Selain itu juga untuk menumbuhkan keabaraban sesama anggota pramuka dari berbagai gudep yang ada,” ungkap Lidia Mila, Kamis (01/06/2023).

Lidia Mila.

Lidia mengungkapkan, Gudep SMP Kristen 1 Mollo Selatan baru pertama kali menggelar kegiatan outbound, karena itu pihaknya mengundang dua gudep lain yaitu Gudep SMP Negeri 3 Soe dan Gudep SMA Kristen Kesetnana guna saling berbagi terkait materi dari apa yang mereka telah peroleh selama ini.

Dijelaskannya bahwa dalam kegiatan outbound tersebut ada lima pos yang harus dilewati oleh para anggota pramuka yang terbagi dalam lima regu.

“Dalam kegiatan outbound ini terdapat lima regu dari tiga gudep yang ada. Karena itu dari pembina pramuka telah menyediakan lima pos yang harus dilewati oleh setiap regu. Setiap pos ada tantangannya masing-masing dan setiap regu harus mampu melewati setiap tantangan yang ada di setiap pos,” ujarnya.

Suasana kegiatan.

“Di pos pertama itu tantangannya bagaimana peserta didik mampu menjernihkan air kotor, sementara di pos kedua tantangannya Peraturan Baris berbaris (PBB) dan penafsiran sandi. Pos ketiga, penafsiran tinggi pohon, pos keempat, para anggota diminta untuk menafsirkan panjang dan lebar sungai yang dilewati. Sementara di pos kelima, tantangannya bagaimana peserta dari setiap regu memindahkan bola dari setiap gelas Aqua yang ada,” jelasnya.

Tujuan dari setiap tantangan tersebut, lanjutnya, untuk melatih para anggota pramuka untuk saling bekerja sama. Dengan demikian mereka akan paham bagaimana kerja sama yang baik guna mencapai suatu tujuan bersama itu seperti apa.

Lidia menambahkan bahwa kegiatan outbound tersebut hanya berlangsung selama satu hari, yang mana diikuti oleh dua regu dari SMP Negeri 3 Soe yaitu putra dan putri, dari gudep SMA Kristen Kesetnana diikuti oleh satu regu putri.

“Sementara di gudep SMP Kristen 1 Mollo Selatan diikuti oleh dua regu putra dan putri. Jadi, total peserta dari tiga gudep tersebut sebanyak 50 peserta,” jelasnya.

Olpi Kabnani.

Sementara itu, Pembina Pramuka SMA Kristen Kesetnana, Olpi Kabnani, kepada media ini menyampaikan bahwa dalam kegiatan outbound tersebut, pihaknya terus berupaya untuk melatih dan memberi motivasi kepada para anggota pramuka untuk saling bekerja sama dalam kondisi apa pun.

“Sebagai Pembina Pramuka di SMA Kristen Kesetnana, saya menyampaikan terima kasih kepada Pembina Pramuka dalam hal ini Kakak Joni Kase yang telah membantu kami dalam kegiatan ini. Untuk kegiatan outbound ini memang baru pertama kali diadakan tetapi sebelumnya sudah dibekali dengan berbagai materi yang ada,” ujarnya.

“Karena itu dengan adanya kegiatan outbound ini juga kami para pembina terus berupaya untuk melatih mental anak-anak dan juga memotivasi mereka untuk saling kerja sama dalam kondisi apa pun dengan langkah melewati setiap pos -pos yang ada dengan tantangannya masing-masing,” tandas Olpi Kabnani.

Eodia Oematan, S.Pd.

Sementara itu secara terpisah, Kepala SMA Kristen Kesetnana, Eodia Oematan, S.Pd., SD, yang dihubungi media ini menyampaikan bahwa kegiatan outbound yang digelar tersebut merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Ia pun selalu mendukung setiap kegiatan yang dapat meningkatkan potensi para peserta didik yang ada.

“Selaku kepala sekolah, saya menyampaikan terima kasih kepada kakak-kakak pembina Pramuka yang ada di SMA Kristen Kesetnana dan juga SMP Kristen 1 Mollo Selatan, dan juga SMP Negeri 3 Soe yang terus mendampingi anak-anak dalam kegiatan Pramuka. Karena kegiatan Pramuka juga merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Karena itu selaku kepala sekolah, saya selalu mendukung setiap kegiatan yang bernilai positif untuk terus dilakukan,” ungkapnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini