Pemuda Katolik Komcab TTS Gelar Mapenta & Muskomcab

0
76
Pose bersama Bupati TTS, Ketua Umum Pemuda Katolik, Ketua Plh. Komda NTT, Sekretaris Komda NTT, dan para tamu undangan.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab). Kegiatan di bawah tema “Revitalisasi Moral, Etika dan Produktivitas Pemuda sebagai Manifestasi Bangsa dalam Menjawab Tantangan Global” tersebut berlangsung pada Selasa – Rabu, 25 – 26 Juli 2023 bertempat di Kopdit Swasti Sari Soe.

Bupati TTS, Egusem Piether Tahun, S.T., M.M., dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut pada Selasa (25/7/2023) sore, mengatakan, organisasi Pemuda Katolik merupakan organisasi besar, karena itu seluruh pemuda Katolik yang ada di Kabupaten TTS harus mengambil bagian dalam mendukung organisasi tersebut.

“Organisasi  pemuda katolik ini merupakan organisasi besar karena itu harus diberi support, semua pemuda Katolik di TTS harus mengambil bagian dalam mendukung organisasi ini, sehingga jangan menjadi organisasi papan nama,” ungkap Bupati Epy Tahun.

Sambutan Bupati TTS.

Dirinya meminta agar organisasi Pemuda Katolik yang akan terbentuk harus mampu menjadikan setiap anggota yang ada untuk menjadi pemuda Kristen yang baik.

“Kehadiran organisasi Pemuda Katolik ini juga diharapkan untuk mempersiapkan para pemuda menjadi pemuda Kristen yang baik dan menjadi pemimpin Kristen yang baik, karena melalui organisasi-organisasi seperti ini melatih kita untuk disiplin. Karena itu jangan menganggap sepele hal-hal kecil, jika kita disiplin dalam hal yang kecil maka semuanya akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Bupati Epy Tahun juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua Umum Pengurus Pemuda Katolik Pusat yang hadir dalam Mapenta dan Muskomcab Pemuda Katolik Cabang Kabupaten TTS.

“Kehadiran Ketua Umum Pengurus Pemuda Katolik pusat di Kabupaten TTS ini merupakan sebuah penghargaan dan perhatian untuk para pemuda Katolik di Kabupaten TTS ini, karena itu saya memberikan apresiasi,” katanya.

Ia juga berharap organisasi Pemuda Katolik Cabang Kabupaten TTS dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dalam mendukung setiap pembangunan yang ada.

“Saya berharap semoga dengan kehadiran organisasi Pemuda Katolik ini dapat menjalin kerja sama da mendukung setiap pembangunan di daerah ini,” harap Bupati Epy Tahun.

Sambutan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus A. Gusma, dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi Pemuda Katolik harus lahir baru dengan sebuah paradigma baru.

“Organisasi Pemuda Katolik ini harus lahir baru dengan sebuah paradigma yang baru. Karena itu organisasi ini hadir punya tujuan, punya gagasan yang dimanifestasikan dalam program. Organisasi ini tidak akan menjadi besar jika setiap program yang ada tidak memiliki dampak untuk masyarakat, Karena itu setiap anggota harus memiliki ide dan gagasan yang cemerlang agar setiap program memiliki dampak bagi masyarakat. Sementara paradigma baru yang dimaksud adalah bagaimana potensi kader itu didorong secepat mungkin supaya berorganisasi dengan nyaman dan mempunyai nilai lebih,” ungkapnya.

Ia menuturkan, guna menjawab setiap potensi kader yang ada maka organisasi Pemuda Katolik membentuk tujuh klaster yang melibatkan lintas profesi.

“Organisasi Pemuda Katolik ini juga membentuk tujuh klaster yakni klaster pengusaha (UMKM), jurnalis, lawyer, akademisi, politisi, ASN, SMA dan mahasiswa. Sejumlah klaster tersebut untuk mendorong setiap potensi kader yang ada. Contohnya jurnalis, dibutuhkan untuk membangun citra Pemuda Katolik dengan agenda yang dimiliki, demikian juga dengan lawyer yang mana dapat membantu masyarakat dengan setiap persoalan hukum yang dialami melalui LBH-nya, begitu pun dengan klaster yang lain,” jelasnya.

Suasana pembukaan kegiatan.

Stefanus Gusma juga mendorong para anggota yang sudah ada dan yang akan tergabung ke depannya untuk berbisnis dan mengembangkan setiap usaha melalui UMKM dengan harapan bisa membantu membangun pemuda Katolik. Selain itu juga bisa membantu pemerintah Kabupaten TTS dalam menangani beberapa hal yang menjadi sorotan publik contohnya stunting.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati TTS beserta semua stakeholder yang  hadir dan mendukung kegiatan Mapenta dan Muskomcab kabupaten TTS ini. Kehadiran Bupati TTS saat ini merupakan bentuk dukungan yang nyata kepada organisasi Pemuda Katolik di daerah ini, karena itu saya menyampaikan terima kasih. Kehadiran saya di sini juga untuk mendengar dan melihat langsung setiap persoalan apa terkait dengan konsolidasi dan peran serta setiap anggota yang ada di sini,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PLH Komda NTT,  Theodora E. Taek, dalam sambutannya menyampaikan, dalam kegiatan organisasi Pemuda Katolik di Kabupaten TTS ada dua kegiatan yang dilakukan yakni masa penerimaan anggota (Mapenta) dan juga Musyawarah Komisariat cabang (Muskomcab) TTS. Karena itu Ia mengimbau kepada semua anggota yang ada untuk menjalankan kegiatan tersebut dengan baik.

“Kami ingin organisasi Pemuda Katolik ada di semua tempat, sehingga dengan adanya kegiatan Mapenta dan Muskomcab di Kabupaten TTS yang berlangsung hari ini diharapkan dapat berjalan dengan baik.”

Walde juga menyampaikan, dalam Muskomcab tersebut akan dilakukan pemilihan badan pengurus, karena itu ia meminta agar dalam pemilihan nanti siapa pun yang akan terpilih sebagai ketua harus dihargai.

“Untuk ketua yang terpilih nantinya harus mampu menjalankan kegiatan organisasi yang merupakan mandataris yang telah dipercayakan. Karena itu siapa pun yang akan terpilih nanti harus dihargai dan selalu mendukung,” ujarnya.

“Organisasi Pemuda Katolik ini kita tidak akan berjalan seperti biasanya lagi tetapi kehadiran organisasi Pemuda Katolik ini juga harus memberdayakan setiap anggota Pemuda Katolik dari sisi ekonomi. Saya meminta kepada pemuda Katolik untuk memanfaatkan potensi alam yang ada, contohnya alpukat dan juga jeruk yang menjadi khas Kabupaten TTS untuk terus dikembangkan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” lanjut Walde Taek yang merupakan anggota DPRD Kota Kupang.

Selanjutnya, Ketua Carateker Komcab TTS, Rofinus Laga Lamawato, S.H., mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum PP Pemuda Katolik atas kehadirannya di TTS. Dirinya juga berterima kasih kepada Bupati TTS yang hadir untuk membuka langsung kegiatan tersebut.

Pantauan media ini, kegiatan Mapenta dan Muskomcab Kabupaten TTS  diawali dengan Misa bersama yang dipimpin oleh Rm. Ewa Wake. Hadir Ketua Umum Pengurus Pemuda Katolik, Stefanus A. Gusma, Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun, S.T., M.M., perwakilan Forkopimda Kabupaten TTS, perwakilan Pemuda GMIT, perwakilan Banser, perwakilan GP Ansor, Ketua PLH Komda NTT, Theodora E. Taek, Sekretaris Komda NTT, Yuvensius Tukung, Ketua Carateker Komcab TTS, Rofinus Laga Lamawato, perwakilan Polres TTS, perwakilan Kodim 1621 TTS, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Lenzho Asbanu/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini