Buku “Umbu Sang Metiyem” Karya Robertus Fahik Diluncurkan, Ini Pesan Gubernur NTT

0
255
Asisten I Sekda Provinsi NTT Dra. Bernadeta Meriani Usboko, M.Si., saat membuka kegiatan mewakili Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Selasa (22/08/2023) bertempat di gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT diadakan kegiatan bedah dan launching buku berjudul “Umbu Sang Metiyem” karya jurnalis dan sastrawan kelahiran Malaka, NTT, Robertus Fahik.

Kegiatan ini merupakan agenda kolaboratif Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Dinas Kominfo Provinsi NTT, dan Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (YASPENSI), serta didukung oleh Bank NTT, BPR Chrysta Jaya, dan PT SBM Suzuki Dealer Mobil Oeba Kupang, dan media SEKOLAH TIMUR, dalam rangka HUT RI ke-78 dan mengenang 80 tahun penyair kelahiran Sumba Timur, Umbu Landu Paranggi (1943 – 2023).

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Lasikodat yang diwakili oleh Asisten I Sekda Provinsi NTT Dra. Bernadeta Meriani Usboko, M.Si., menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara kegiatan bedah dan launching buku tersebut. Menurutnya, panitia telah melakukan kerja kolaboratif.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., saat menyampaikan tanggapannya dalam bedah buku “Umbu Sang Metiyem”.

“Pada momen peringatan 80 tahun Umbu Landu Paranggi dan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan kerja kolaboratif dengan semua pemangku kepentingan menyelenggarakan bedah dan peluncuran buku “Umbu Sang Metiyem” Karya Robertus Fahik, jurnalistik dan sastrawan kelahiran Malaka Nusa Tenggara Timur,” ungkap Bernadeta Meriani Usboko, membacakan sambutan tertulis Gubernur NTT.

Ia pun berharap agar buku yang dibedah dan diluncurkan tersebut dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat NTT khususnya generasi muda dalam pengembangan budaya literasi.

“Saya menyampaikan selamat dan apresiasi kepada penulis muda Robertus Fahik yang telah membagi praktik baik dengan menerbitkan buku “Umbu Sang Metiyem”, kiranya dapat menjadi inspirasi bagi pelajar, mahasiswa, guru, dosen untuk terus berkarya dalam pengembangan budaya literasi dan upaya menanamkan kecintaan sastra di kalangan masyarakat terutama generasi muda. Semoga buku ini bermanfaat bagi masyarakat umum, khususnya yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumba Timur Oria Aprari Raramata, S.E., saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Sumba Timur.

Sementara itu Bupati Sumba Timur Drs. Khristofel Praing, M.Si., yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumba Timur Oria Aprari Raramata, S.E., menyampaikan, pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut karena buku yang dibedah telah mengangkat sosok putra daerah Sumba Timur, Umbu Landu Paranggi kepada publik sekaligus menanamkan kecintaan masyarakat akan karya anak bangsa.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan kegiatan bedah buku hari ini yang tentunya bertujuan untuk mempublikasikan karya anak daerah sehingga dapat menambah wawasan bagi masyarakat dan di samping itu menggerakkan semua lapisan masyarakat NTT khususnya dan bangsa Indonesia umumnya untuk mencintai karya anak bangsa,” ungkapnya.

“Semoga karya-karya besar putra-putri daerah NTT akan terus diangkat lewat kegiatan-kegiatan seperti ini dan akan menginspirasi bagi majunya literasi di NTT yang kita cintai ini,” lanjutnya.

Suasana “launching” buku “Umbu Sang Metiyem”.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai kalangan seperti pelajar SMA/SMK dan mahasiswa, guru dan dosen, tokoh masyarakat dan tokoh agama, dan insan pers. Hadir pula perwakilan BPMP NTT, BGP NTT, Kantor Bahasa NTT, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan NTT, Kepala Dinas Arpus NTT, Kepala Dinas Kominfo NTT, perwakilan BPESDM NTT, FTBM NTT, YASPENSI, Forum Perpus Perguruan Tinggi Indonesia Wilayah NTT, FKUB NTT, pimpinan kelurahan setempat, pimpinan SMA/SMK dan perguruan tinggi se-Kota Kupang, serta seluruh pejabat struktural dan staf Dinas Apus NTT.

Hadir sebagai narasumber yakni, Dr. Lanny Isabela Dwisyahri Koroh, S.Pd., M.Hum. (pembedah), Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi, S.Pd., M.Pd. (penanggap), Elis Setiati, S.Pd., M.Hum. (penanggap), dan Robertus Fahik, S.Fil., M.Si. (penulis buku). Hadir pula pewakilan keluarga Umbu Landu Paranggi yakni Umbu Wulang Tanaamah Paranggi, S.Sos. (anak) yang menyampaikan testimoni secara virtual melalui zoom meeting.

Acara dipandu oleh Ketua YASPENSI, Marianus Seong Ndewi, S.Pd., M.M., sementara sebagai moderator bedah buku yakni Sekretaris Divisi Kepustakaan YASPENSI, E. Nong Yonson. Dalam kegiatan tersebut tampil pula sejumlah acara selingan yakni paduan suara Dinas Kominfo NTT yang membawakan lagu daerah Sumba “Oli Gailaru Marada”, sejumlah lagu dari anggota Gita Bahasa Nusantara asal NTT, akustik SMAK Santo Arnoldus Janssen, dan pembacaan puisi “Ibunda Tercinta” karya Umbu Landu Paranggi oleh Felisia Almasari Longa, Siswi SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa, Juara 1 Lomba Baca Puisi Virtual Karya Umbu Landu Paranggi. (tim/rf/red-st)    

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini