Kantor Bahasa Provinsi NTT Gelar Diseminasi dan Koordinasi Tes UKBI bagi Pemangku Kepentingan di NTT

0
15
Diseminasi dan Koordinasi Tes UKBI Kantor Bahasa Provinsi NTT pada Senin (21/08/2023) di hotel Neo Aston Kupang.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Kantor Bahasa Provinsi NTT mengelar kegiatan Diseminasi dan Koordinasi Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) serta membuka ruang diskusi dalam Forum Konsultasi Publik (FKP) bagi Pemangku Kepentingan di Provinsi NTT. Kegiatan ini berlangsung pada Senin (21/08/2023) di hotel Neo Aston Kupang.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Elis Setiati, S.Pd., M.Hum., menyampaikan pentingnya para pemangku kepentingan yang dilibatkan mengikuti tes UKBI Adaptif Merdeka agar menjadi pengalaman tersendiri sebagai modal pengimbasan UKBI di instansinya masing-masing.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan pemangku kepentingan yang dilibatkan dapat mengimbaskan pemanfaatan UKBI Adaptif Merdeka di instansi asalnya masing-masing, sehingga tingkat keikutsertaan masyarakat NTT dalam UKBI bertambah yang pada kelanjutannya menambah pula tingkat literasi masyarakat,” ungkapnya.

Suasana kegiatan.

“Silakan Bapak/Ibu mengikuti dengan baik tes UKBI Adaptif Merdeka yang telah difasilitasi Kantor Bahasa Provinsi NTT. Kerjakan soal dengan hati yang lapang dan pikiran yang tenang agar mendapat hasil yang baik,” lanjutnya.

Lebih lanjut Elis Setiati mengungkapkan, Forum Konsultasi Publik (FKP) merupakan kegiatan yang lazim dilakukan oleh instansi pemerintah, utamanya yang bergerak di bidang pelayanan, untuk menampung aspirasi dari para pemangku kepentingan dan pengguna jasanya.

“Layanan yang diberikan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTT meliputi Layanan Permintaan Data dan Informasi, Layanan Perpustakaan dan Buku, Layanan Konsultasi Kebahasaan dan Kesastraan, Layanan Penyuntingan Kebahasaan dan Kesastraan, Layanan Fasilitasi Ahli Bahasa, Layanan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Layanan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), dan Layanan Penerjemahan,” urainya.

“Pentingnya kepuasan masyarakat penerima layanan yang diberikan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTT bagi masyarakat. Oleh karena itu, kami mohon masukan dari Bapak dan Ibu demi kelangsungan dan kesuksesan layanan Kantor Bahasa Provinsi NTT yang lebih baik,” tambahnya.

Penyerahan piagam penghargaan bagi sekolah-sekolah di Kota Kupang.

Informasi yang dihimpun media ini, Sebanyak 54 peserta dari 27 lembaga dilibatkan dalam tes UKBI dan pembahasan standar pelayanan publik yang berasal dari beragam elemen masyarakat, seperti lembaga pendidikan (sekolah dan perguruan tinggi), lembaga pemerintah (satker/UPT vertikal dan dinas pemda), aparat penegak hukum (kepolisian), dan media massa (pers).

Kegiatan tersebut juga disertai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT selaku penyelengara dengan para pemangku kepentingan dan penandatanganan berita acara rancangan standar pelayanan serta berita acara pembahasan rancangan maklumat pelayanan oleh pemberi layanan bersama pengguna layanan. Ada pula penyerahan piagam penghargaan bagi sekolah-sekolah di Kota Kupang yang mendukung dan bekerja sama dalam menyukseskan penyelenggaraan UKBI Adaptif Merdeka di NTT tahun 2023. (Denis/Yosi/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini