HGN 2023, BGP NTT Gelar Workshop dan Babak Final Esai Merdeka Belajar

0
116
Kepala BGP NTT, Dr. Wirman Kasmayadi, S.Pd., M.Si.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi NTT menggelar Workshop Penulisan Esai dan Babak Final Apresiasi GTK Penulis Esai Merdeka Belajar. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis – Minggu, 23 – 26 November 2023 di hotel Harper Kupang.

Kepala BGP NTT, Dr. Wirman Kasmayadi, S.Pd., M.Si., menyampaikan, setiap kita bisa menjadi besar seperti saat sekarang, karena jasa para guru dan berbagai macam cara dilakukan oleh setiap orang untuk merayakan HGN.

“Sebenarnya kita semua menjadi besar dan bisa duduk di posisinya masing-masing seperti yang sekarang ini, karena jasanya para guru. Rangkaian-rangkaian acara yang kita lakukan untuk memperingati hari yang luar biasa ini sangat beragam, produktif dan konstruktif,” ujar Wirman Kasmayadi, Sabtu (25/11/2023), dalam kegiatan yang dipadukan dengan Puncak Perayaan HGN Tahun 2023 Provinsi NTT tersebut.

Puncak HGN Tahun 2023 Provinsi NTT, Sabtu (25/11/2023) di hotel Harper Kupang.

“Intinya kita ‘Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar’, yang dikonsolidasikan oleh BGP NTT, ada apresiasi untuk guru inovatif dan dedikatif. Ada 32 kategori yang kita lombakan, hanya saja yang bisa kita kirim ke tingkat nasional ada 14 orang dari 8 kategori. Hasil lomba tingkat nasional untuk Provinsi NTT, kita mendapat 5 kategori terbaik,” paparnya.

Khusus terkait Apresiasi GTK Penulis Esai Merdeka Belajar, Wirman menjelaskan, lomba tersebut dilaksanakan dalam tahapan dan proses yang panjang. Oleh sebab itu, BGP sangat mengutamakan seleksi yang ketat agar hasil dari praktik baik tersebut benar-benar berdampak bagi peserta didik.

“Lomba ini yang kita selenggarakan untuk mengapresiasi guru yakni penulisan esai bagi guru, kepala sekolah dan pengawas. Prosesnya cukup panjang dan seleksi yang ketat. Yang hadir dan sering terlibat adalah yang punya praktik baik,” tegasnya.

“Mereka akan berbagi terus praktik baiknya di lingkungan sampai berdampak, karena kita punya keterbatasan untuk menjangkau semua guru dan tenaga kependidikan. Maka kita yang menjadi terbaik itulah yang akan menjadi agen perubahan. Sehingga semua tempat bisa memiliki agen perubahan dan akan kita pantau terus sampai berdampak pada murid, murid dan murid,” jelasnya.

Pose bersama Kepala BGP NTT, Terbaik 1 – 5 Penulis Esai Merdeka Belajar, Dewan Juri, dan sejumlah perwakilan tamu undangan.

Pada momentum tersebut juga diumumkan hasil penilaian dewan juri Apresiasi GTK Penulis Esai Merdeka Belajar BGP NTT Tahun 2023. Terdapat 5 peserta yang meraih predikat Terbaik 1 – 5 yakni, Kasimirus Tepi, Rodriques K. Tildy, Herfan Y. P. Gagu, Ahmad Budi Arianto, dan Magdalena Meo.

Lima peserta terbaik tersebut sebelumnya bersaing dalam sesi presentasi 10 nominator penulis esai bersama lima nama lainnya yakni, Anastasia S. Wolos, Wartono, Yohanes Regon, Yana Fansita Taopan, dan Ketut Ardita.

Informasi yang dihimpun media ini, terdapat sebanyak 50 peserta yang diundang ke Kupang sebagai finalis. Sebelumnya peserta telah melewati tahap seleksi administrasi, seleksi substansi, dan seleksi wawancara secara daring. (Yosi Bataona/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini