PPSDM Unwira Latih Pengisian DUPAK bagi Dosen Baru

0
39
Pose bersama peserta dan narasumber kegiatan Pelatihan Pengisian Daftar Usul Penilaian Angka Kredit (DUPAK) Jabatan Akademik bagi para dosen baru Unwira Kupang.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengisian Daftar Usul Penilaian Angka Kredit (DUPAK) Jabatan Akademik bagi para dosen baru. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis (11/01/2024) di Ruang Rapat Senat, Gedung Rektorat Unwira Penfui.

Kepala Bagian (Kabag) PPSDM, Maria A. L. Amaral, S.E., M.M., menyampaikan, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mendukung program kerja pimpinan Unwira melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) jabatan fungsional.

“Dalam mendukung program kerja Pater Rektor tahun 2024 yakni peningkatan Jabatan Fungsional SDM Unwira sehingga diselenggarakan pelatihan pengisian DUPAK bagi para dosen baru,” ungkapnya.

Lebih lanjut Maria Amaral mengungkapkan, selain menjalankan tugas pokok sebagai seorang dosen, tugas Tridharma tersebut juga dapat memudahkan dalam pengajuan jabatan fungsional dan memberi keuntungan bagi karier dosen maupun instansi terkait.

“Dosen menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian yang membedakan dosen dengan guru. Tridharma tersebut dilaporkan dalam Dupak yang nantinya bisa digunakan  untuk mengajukan jabatan fungsional,” ujarnya.

“Jabatan fungsional (jafung) merupakan kedudukan yang menunjukkan tanggung jawab seorang dosen dalam satuan Pendidikan tinggi. Kenaikan Jafung tersebut merupakan bentuk pembinaan karier dosen yang dapat memberikan keuntungan bagi dosen dan institusi,” terangnya.

Suasana kegiatan.

Sementara itu dosen Program Studi Teknik Sipil Unwira, Godelfridus Alfredo Abani, S.T., M.T., mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiata tersebut karena memberi manfaat langsung kepada seorang dosen dan hal-hal teknis yang berkaitan dengan peningkatan kariernya.

“Terima kasih bagi PPSDM yang telah menyediakan kesempatan ini bagi kami dosen-dosen baru. Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat karena berkaitan langsung dengan jabatan kami sebagai dosen,” tutur Godelfridus Abani sebagai salah satu peserta kegiatan.

“Dengan kegiatan ini, kami boleh memahami bagaimana mengurus jafung dan apa yang perlu disiapkan dalam pengurusan Jafung dosen. Semoga kegiatan yang baik menjadi program rutin bagi para dosen terutama bagi dosen-dosen baru yang akan datang ke sini,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun media ini, kegiatan tersebut melibatkan 26 orang dosen dan 3 orang pemateri yakni Wakil Rektor II, Dr. Yolinda Yanti Sonbay, S.E., M.Sc., Kepala LPPM, Dr. Maximus M. Taek, M.Si., dan Kabag PPSDM. (Primus/Yosi/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini