Kantor Bahasa Provinsi NTT Gelar Lokakarya Kosakata Bahasa Rote

0
42
Pose bersama panitia, narasumber dan peserta kegiatan Lokakarya Kosakata Bahasa Rote.

Rote Ndao, SEKOLAHTIMUR.COM Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Lokakarya Kosakata Bahasa Rote. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu—Kamis, 24—26 April 2024, di Aula Hotel Ricky, Ba’a, ini bertujuan untuk memverifikasi data kosakata budaya dan biota laut Rote serta untuk menyepakati ortografi (sistem ejaan suatu bahasa) yang digunakan.

Dalam sambutannya, Koordinator Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Perkamusan dan Istilah Kantor Bahasa Provinsi NTT, Haniva Yunita Leo, menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari program pemerkayaan kosakata bahasa Indonesia yang bersumber dari bahasa daerah.

Suasana kegiatan.

“Data kosakata budaya yang dilokakaryakan akan diusulkan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sedangkan kosakata biota laut akan disusun menjadi kamus biota laut Rote-Indonesia,” tandas Haniva Leo, Rabu (24/04/2024) di hotel setempat.

Informasi yang dihimpun media ini, kegiatan kali ini adalah kelanjutan dari kegiatan pengambilan data kosakata bahasa Rote yang berlangsung pada bulan Maret 2024. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini, antara lain ialah linguis dari Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW), Thresia Tamelan, S.Pd., M. App. Ling., Ph.D., yang membawakan materi Ortografi Bahasa Rote.

Narasumber lainnya yakni pakar perikanan dari Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. Chaterine A. Paulus, S.Pi., M.Si., CRA., CRP., CRMP.. Peserta dalam kegiatan ini adalah para penutur bahasa Rote dialek Lole, Diu, dan Termanu yang berprofesi sebagai kepala adat, pemerhati budaya, nelayan, dan guru. (Denis/KBNTT/YSB/rf-red-st)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini