MencintaiMu melalui Devosi Hati Kudus Yesus

0
26
Oleh Patrisius Leu, S.Fil., Guru Penulis & Wakasek Kesiswaan SMKN 7 Kupang, Fasilitator YASPENSI.

ALASAN DEVOSI

Mengapa berdevosi kepada Hati Kudus Yesus? Paling tidak ada empat alasan utama sejauh penelusuran penulis. Sebagian orang menjawab, sebagai alasan umum bahwa teks doa devosi yang mudah ditemui di toko buku yang dikoleksi di rumah orang-orang Kristen adalah devosi ini. Dari sisi pastoral, devosi Hati Kudus ini yang sering didaraskan umat kebanyakan, supaya kita kembali kepada kasih Ilahi karena kita mungkin kurang mencintai Ekaristi dan kurang kunjungan ke Sakramen Mahakudus di Gereja entah itu setelah perayaan Ekaristi hari minggu maupun di waktu-waktu luang lainnya.

Alasan teologi biblis, ajaran devosi kepada Hati Kudus Yesus Yang Mahakudus berpangkal dari kutipan kitab suci, 1 Yohanes 4:16. Injil Yohanes 14 dan 16, juga berbicara mengenai devosi ini. Tidak lupa pula dalam Yohanes 17:26 mengaffirmasinya.

Dan sebagai penutup, dari sisi alasan mistik, bahwaYesus memberikan dua belas pesan kepada seorang biarawati bernama Sr. Margaret Maria Alacouqe dalam penampakan-pengalaman rohaninya. Keduabelas janji utama itu ditujukan kepada seluruh dunia dan khususnya kepada mereka yang membaktikan diri kepada Hati Yesus Yang Mahakudus,.

Dalam kedua belas janji itu, Yesus berjanji akan: memberikan kepada mereka semua rahmat yang perlu untuk status hidup mereka (status hidup, status keluarga, status imamat, dan kebiaraan) sebagai pemenuhan janji pertama. Janji selanjutnya, akan menciptakan perdamaian di dalam keluarga mereka (termasuk semua keluarga di dunia); menghibur mereka dalam kesulitan hidup (kesulitan mereka bukannya dihilangkan tetapi diberikan kekuatan dalam menghayati kesulitan itu secara kristiani);

Janji keempat, Tuhan menjadi tempat pengungsian yang aman bagi hidup mereka, dan lebih khusus lagi pada waktu mereka mati; mencurahkan berkat yang melimpah atas semua usaha mereka; menolong para pendosa mendapatkan sumber dan samudera belas kasihan yang tiada batas di dalam Hati-Nya.

Janji ketujuh dan seterusnya, disebutkan bahwa Tuhan akan menguatkan semangat jiwa-jiwa yang kendur; memberikan kepada jiwa-jiwa yang bersemangat supaya dengan cepat mencapai kesempurnaan hebat; memberkati setiap tempat yang memasang dan menghormati gambar Hati Kudus-Ku; memberikan kuasa kepada para imam untuk melunakkan hati yang sangat keras; menuliskan dalam Hatinya nama orang-orang yang menyebarluaskan devosi Hati Kudus dan nama-nama itu tidak akan pernah terhapuskan;

Dan janji terakhir, Tuhan akan memberi rahmat penyesalan akhir kepada mereka semua yang menerima Komuni Kudus pada Jumat Pertama dalam bulan selama sembilan bulan berturut-turut; mereka tidak akan meninggal dunia dalam keadaan dosa berat, juga tidak tanpa menerima Sakramen Terakhir Gereja, karena Hati Ilahi-Ku akan menjadi pengungsian, dan mereka akan merasa aman pada saat kematiannya.

ARTI DARI LAMBANG HATI KUDUS YESUS

Adapun arti lambang-lambang di sekeliling Hati Tuhan Yesus yang terluka, diuraikan sebagai berikut. Mahkota duri, yang melingkari hatinya, menunjukkan bahwa kasih-Nya yang begitu besar kepada manusia menjadi sebab penderitaan-Nya.

Salib yang tertanam pada Hati-Nya, mengingatkan kita akan penderitaan batin-Nya, yakni penghinaan, kesengsaraan, dan cemoohan yang diterima-Nya sampai wafat di kayu salib.

Luka pada Hati-Nya, diakibatkan oleh tombak serdadu, yang memperlihatkan bagaimana dosa itu melukai Hati-Nya. Kobaran api, menunjukkan besarnya kasih-Nya kepada semua orang.

MENINGKATKAN DEVOSI

Bagaimana umat beriman dapat meningkatkan devosi dan kecintaannya kepada Hati Yesus Yang Mahakudus? Berikut ini, empat cara untuk menjawabnya. Pertama, doa. Berdoalah begini: “Hati Kudus Yesus, kami mohon agar kami boleh mencintai-Mu lebih besar lagi”.

Kedua, rajin mengikuti perayaan ekaristi dan Komuni. Kurban Ekaristi adalah pusat dan puncak kegiatan liturgi Gereja, dan yang merupakan rahasia cinta. Ketiga, kunjungan ke Sakramen Mahakkudus. Saat inilah kita bercakap-cakap dengan sahabat Ilahi, khususnya pada saat Ia kurang dihormati dan jarang dikunjungi. Inilah kesempatan bagi kita memperoleh rahmat yang tak terbilang.

Keempat, saat teduh. Menyediakan waktu satu jam bersama Yesus, baik di hadapan Sakramen Mahakudus atau pun di rumah, pasti kita semakin berkembang dalam cintanya kepada Hati Kudus.

PENGHORMATAN KEPADA GAMBAR DAN PATUNG

Adakah cara terbaik untuk menjadi seorang pendukung devosi kepada Hati Kudus Yesus? Adalah lewat membiarkan contoh hidup kita yang berbicara sendiri. Salah satu contoh konkritnya, memasang gambar dan patung Hati Kudus Yesus yang telah diberkati di rumah kita dan telah diletakkan pentakhtahan (tempatnya). Atau, bisa juga dengan menyediakan waktu untuk renungan kehidupan sesuai bacaan kitab suci entah itu di gereja dan di rumah, adorasi malam kepada Sakramen Mahakudus, matiraga, dan lainnya.

Agar pentakhtahan gambar dan patung Hati Kudus itu mempunyai makna yang lebih mendalam maka: pertama, perbaharuilah permohonan kasih dan kesetiaan kita kepada Kristus setiap hari. Misalkan, sebelum makan, sebelum bekerja, dll. Kedua, pada kesempatan tertentu (Hari Jumat Pertama, ulang tahun pesta peringatan, dan acara lainnya), perbaharuilah Doa Permohonan kita di depan Gambar atau Patung Hati Kudus Yesus.

Ketiga, usahakanlah agar minimal salah seorang anggota keluarga kita menghadiri Perayaan Ekaristi setiap hari. Keempat, berdoalah secara bersama dalam keluarga Anda (orang tua, anak-anak, teman, dll).

DOA PERMOHONAN KEPADA HATI KUDUS

Mari kita Bersama kerabat keluarga dan komunitas umat beriman dan komunitas karya kita, sama-sama mendokan doa Permohonan kepada Hati Kudus Yesus:

O, Hati Yesus Yang Mahakudus,

yang penuh dengan kasih yang tidak terbatas,

yang diremukkan oleh rasa kurang terima kasih kami,

yang ditebus oleh dosa-dosaku, namun tetap masih mencintai kami;

terimalah hormat yang kami lakukan kepada-Mu

semua dari kami dan semua yang kami miliki.

Ambillah setiap kemampuan jiwa kami dan badan kami.

Tariklah kami, dari hari ke hari,

semakin dekat kepada Hati-Mu  Yang Mahakudus,

dan ajarilah kami jalan-jalan-Mu yang terberkati. Amin.

Hati Yesus Yang Mahakudus, kami menaruh kepercayaan kami kepada-Mu.

Hati Yesus Yang Mahakudus, kami percaya akan kasih-Mu kepada kami.

Hati Yesus Yang Mahakudus, perkenankanlah kami mengenal, mencintai dan meneladan-Mu

Hati Yesus Yang Mahakudus, lindungilah keluarga kami. Amin.

—-

(dari berbagai sumber)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini