Hardiknas 2024, BPMP Provinsi NTT Gelar Semarak Gerakan Sekolah Sehat

0
82
Upacara bendera memperingati Hardiknas Tahun 2024 di lapangan upacara Kantor BPMP NTT.

Kota Kupang, SEKOLAHTIMUR.COM – Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbudristek menggelar Semarak Gerakan Sekolah Sehat (GSS) tepat di Hari Pendidikan Nasional  (Hardiknas), tanggal 2 Mei 2024. Hardiknas tahun ini mengangkat tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Upacara Hardiknas dilaksanakan di lapangan upacara kantor BPMP Provinsi NTT dihadiri oleh pimpinan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek, seluruh staf, mitra pembangunan, dharma wanita BPMP Provinsi NTT. Upacara dan kegiatan semarak GSS juga dihadiri oleh perwakilan guru, kepala sekolah, dan siswa dari satuan pendidikan binaan GSS dan satuan pendidikan lainya mulai dari tingkat satuan Pendidikan PAUD/TK, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah baik secara daring maupun luring. Total peserta upacara sebanyak 245 orang.

Kepala UPT LL-Dikti Wilayah XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, ST., M.Eng., selaku pembina upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

Dok. BPMP NTT

Dalam sambutan tersebut Mendikbudristek manyampaikan, “Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar. Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus, dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi”.

Sementara itu, Penanggung Jawab Program GSS, Irma Rupidara mengatakan, Gerakan Sekolah Sehat merupakan upaya sadar yang dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus oleh semua pihak mulai dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah, para mitra, satuan pendidikan, masyarakat, pemangku kepentingan lainnya tentang pentingnya penerapan Sekolah Sehat.

Dok. BPMP NTT

“GSS berfokus pada Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan di satuan Pendidikan. Sehat Gizi bertujuan untuk meningkatkan derajat Kesehatan peserta didik melalui penerapan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Sehat fisik bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik seluruh ekosistem atau warga sekolah/satuan Pendidikan. Sehat Imunisasi bertujuan untuk meningkatkan capaian imunisasi peserta didik agar mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Sehat jiwa bertujuan untuk meningkatkan perkembangan peserta didik, baik secara fisik, mental, spiritual dan social, sehingga mampu menyadari kemampuan sendiri dan dapat mengatasi tekanan. Dan sehat lingkungan meningkatkan kondisi satuan Pendidikan yang dapat mendukung tumbuh kembang peserta didik secara optimal, membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tutur Irma.

Lebih lanjut Irma menyampaikan dalam materi Sosialisasi GSS usai Upacara Hardiknas menambahkan, “Gerakan Sekolah Sehat memberikan manfaat langsung kepada peserta didik agar  ada  Pembudayaan Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi sehingga status kesehatan meningkat dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik​ bagi peserta didik. Juga peningkatan kesehatan bagi guru dan tenaga kependidikan sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Dan bagi orang tua, agar berperan dalam usaha peningkatan derajat/status kesehatan peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah. Untuk itu Gerakan Sekolah Sehat ini menyasar pemerintah provinsi/kabupaten/kota, satuan Pendidikan semua tingkatan dan juga ekosistem di keluarga dan masyarakat,” jelasnya.

Dok. BPMP NTT

Ketua Panitia Hardiknas dan Semarak GSS, Nur Khalil Rahman mengatakan, rangkaian kegiatan Hardiknas dilakukan dengan Semarak Gerakan GSS, dengan tujuan untuk merayakan momentum Hardiknas sekaligus memaknai keberlanjutan Kurikulum Merdeka. GSS merupakan salah satu tujuan program dalam Kurikulum Merdeka untuk memastikan bahwa anak-anak Indonesia, terkhusus di NTT lebih sehat dan cerdas. Baik sehat fisik, mental, maupun lingkungan dengan lima sehat yang dicanangkan.

“Kegiatan Hardiknas dirangkai dengan beberapa kegiatan. Mulai dari upacara, senam sehat, pemberian makanan sehat, sosialisasi GSS, permainan edukatif tentang GSS bagi siswa dan penandatanganan Komitmen Bersama untuk mendukung Gerakan Sekolah Sehat di Sekolah,” tutup Nur. (Rilis Pers BPMP NTT/rf-red-st)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini