Dua Bulan Memimpin SMAN 1 Mollo Selatan, Ini Terobosan Nigers F. Nau

0
811
Kepala SMA Negeri 1 Mollo Selatan, Kabupaten TTS, Provinsi NTT, Nigers F. Nau, S.Pd., M.Sc.

TTS, SEKOLAHTIMUR.COM – Kepala SMA Negeri 1 Mollo Selatan, Kabupaten TTS, Provinsi NTT, Nigers F. Nau, S.Pd., M.Sc., baru dua bulan menjalankan tugas sebagai kepala sekolah usai dilantik pada tanggal 17 Desember 2021 lalu oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd. Meski demikian ia telah melakukan berbagai terobosan di sekolah tersebut. Terobosan pertama dan utama yang ia lakukan yakni terkait kedisiplinan dan kebersihan yang berlaku bagi semua warga sekolah.

“Di SMA Negeri 1 Mollo Selatan selama ini roh pendidikan itu hilang. Lembaga ini seolah bukan sebagai lembaga pendidikan, tidak kalah jauh dari pasar inpres yang sesuka hati saja masuk dan keluar kapan saja baik guru maupun peserta didik, itu yang terjadi Selama ini,” ungkap Nigers F. Nau ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/2/2022).

Karena itu ketika dipercayakan untuk memimpin SMA Negeri 1 Mollo Selatan, jelas Nigers, satu yang ia impikan adalah mengembalikan orang pada fungsinya, baik guru maupun peserta didik agar tugas pokok dan fungsinya itu dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Semua warga sekolah harus punya rasa mencintai dan memiliki sekolah, terkhusus untuk semua guru harus mencintai seragam yang dikenakan dengan mencintai pekerjaan.

“Bagi para guru sekolah diibaratkan seperti kebun, jika tidak dirawat dengan baik maka hasilnya pula tidak akan baik. Karena itu saya selalu tekankan agar mencintai pekerjaan. Karena itu kepercayaan kepada masyarakat terhadap sekolah ini harus kembali dipulihkan karena dulu masyarakat beranggapan bahwa jika mau dapat ijazah yang gampang itu hanya di SMA Negeri 1 Mollo Selatan. Bahkan sebelumnya ada peserta didik yang menyatakan bahwa ‘beta sonde pi’ (saya tidak pergi, red) juga tidak apa-apa, intinya ujian semester baru pergi pasti naik kelas dan lulus. Karena itu kepemimpinan saya di sini, saya membalik semua pernyataan itu dengan tegas menegakkan kedisiplinan di sekolah ini. Kedisiplinan ini berlaku untuk semua warga sekolah yang ada baik itu guru, peserta didik dan juga saya selaku kepala sekolah,” tegas Sekretaris MKKS SMA Kab. TTS ini.

Ia menambahkan bahwa ke depan SMA Negeri 1 Mollo Selatan harus menjadi sekolah yang punya catatan baik dalam hal kedisiplinan dan kebersihan. Bahkan lima tahun ke depan ia menargetkan SMA Negeri 1 Mollo Selatan sebagai sekolah yang memproduksi buah-buahan melalui hasil karya para peserta didik.

Kata Warga Sekolah

Terobosan Nigers F. Nau, mendapat respon positif dari warga sekolah yang dipimpinnya baik guru maupun peserta didik. Jemi Wempi Pitai, salah seorang peserta didik kelas XII IPS 2 bersama teman-temannya yang ditemui media ini di halaman sekolah pada Selasa (15/22022) menyampaikan bahwa sejak kepemimpinan Nigers F. Nau, ada berbagai gebrakan positif yang mereka rasakan.

“Karena sangat baik untuk kami, contohnya terkait dengan kebersihan dan disiplin sehingga yang sebelumnya kami para peserta didik itu merasa biasa-biasa namun dengan adanya kepala sekolah yang baru dengan sebuah gebrakan yang mana dapat melatih kami para peserta didik juga untuk disiplin dengan waktu masuk, waktu untuk belajar dan semuanya dapat berjalan dengan baik. Walaupun baru dua bulan terjadi gebrakan seperti ini, kami sangat senang,” ungkap Jemi.

Peserta didik yang diwawancai.

Hal senada disampaikan Wempi, Heni Kamlasi, Mace Lae, Santi Boikope dan beberapa peserta didik lainnya yang ditemui media ini. Menurut mereka dengan kepemimpinan kepala sekolah yang baru, ada banyak kegiatan yang melibatkan semua peserta didik.

“Kami berharap agar terobosan yang telah ada ini terus berlanjut ke depan walaupun tinggal 4 bulan lagi kami sudah menamatkan pendidikan di sini. Tetapi kami berharap agar gebrakan seperti ini terus berlanjut,” harap mereka.

Salah seorang guru yang tidak ingin sebutkan namanya menyampaikan bahwa dengan adanya kepemimpinan kepala sekolah yang baru, ada banyak perubahan yang terjadi terutama dalam hal kedisiplinan dan kebersihan.

Halaman SMAN 1 Mollo Selatan.

“Selaku guru saya bersyukur karena sebelumnya ada beberapa peserta didik yang sulit diatur tetapi dengan ketegasan pemimpin yang baru ini maka anak-anak itu berubah dan anak-anak itu jam 6.30 semuanya sudah ada di sekolah. Karena itu selaku guru, saya siap mendukung terobosan maupun program kepala sekolah demi kemajuan sekolah ini ke depan, karena untuk disiplin dan kebersihan sudah sangat baik,” tuturnya. (Lenzho Asbanu/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here