SMKN Kolbano Gelar UKK bagi Peserta Didik Kelas XII

0
61
Kepala SMKN Kolbano, Joni Leo S.Si.

TTS. SEKOLAHTIMUR. COM – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) bagi peserta didik kelas XII di 4 jurusan, Selasa — Jumat, 5 — 8 April 2022. Kepala SMKN Kolbano, Joni Leo S.Si., mengungkapkan, dalam rangka menilai kompetensi kejuruan dan hasil belajar siswa kelas XII, untuk tahun ini, harus melalui uji Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Untuk sekarang Ujian Nasional (UN) diubah menjadi UKK dan juga Asesmen Nasional diubah menjadi ujian BNSP. Nah, kami dari SMKN Kolbano, belum ada Asesor untuk ujian di Bidang Perikanan, yang ada dari sekolah lain. Dari SMKN 2 untuk Bidang Perhotelan, yang UKK-nya sudah digelar tanggal 29 Maret lalu,” ujar Joni Leo kepada media ini, Rabu (06/04/2022).

Joni Leo menambahkan bahwa hasil yang diperoleh dari UKK untuk Bidang Perhotelan dari 9 siswa, hanya 2 orang yang dinyatakan memenuhi standar penilaian kompetensi, sementara 7 lainnya hanya lulus pada sebagian kompetensi saja.

“Sedangkan 3 kompetensi yaitu Bidang NKPI (Neumatika Kapal Penangkap Ikan), Budidaya, dan Pengolahan, itu ujiannya secara mandiri. UKK di sekolah ini, dinilai pemerintah tidak terlalu maksimal untuk bisa menempatkan anak pada dunia kerja atau sertifikat UKK ini belum bisa jadi rujukan untuk bekerja. Sehingga tahun ini, kami berupaya untuk dimaksimalkan dengan teknologi serta alat dan bahan yang ada,” jelasnya.

Suasana UKK Jurusan NKPI di SMKN Kolbano.

Ketua Panitia UKK SMKN Kolbano, Margaritha Benu, S.Pd., menjelaskan, pelaksanaan UKK pada 4 jurusan di SMKN Kolbano ditujukan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kompetensi yang dimiliki siswa kelas XII dalam memahami teori yang sudah diterima selama 3 tahun berada di sekolah tersebut.

“Untuk Jurusan NKPI, yang diuji ialah kemampuan mereka saat menjangkau peta, membuat jaring serta menghitung jaring yang digunakan itu. Sementara untuk Jurusan Budidaya Perikanan, mereka membuat pakan dan memelihara ikan dari ukuran kecil sampai besar,” ungkapnya.

“Bagi Jurusan Pengolahan, membuat Bakso, Nasi Bakar Ikan dan masih banyak olahan lainnya. Sedangkan Jurusan Perhotelan melaksanakan UKKnya di SMKN 2 Soe yang berlangsung pada minggu kemarin,” tambahnya. (Yosi Bataona/ rf-red-st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here