Ikrar Literasi dari SMAN 1 Pahunga Lodu

0
136
Pembukaan kegiatan oleh Wakasek Kurikulum SMAN 1 Pahunga Lodu Ketut Ardita, S.Pd., Gr.

Sumba Timur, SEKOLAHTIMUR.COM – SMA Negeri 1 Pahunga Lodu terus berupaya dalam meningkatkan budaya literasi, salah satunya dengan menggandeng Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (YASPENSI) dalam menggelar Workshop Jurnalistik dan Penulisan Kreatif bagi Peserta Didik (Implementasi Gerakan Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter). Dalam kegiatan yang berlangsung pada Senin – Selasa, 11 – 12 September 2023 tersebut, juga ditandatangani Ikrar Literasi oleh perwakilan guru dan peserta didik.

Kepala SMAN 1 Pahunga Lodu Afliana Njalapati, S.Pd., yang diwakili oleh Wakasek Kurikulum Ketut Ardita, S.Pd., Gr., mengungkapkan, Ikrar Literasi tersebut dibuat sebagai bagian dari upaya meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah.

Pose bersama panitia, narasumber, dan perwakilan peserta didik.

“Kami dari SMAN 1 Pahunga Lodu memandang bahwa literasi ini perlu ditingkatkan terutama di kegiatan sekolah. Untuk itu kami ingin lagi membangkitkan semangat anak-anak kami di sekolah dalam bidang literasi, tidak hanya membaca tetapi juga karya tulis atau bidang sastra lainnya, sehingga dengan ikrar ini mudah-mudahan anak-anak bisa semakin termotivasi, semakin menggali potensi dirinya dan membuat kreativitasnya menjadi semakin menjadi lebih maksimal,” ungkap Ketut Ardita usai penutupan kegiatan tersebut pada Selasa (12/09/2023) di sekolah setempat.

Lebih lanjut dijelaskannya, poin-poin dalam Ikrar Literasi tersebut merujuk pada nilai budaya setempat. Selain itu pihaknya juga melihat contoh pengembangan literasi dari sejumlah sekolah lainnya.

Pose bersama panitia, narsumber, dan guru pendamping.

“Poin-poinnya, kami lebih merujuk kepada, pertama pada budaya Sumba, karena di situ ada nilai-nilai budaya, kemudian bagaimana anak-anak menulis, tidak hanya menulis secara nasional tetapi juga dia ingat kepada budaya Sumba. Kemudian kami juga melihat rujukan beberapa sekolah yang bagus, kita lihat bagaimana pengembangan budaya literasinya, dan kami juga mencoba untuk mencontoh mereka. Walaupun kami ada di desa, kami ingin punya niat untuk maju seperti mereka,” jelas Ketut Ardita.

Berikut bunyi Ikrar Literasi SMA Negeri 1 Pahunga Lodu: Kami warga SMA Negeri 1 Pahunga Lodu berjanji (1) Menjunjung tinggi budaya membaca dalam rangka menggali potensi diri dan membuka cakrawala dunia, (2) Mengimplementasikan norma dan ilmu yang diperoleh dari membaca, dalam kehidupan, baik di lingkungan akademik maupun non-akademik, (3) Berperan aktif dalam mensukseskan program literasi sekolah, menuju SMA Negeri 1 Pahunga Lodu yang berkualitas, (4) Menjadi penerus bangsa yang bertanggung jawab membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan terus belajar dan berkarya sepanjang hayat.

Ikrar Literasi SMAN 1 Pahunga Lodu.

Kegiatan Workshop Jurnalistik dan Penulisan Kreatif bagi Peserta Didik (Implementasi Gerakan Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter) tersebut diikuti oleh 50 peserta didik dan sejumlah guru pendamping. Hadir sebagai narasumber dari tim YASPENSI yakni, Nimrot Ndjukambani, S.Pd. (Korwil Sumba), Robertus Fahik, S.Fil., M.Si. (Divisi Kepustakaan), dan E. Nong Yonson, S.Pd., M.Hum. (Divisi Kepustakaan). (*tim/rf-red-st)    

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini